Sensasi Martabak Tebu di Cooling Bar, Mall Kelapa Gading

Martabak Tebu? Hm,.. anda mencari dimana mana juga nggak bakal ketemu. Karena saat menulis artikel ini saya sedang iseng saja dalam membuat judul. Agar eye catching dikit. Sejatinya sih saya sedang makan martabak lalu ditemani dengan segelas es tebu. Sensasinya? Ternyata enak loh, si manis coklat di tubruk dengan manis tebu murni. Lecis rasanya.

Es Tebu Cooling Bar

Waktu sekolah dasar, saya bisa dibilang penikmat tebu sejati. Entah mengapa, tapi tumbuhan yang masih masuk dalam keluarga rumput-rumputan ini seolah menghipnotis saya untuk tak beranjak kemana pun sebelum tebu batang yang ada ditangan saya habis sari sarinya. Tebu batang? Ya, saya sangat suka menggigit dan menghisap sari sari tebu langsung dari batangnya.

Namun, beranjak remaja, saya meninggalkan kampung halaman dan merantau ke Ibu Kota, membuat saya lost contact dengan yang namanya sari tebu. Meski rindu, namun saya selalu mengurungkan niat untuk membeli es tebu yang banyak di jumpai dijalanan Jakarta. Pasalnya pernah beli dan rasanya sangat mengecewakan. Tebunya bukan tebu bagus untuk diperas apalagi di sesap. Asem dengan aroma yang tak memiliki after taste.

Hingga kemarin tepatnya. Saya melihat penjual es tebu bernama cooling bar di depan farmers market kelapa gading Jakarta Utara. Dari jauh, sudah terlihat kualitas tebunya adalah tebu peras yang bagus. Ini terlihat dari bagian ujung tebu yang berwarna putih bersih tanpa warna merah, yang menandakan tebu dapat menghasilkan rasa yang nikmat, yaitu air yang hijau, manis dan aroma tebu yang masih menyengat segar. Ternyata betul. Es tebunya segar sekali dengan aroma tebu yang kuat. Perasaan ketika meminum air tebu dingin ini membuat saya seolah kembali ke masa sekolah dasar. Dinginnya juga pas banget. Bukan dingin es yang membuat gigi gemertak, namun dingin segar yang cukup membuat dahaga hilang dalam sekejap.

Martabak Manis


Selain jual air tebu, ternyata pemilik booth ini juga memiliki booth martabak manis di sebelahnya. Martabak manis adalah panggilan akrab menu ini jika di Jakarta. Namun jika anda ke surabaya maka menyebutnya adalah terang bulan. Bahkan ketika saya ke Singapore, adonan manis ini bernama ‘pancake’. Hm? ya whatever dengan nama, yang penting sekarang rasa.

Adonan martabak yang ada disini, sun toast, memiliki tekstur lembut yang ketika sudah dingin pun rasanya masih tetap enak. Apalagi perpaduan antara mesis, susu dan kacangnya ini, endang sekali. Selain itu, ia juga tak terlalu berminyak karena tak terlalu banyak menggunakan mentega sebagai peng-gurih yang kadang bikin tangan belepotan.

Hm,… nyam nyam. Saya membayangkan, saat ini di bulan bulan puasa menjelang lebaran, menu ini pasti dapat menjadi hidangan buka puasa yang nikmat sekali. Segar dan tidak terlalu berat. Ukurannya pas di perut untuk mengganjal makan nasi sejam kemudian. Martabak ini seporsinya berharga Rp. 10.000 dan air tebunya yang dingin berharga Rp. 7.000,-.

Oya selain martabak disini juga ada bika ambon. Ada rasa original dan rasa pandan. Bika ambonnya memiliki tekstur lembut dengan gigitan kenyal yang tidak lengket di gigi. Aromanya pun harum pandan yang berasa tipis tak membuat rasa bika ambonnya lenyap. Cocok untuk teman kerja dan atau penganjal lapar.

Alamat : Cooling Bar dan San Toast. Depan Farmers Market lantai dasar Mall Kelapa Gading Jakarta Utara. 08170030669

penulis : caturguna yuyun angkadjaja




4 comments

  • sama samaaa πŸ™‚ emang enak kok ko πŸ™‚ tebunya seger banget dan martabaknya sampe rumah aku sampe kurang πŸ˜€ hihihiiiii ,… enak bisa lembut gitu … kayaknya itu bukan cuma sekedar coklat sama kacang … rasa coklatnya lembut banget … rasa apa sih itu sebenarnya???

  • Yang bikin spesial butternya yun, bukan pake margarine soalnya. Selaen itu ya tepung khusus yang berbicara hehe

  • oooowww butter… pantes kok lembut banget πŸ™‚ luar biasa,… enak loh kombinasinya … sampe aku bingung ini dikasih apa yach …

    oowww tepungnya juga racik sendiri ya? hebat hebat, mesti begitu yach emang kalau mau serius usaha πŸ™‚ semua benar benar detail πŸ™‚ maju teruuuus!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: