Suasana Gathering II “Oolong Day” di Siang Ming Tea

gathering-belajar

Mall Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu, 14 agustus 2010, pk 14.00 – 17.00  menjadi saksi kebahagiaan para member wisataseru, pemilik kedai siang ming dan saya si catur guna terutama. Karena acara gathering II berjalan lancar dan sangat menyenangkan (sebetulnya secara resmi adalah gathering yang pertama hehe). Hampir semua peserta pulang dengan wajah sumringah penuh dengan tambahan ilmu berguna (‘hampir’, karena dari 20 ada 2 peserta terpaksa pulang duluan, ada keperluan). Apalagi ketika doorprize dengan total Rp. 4.150.000,- dikocok, dibaca dan dibagikan, wow.

Di artikel ini saya nggak akan cerita soal materi yang dibahas di gathering. Saya cuma mau cerita tentang kejadian selama gathering saja, termasuk testi testi para member tentang gathering kali ini. (materi akan dibahas di artikel lain)

Sesi terdiri dari teori singkat, praktik dan tanya jawab

Hari ini menjadi hari yang membanggakan karena hanya dengan membayar Rp. 35.000,- member wisataseru bisa langsung bertatap muka bahkan di ajar oleh pemilik Siang Ming yang merupakan salah satu Tea Master yang dimiliki Indonesia, Bu Suwarni.

Kalau mau berhitung, biaya Rp. 35.000,- ini tentu nggak nutup, bahkan hanya untuk sekedar biaya bahan dan sewa peralatan. Tapi, inilah Bu Suwarni, ia tak pernah mau berhitung karena visi misinya sangat jelas, “Saya cuma ingin budaya minum teh tetap lestari”, begitulah jawabnya ketika saya dengan muka tembok meminta supaya Siang Ming bisa support gathering wisataseru.

Dengan segala pertimbangan, akhirnya diputuskan “Peserta jangan terlalu banyak ya, supaya nanti bisa turun tangan ajari mereka langsung satu persatu”. Oke sip dan20 peserta pun berdatangan dengan tepat waktu (hanya ada 1 yang terlambat karena tersesat di mall yang luas ini,… maaf ya nin telah menyusahkanmu).

Pertama saya mengenalkan ‘who is Bu Suwarni’, semua peserta langsung berdecak kagum ck ck ck. Padahal saya cuma bilang, “Berkat minum teh setiap hari dengan cara yang benar, inilah hasilnya, di usia yang sudah 50 tahun lebih”. Ya gimana nggak berdecak kagum? Kulit bu Suwarni masih ketat dan mulus tanpa operasi dan perawatan yang berlebihan. Badannya pun langsing dengan perut masih rata. Oh my … bahkan ketika pertama perjumpaan dengan Sutedja (anak Bu Suwarni) saya kira Bu Suwarni adalah kakaknya. That’s it. Oke Let me talk about the session (wkakaka, gaya gak bisa bahasa inggris aja, sok pake) :

– Mempelajari perbedaan aroma, bentuk daun, ciri kualitas bagus dan rasa dari 9 jenis oolong tea
– Melihat dan mempraktikkan cara menyeduh teh dengan 2 jenis teko (tanah liat dan kaca) lengkap dengan pengetahuan tentang tahapan tahapan yang perlu diperhatikan (nanti akan saya buat, artikel khusus untuk oolong tea)
– Mencicip rasa oolong tea jenis yang satu dengan yang lain dan bagaimana cara mengetahui oolong tea yang kita minum adalah kualitas bagus atau biasa
– Tips cara memaksimalkan rasa oolong tea supaya nikmat dan dapat digunakan berulang kali
– Meneropong perbedaan teko yang bagus dan tidak
– Sedikit tentang filosofi teh dan kehidupan

Kemudian dilanjutkan pula dengan tanya jawab. Dengan pertanyaan pertanyaan seputar:

– Minum tea bag itu bagus gak sih untuk kesehatan?
– Kenapa saya pernah minum teh, ketika diseduh dia ada minyaknya?
– Kapan sih sebaiknya minum teh yang efektif manfaatnya untuk tubuh?
– Kenapa beberapa orang ketika usai minum oolong tea ada yang langsung pening?
– Apakah manfaat detail dari oolong tea dan usai diminum ampasnya bisa digunakan untuk apa saja?

Dan masih banyak pertanyaan lain yang semuanya dijawab dengan pengetahuan ilmiah oleh Bu Suwarni. Luar biasa. Para peserta banyak sekali ketika ada pertanyaan terjawab kemudian antusias dengan feedback, “oooooooowwwwwwwwwwwwww” wakakakaaa.

Testi para peserta gathering

Komentar pertama datang dari yang duduk dipaling ujung sebelah kiri.

Alexandra Prisca Priscilla : Cool, seru, informatif dan ayo dong diperbanyak acara gathering seperti ini. Aku mendapat banyak nilai disini, terutama nilai tentang filosofi teh dan kehidupan.

Lanjut ke Amelia : More than expected!!! very informative & educative banget deh!! Selama ini emang suka banget sama teh & cukup prihatin karena teh kok kalah pamor sama kopi. Padahal teh juga amat sangat bisa dinikmati kan? Banyakin ya acara yang gini, mengedukasi banyak orang. Kalau culinary is all about art!!! Many thanks 2 yuyun n siang ming tea.

Berpaling ke Irsan Budianto yang duduk disamping Amel : “Gak ada yang kurang kok, seruuu!!!”. Lalu berpindah Fendito : “Acaranya seru dan bisa belajar banyak tentang teh”. Mampir ke sebelahnya, Eva : “Bentuk daun teh – nya beda sama yang pernah saya minum di cina, ternyata teh itu jenisnya beragam sekali”.

Pamit sama yang disebelah kanan Fendito, Ariyo Dyiant, “Bagus, banyak info berguna, akhirnya saya tau kenapa saya pernah minum teh kok keluar minyaknya”. Makin kesamping, sebelah ariyo, Jessica Adrianie, “Great!!!! Sampai susah diungkapkan dengan kata kata”. In front of Jessi, Melly Rosliana (meyi chan), “Mantab. Mau dong adain lagi yang event minum teh Jepang ya dan adain juga event wisata kuliner yang pernah di liput di wisataseru”.

Sebelah meyi chan, Rio Ramadhan, “Acaranya bagus dan banyak ilmu yang bisa didapatkan. Lebih sering aja acara ini di adain supaya bisa saling kenal dan akrab”. Sahabat Rio, Sri Rahayu Ismani yang bersama rio datang dari Bogor, “Seru banget!!! gak rugi datang jauh jauh… yang sering ya… dapat souvenir kan pas pulang? ngarep mode on wakakaka”.

Neti Gigih Lestari, “Bagus, sangat bermanfaat buat kita yang tidak tau jadi mengerti”. Pasangan Neti, Nelson Hasundungan Tobing, “Next Time gathering sambil makan ya” … wakakaa (siap bos, ini juga harusnya ada makannya tapi karena ada yang puasa, jadi ditiadakan, xixixi). Dan Nina Handayani yang datang paling terakhir karena tersesat (maaf ya nina sudah membuatmu lelah), “nyam nyam .. makanan yang dipromosikan menarik” (waaaak? nina??? kamu sudah lapar ya? ini kan tentang minuman wakakaka)

Bu Minto salah seorang pecinta teh yang duduk paling depan, “gathering ke depan boleh juga tentang makanan tradisional Indonesia”. Paling depan sebelah kiri, Yohanes Salim, “Untung gak jadi nonton, waktunya kepanjangan melebihi rencana” (wakakakaa maaf ya yohanes, iya harusnya jam 4 kelar, jam 5 baru selesai, keasyikan sama teh sih ya)

Dan terakhir adalah komentar dari Juanita ‘Aline’ Wiratmaja, sahabat yang pernah hidup satu atap dalam kondisi mengenaskan bersamaku wakakaka … tapi sekarang sudah tidak merana lagi, sekembalinya dari Amerika, Aline meretas karier membanggakan … dan inilah komentarnya, “Seru! Lucu! Terjangkau! Jadi tambah banyak pengetahuan. Dari event ini aku juga kok jadi ngrasa, betapa berbudayanya teh itu”.

Akhir kata, Bu Lita Monica dan Pak Handoko belum sempet menuliskan komentar, karena mereka keburu mesti pulang duluan. Sedangkan Riza, hai come on, kamu lupa menulis komentar wakakkaa … keasyikan presentasi wisataseru on budget sih ya hehehee.

Lauching program baru ‘wisataseru on budget’ – Siapa saja dapat ke luar negeri

Omong omong soal wisataseru on budget, saya akan menjelaskan sejenak. Siapa Eneke Arisanti alias Riza. Dia adalah seorang backpacker sejati yang sekarang bekerja sama dengan wisataseru.com untuk mengadakan tour ber-budget. Riwayat hidupnya sendiri bisa diliat langsung di www.bluesaphier.com.

Yang jelas pada produk baru wisataseru on budget ini, tekad kami adalah “Membuat siapa saja bisa ke Luar Negeri”. Kami pun sangat fleksible.

– Anda mahasiswa dengan uang saku pas-pasan?
– Anda pekerja bergaji rendah yang bercita cita menggapai negara lain?
– Anda orang berduit dan ingin berlibur bisnis (bertemu dengan pengrajin pengrajin lokal di negara lain)
– Anda sejak lama bermimpi datang ke negara orang ke tempat tempat indah dan bersejarah?
– Anda konglomerat yang ingin memberi bonus pada para karyawan berprestasi untuk berlibur ke luar negeri dengan biaya rendah namun seru?

Atau siapapun anda, berkantong tebal atau tipis, semuanya tak menjadi masalah. Kami siap menjadi konsultan berlibur yang sesuai dengan budget dan keinginan/ tujuan berlibur anda. Tertarik? hubungi kami di : [email protected]

Akhir acara (Penyerahan Doorprize dan Perkenalan sesama member)

Acara pun di akhiri dengan bagi bagi voucher mulai dari paket perawatan kecantikan sampai voucher makan senilai total Rp. 4.150.000,- … mau tau sapa aja yang beruntung mendapatkan voucher itu? klik disini. Nah usai acara bagi bagi doorprize, acara perkenalan sesama peserta pun dimulai (wakakaka harusnya ini di awal acara yach,… namanya juga wisataseru)

Penulis : caturguna yuyun angkadjaja. dokumentasi : wisataseru.com

Acara ini didukung oleh:

– wisataseru
– Kedai Siang Ming Tea (Kelapa Gading, area eat n eat, Jakarta Utara)
– European Slimming Center dan Eurokinlab Kelapa Gading
– Ulliko, ketan sus duren
– Pisangku, pisang pasir

NB : letak foto bawah dan atas, tidak mempengaruhi apa-pun …. saking banyaknya foto aku bingung mana yang mesti di atas dan mana di bawah … wis pokoknya masuk semua ya sudah hehehe … selamat menikmati foto foto yang bahagia ini yach 🙂 salam seru selalu dari wisataseru …




16 comments

  • Wahhh.. serunyaa!!!

    sayang aku nggak bisa ikut krn lagi pulkam..

    kapan2 aku ikut yaaa..

    sukses terus ya buat wisata seru!greattt!!

  • oce : iyaaaaaaaaaaaaaa … tapi yel yelnya salah oce, buka asyiknyaaa tapi seruuuuuuuuuuuuuuunya :p
    gelda : iyaaaa kapan kapan mesti ikut ya gel 🙂 seneng dapat banyak temen baru gel 🙂 bahagia kenal sama orang yang biasa cuma di dunia maya terus ketemu hehehee

  • keren-keren fotonya!!! kmrn itu nyobain teh sampai pusing 🙂 akhirnya diem2 teh yg dibikin sendiri dikasih gula (jd teh manis deh) hahahaha… ternyata lebih enak dibanding teh kemasan.
    oia.. usul, kapan2 gatheringnya keluar negeri yuks.. pk wisata seru on budget.. hunting kuliner rame2.. kita bikin unforgetable moments 😉

  • utk org2 yang baru pertama kali liat website wisataseru, berikut testimony dari pendatang baru keluarga besar wisataseru yg baru mengenal website ini tgl 10 agustus 2010 (kurang dari seminggu yg lalu):
    HIGHLY RECOMMENDEEEDDD!!!!!!
    Kalo ada gathering2 yg dibuat sm wisateseru,buruan daftar deh (apalagi kalo yg pesertanya di-limit), bener2 dijamin ga basi, kasih banyak wawasan baru, info2nya MANTAB & edukatif banget!!!
    Thank u bngt buat yuyun, im sooooo lucky, baru tau wisataseru tp uda lsg dapet ksmptn utk ikutan gatheringnya pdhl kan pesertanya terbatas bangeeettttt!!! sdktpun ga nyesel, malah ketagihaaannn!!!
    menanti2kan gathering2 & acara apa pun yg akan digawangi sm wisataseru!!!!!!!! 😉

    *ps: ini tanpa pesan2 sponsor loohhhh!! hahaha founder dari website ini aja ga tau kok sy posting comment ini ;P

  • ow my God 🙂 betapa bahagia-nya hati ini hiiiksss… sampai aku mau nangis terharu 🙂 makasih ya teman teman member yang kemarin datang ke gathering untuk responnya 🙂 jadi gak sabar untuk ketemu lagi 🙂 bener deh ini hati kalau dibelah, pasti keluar bunga bunga 😀 seneng banget.

    nelson : wakakakaaaaa … iya oolong tea harus diminum dalam keadaan perut terisi sempurna … aku juga mabok oolong kemarin 😀 boleeeeeeeh!!! ntar aku bilang riza n buat polling yach,… kita ke keluar negeri hunting kuliner dan pastinya biaya mesti murah meriah 😀 sangat tidak sabar!!!

    amelia : ameeeeeeeeeelllll!!! kamu membuatku hampir menangis bahagia terus 🙂 makasi ya amel…aku bener bener terima kasih untukmu. sejak kenal kamu 5 hari lalu, aku dapat titik terang tentang “mau dibawa kemana sih wisataseru ini”. 🙂 tenkiuuuu kata-katamu menggiringku untuk semangat ber-fokus… semoga wisataseru selalu seru dan menjadi wadah yang seru buat orang orang yang ingin merasakan seru-nya hidup berseni dan berbudaya.

    desi : desiiiiiiii!!!! hihiiii september ini aku pulang surabaya,… kakakku menikah (bahagianya) 😀 … hm,… aku harus memutar otak ni, sapa tau di waktu yang 5 hari pulang, aku bisa mengadakan something spesial buat wiserukers di surabaya 🙂 tapi apaaaaa yaaaa di sby? kasih ide dong des … masukan please

  • Yun chan hrus na meyi chan ocha wa oishikatta desu ..
    pdhal dah blajar b.jpn nya teh itu ocha ,,,:(
    jgn lupakan b.jpg mu suatu saat kn kmu bakal tinggal disono hheeh..
    comment nya ga nyambung bodo ah..

    luph u pul deh yun chan,, gathering kemaren gud job >_<'

  • ce prisca : makasiiiiiiiiiiih ceee 🙂 foto fotonya tunggu ya ceee … nanti kalau udah agak tenang, aku kirim hehehee…

    meyichang : wakakakaaa …. ‘ocha’ itu bukan cuma sebutan untuk teh jepang ya???? wakakakaa atau biarin aja deh ‘tea wa’ waakakakaa biar orang bingung hihiiiii … waakakaaa amin mae chan … moga moga impian terkabul … mae juga yach ….

  • Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So nice to find any individual with some unique thoughts on this subject. realy thanks for beginning this up. this web site is one thing that is wanted on the net, somebody with a little bit originality. helpful job for bringing something new to the internet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: