RM Milan, Pusat Jajanan Bangka di Jakarta … Tak Cukup Hanya Datang Sekali

Tahu Kok dengan kuah kaldu ayam murni

Pecinta masakan Bangka, kali ini anda dapat bernafas lega. Karena saya baru saja menemukan Pusat Jajanan Bangka di Jakarta yang ‘nendang abis’. Nggak cuma cukup lengkap tapi juga karena hampir semua masakannya asli diracik sendiri oleh Pemiliknya dengan eksperimen berbulan bulan untuk menghasilkan satu menu yang benar benar lezat. Bahkan tahu pun dibuat sendiri secara home made sehingga memiliki rasa gurih yang berbeda dari tempat lain.

Jadi, nggak heran, meski baru buka 2006 lalu, namun pelanggan Pusat Jajanan bernama ‘Milan’ Green Ville Jakarta Barat ini berlimpah yang datang dari berbagai lokasi di Jakarta. Seperti dari Kelapa Gading, Sunter,  Bintaro, Tangerang bahkan hingga Depok.

Begitu masuk, anda akan langsung disapa dengan deretan anglo serabi dan sambutan ramah dari Pemilik Resto. Untuk menu, cukup lengkap, ada seafood, chinese food khas Bangka, masakan daerah khas Bangka sendiri. Saking bingunnya, saya pun meminta rekomendasi pemilik dan muncullah Lempah Ikan Kakap Merah, Tahu Kok, Tahu Pong, Sagu Gunting, Serabi Durian dan minumnya Es Kacang Merah.

Es Kacang Merah, Tahu Pong, Lempah Ikan Kakap, Serabi Durian

Rasa Makanan

Lempah Ikan Kakap Merah : Luar Biasa!!! Inilah reaksi saya begitu mencicip kuah Lempah-nya. Pemilik Resto ternyata benar benar mendatangkan terasi asli dari Bangka untuk menyempurnakan rasa lempah-nya. Dimana, terasi bangka ini memang beda dengan terasi dari daerah lain. Ketika ke Bangka saya pernah mencicip mentah terasi bangka, dan rasanya memang lembut dengan rasa manis udang yang khas (tidak seperti terasi jawa yang beraroma kuat). Orang Bangka sendiri mengaku, “Bukan lempah namanya jika tidak dimasak dengan terasi asli Bangka”.

Rasanya sendiri sangat segar dan wangi. Wangi karena lempah memang dimasak dengan bumbu sereh dan lengkuas kemudian segar karena penggunaan nanas segar yang jumlahnya cukup banyak. Sehingga begitu di sruput, rasa segar pedas dan wangi akan langsung menyeruak. Nyaaam …

Tahu Kok : adalah menu semacam sup bening dengan isi baso ikan dan tahu yang berisi baso ikan pula. Bola bola ikan yang ada disini berasa betul ikannya. Dan yang paling gurih ada baso ikan yang dibungkus dengan kulit tahu. Kres. Apalagi makannya sambil menyeruput kuahnya yang terbuat dari kaldu ayam murni, hm … (Rp. 16.000/ porsi)

Tahu Pong : Ini adalah tahu pong dahsyat yang nggak akan mungkin anda jumpai di tempat lain. Pertama karena tahu-nya sendiri yang diracik oleh Pemilik. Tahunya tidak bolong plong, melainkan tampilannya mirip tahu sumedang yang padat, namun jika tahu sumedang asin asam dan kasar maka tahu pong disini tidak asin tidak asam dan tampilannya halus.

Kedua adalah bumbunya!!! Bumbu yang diracik sendiri dari tauco, cabe, cuka dan kacang ini, nikmatnya bukan main. Mirip dengan kuah tauco otak otak bangka, namun lebih cair. Rasanya? Segar bukan main. Rasanya ngangenin!!! (Rp. 7.500 / porsi)

Sagu Gunting : saya baru tau jika sagu gunting ini berasal dari Bangka. Menurut saya menu sagu gunting ini akan terasa sangat nikmat jika di santap jam 3 sore, ketika perut sudah mulai kosong namun belum terlalu lapar. Hidangan ini terbuat dari sagu yang di gunting gunting lalu di beri kuah santan, gula aren dan kacang merah. Rasanya? Amboy sedaaaap!!! (Rp. 10.000,-)

Serabi Durian : serabi khas bangka memiliki ciri serabi yang tipis dengan kuah dari durian asli. Hm,… kebayang ya, gurih serabi yang terbuat dari tepung beras dan telur yang berlumur dengan saus durian asli. Nyaaam,… ketika pulang dan membawa bingkisan serabi, teman kantor bak piranha yang langsung terpesona dengan rasa-nya, “Duriannya dahsyat!!!”, “Nyun lagi dong” dan beraneka macam komentar positif lainnya.

Es Kacang Merah : entah mengapa, namun saya mesti memberi banyak jempol kepada warga Bangka dalam mengolah kacang merah. Kacang-nya utuh gurih namun ketika digigit dapat memberikan sensasi rasa yang luar biasa wangi dengan rasa manis khas kacang merah yang utuh. Enaaaaknya.

Ekspresi kuuuuu menikmati sedapnya masakan Bangka

Menu lain

Waaah, selain menu di atas, masih banyak menu lain yang pengen sekali saya coba. Jadi? Lain kali mesti kesini lagi!!! karena disana ada pempek yang bikin ngiler. Pertama karena harganya murah banget, cuma Rp. 2.500,-/ porsi dengan kuah cuko yang berwarna merah seperti tahu pong namun lebih kental. Wow, sudah terbayang segarnya.

Kemudian masih ada juga Laksa Bangka, Otak Otak dan aneka macam makanan bangka lain yang emang uenak enak tenan. Milan!!! I’ll back.

Informasi Restaurant

Nama Milan, Pusat Jajanan Bangka
Alamat Kompleks Ruko Green Ville AW no 2 Jakarta Barat
Telephone 021 56968128 – 021 93815223
Jam Buka 07.00 – 21.00
Jenis Masakan Masakan Khas Bangka
Harga Rp. 2.500 (pempek)  – Rp. 60.000,- (Ikan)
Tipe Rumah Makan
Suasana Ruko dengan suasana nyaman (terbuka namun menggunakan AC, jadi tidak panas)
Merokok bebas
Busana Casual
Lain – lain Terima Pesan Antar, Home Made and Fresh Food

Ditulis oleh : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: