Parsel Lebaran Unik Cantik Bergaya Jepang. Teknik Furoshiki dari Janice Cookies

August 22nd, 2010 by · 19 Comments

Bosan dengan bentuk parsel yang begitu begitu saja dari tahun ke tahun? Mungkin tahun ini pembaca wisataseru boleh melirik parsel kreasi Ibu Evie yang menggunakan teknik Furoshiki. Apa sih Furoshiki? Nah yang belum tau, mari masuk ke dalam. Knok knok knok ….  … Sa, o-hairi kudasai …

Furoshiki adalah???

Furoshiki merupakan budaya mengemas, membungkus dan atau menyimpan barang barang di negara Jepang. Permulaanya sendiri yakni pada abad ke 17 atau tepatnya ketika zaman Edo, furoshiki digunakan di tempat tempat pemandian umum sebagai kain pembuntal pakaian dan perlengkapan mandi. Namun pada perkembangan berikutnya, furoshiki digunakan sebagai buntelan seserahan atau hantaran pada saat pesta pernikahan dan saat ini justru sudah menjadi semacam seni yang beberapa kali di perlombakan untuk melihat keahlian seseorang dalam mengkreasi kain.

Furoshiki sendiri adalah kain persegi empat bermotif yang nantinya di saling ikat sehingga menyerupai buntelan. Kain yang digunakan untuk seserahan biasanya bermotif burung bangau, kipas, ombak dan pohon cemara. Kepercayaannya sih, gambar gambar tersebut akan membawa berkah dan kebahagiaan bagi penggunanya. Namun untuk hantaran biasa, menggunakan jenis kain apa pun juga oke, yang penting cantik.

Furoshiki = Go Green

Hal yang paling penting dari Furoshiki ini adalah mendukung Go Green, melalui multifungsi-nya kain yang digunakan sebagai pembungkus. Ya, karena biasanya kain yang digunakan adalah kain yang bagus, maka penerima hantaran bisa memanfaatkan kain pembungkus tersebut untuk berbagai kegiatan. Misalnya, kain ini dapat di lipat lipat sehingga menjadi pembungkus buku, atau di pilin pilin sehingga menjadi tas ransel dan atau tas jinjing yang cantik.

Bahkan kain Furoshiki ini dapat digunakan untuk menjadi scarf, kerudung dan atau taplak meja. Asal kreatif, kain ini dapat menjadi berbagai macam fungsi. Nah, dari sini kita bisa lihat yach, visi misi ramah lingkungan yang di emban oleh seni membungkus ala Jepang ini.

Di Indonesia Furoshiki mulai di cintai

Seni membungkus dengan kain bermotif Jepang ini di Jakarta sudah mulai digunakan untuk membungkus kemasan hantaran atau biasa kita sebut parcel. Pengusaha yang mempopulerkannya adalah Ibu Evie. Pengusaha kue dengan merk Janice ini memang selalu kreatif, dimana tiap tahun selalu merubah bentuk tampilan parselnya. Kini ia menggunakan teknik furoshiki.

Tak disangka penjualan meningkat cukup tajam sejak ia menggunakan teknik furoshiki ini. Hampir semua pelanggan mengaku, ingin memberikan sesuatu yang berbeda dari tahun yang kemarin dan nilai ekonomis yang ditimbulkan, yaitu kain dapat digunakan kembali oleh si penerima parcel.

Rasa Kue Buatan Bu Evi

Bu Evie dengan bendera Janice-nya ini menerima pesanan kue kering, basah dan pudding. Yang jelas bagi saya, saya baru mencoba kue keringnya dan buat saya kue Bu Evie masuk dalam kategori ‘rekomendasi’. Karena, mulai dari Kastengelnya yang asli limpahan keju, sehingga menghasilkan rasa asin dan gurih yang khas keju. Kemudian masih ada choco chip yang coklatnya terbuat dari asli coklat bubuk dan batangan yang kemudian diberi sedikit tambahan capucino dan kacang mede. Nyaam…

Nastar-nya? Ow jangan ditanya, gurih dengan asin margarin, asam manis nenas dan kombinasi bahan adonan yang terasa sangat pas di lidah. Pun dengan Putri salju yang kejunya berasa sekali. Hm,… saya membayangkan, kue keringnya aja sudah mantab seperti ini apalagi puddingnya yang secara kasat mata tampak sangat mengiurkan? Kapan kapan mesti coba!!! Untuk harga kue kering yang mantab ini di bandrol dari hraga 40 ribu – 110 ribu / toples. Untuk kue basah dan pudding, mulai dari 165 ribu – 250 ribu / ukuran 22 – 24cm. Jika ingin dikemas dengan gaya furoshiki, hanya tambah 10 ribu – 40 ribu tergantung besar kecil kain.

Mengapa cocok untuk hantaran Ramadhan?

Alasan pertama karena berisi kue dan kue-nya menurut saya sangat enak dan layak untuk dijadikan hantaran kepada siapapun termasuk kaum eksklusif. Ke dua karena kain dapat dibentuk kembali menjadi tas cantik untuk meletakkan alat alat sholat, atau digunakan sebagai taplak meja yang cantik untuk ruang tamu, bahkan dapat digunakan sebagai kerudung dan scarf yang cantik. Jadi, tentunya bingkisan lebaran kita akan memiliki nilai lebih dan pastinya bisa dinikmati dan bungkusnya dapat digunakan untuk keperluan lain.

Pesan antar Parsel Lebaran melalui wisataseru

Buat yang rumahnya jauh dari Bintaro dan mau pesan antar, wisataseru akan membantu anda. Dijamin pesanan akan sampai rumah dalam kondisi cantik. Namun dengan nilai pembelian di atas Rp. 500.000,-. Nanti akan kami beri daftar harga secara lengkap dan dijamin harga sama dengan harga Janice cookies & cakes. (pesanan untuk lebaran maksimal tanggal 7 september)

Alamat : Janice cookies & cakes, Ruko Multiguna Blok 3a no 10G. Bintaro Jaya Sektor 3a. Telp 021 73692420

penulis : caturguna yuyun angkadjaja

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Selatan · Wisata Kuliner

19 responses so far ↓

  • 1 oNiy // Aug 25, 2010 at 10:36 am

    wah, ini sih deket dari rumah.
    coba main ke sana ahh..
    pas banget belom beli/bikin kue lebaran…
    ayo ayoo, siapa mau ikutan juga?

  • 2 caturguna // Aug 25, 2010 at 1:38 pm

    haiiii oniiiiiy :) waaah pas yach, … ayo dicoba cobaaa :) heheheee

  • 3 wandy // Sep 7, 2010 at 9:06 pm

    Wow,putri saljunya benar2 enak,gurihnya keju&susu n manisnya gula halus benar2 menggoyang lidah,hehe.. jadi pengen ngemil terus nih… :)

  • 4 caturguna // Sep 8, 2010 at 3:13 am

    wandy : wah wandy juga udah pernah cobain janice cookies? iya enak banget… kalau aku paling mantaaaafff sama kastengel, terutama smoked beef kastengel, eeeedan enak tenan … terus sama nastarnya … mak nyaaaa enak gurih mantab dengan nanas yang kres kres

  • 5 noe rinto // Sep 8, 2010 at 10:44 am

    Aku coba telp tdk ada yg mengangkat. punya no lain tak? thanks before

  • 6 sophianovita // Sep 8, 2010 at 2:22 pm

    Halo Noe,

    Ntar coba kita contact kan lagi ya. :)
    Mungkin lagi sibuk :)

    Gbu,
    Sophia

  • 7 caturguna // Sep 8, 2010 at 3:31 pm

    oiyaaa toko yang dibintaro tutup lebaran ini … telp kesini aja 0816735555 … tapiii sudah gak bisa pesen buat lebaran hiks… tadi temenku mau pesen juga udah kehabisan… karena terakhir pemesanan kemarin tgl 7 … kalau mau rasain kelezatan kuenya, mungkin nanti bisa pesen pas abis lebaran hehehee

  • 8 tyo // Sep 23, 2010 at 6:51 pm

    kemarin aku pesen parcel model gini, ternyata semua klientku suka, karena selain rasa kuenya yang bener2 fresh juga uenaaaaaaak tenan…. packagingnya unik….
    yang paling enaak menurutku kastengel yg biasa ataupun yang pake smoke beef…. itu 1 toples ukuran 500gr bisa habis sendiri……hahahaha, doyan mode ON

  • 9 caturguna // Sep 24, 2010 at 12:33 am

    tyo :) waaaaaaaahhh ini mbak tyo ya? hiyaaa temen temenku yang liat juga langsung jatuh cinta, lucu dan unik, kreatif. dan tau ga? aku dalam seminggu habis 3 toples dan lidahku masih pengen makan lagi wkkakakaa … parah dah aku … enak gila… padahal aku gak terlalu suka kue kering, tapi sama si janice ini aku langsung gila kue kering … suwer deh gak bohong … baru kali ini aku tergila gila makan kue kering

  • 10 merry kaban // Nov 24, 2010 at 6:07 pm

    janice cookies enak banget,, unik, tante evi juga ramah banget.. pulang liputan dari sana orang kantorku pada nanyain tokonya dimana.. pooknya yang belum ngerasain cookies nya, harus di rasainn.. krn itu enyakk banget!!

  • 11 caturguna // Nov 25, 2010 at 4:53 am

    merry :) wah merry liputan :) pasti menyenangkan yaaa :) hehehehee betul banget cookiesnya mantaaab punyaaa :) sukses terus ya merry

  • 12 yulia // Aug 5, 2011 at 3:05 pm

    Dear tante evi,

    mohon saya dikirimkan list dari kue2 lucu ini (sekalian dengan harganya ya).
    klo kita pesen ada minimum pemesanan ga Tan ???
    trus tanggal berapa due date pemesanan.

    Thanks,
    Lia

  • 13 caturguna // Sep 30, 2011 at 8:44 am

    @yulia : hihiihi baru dibales disini .. tapi udah kubilangkan tantenya waktu itu dan udah di email kan yaaa katanya :) gimana jadi pesen ga??? enak kaaaaan :) kue tante evi memang top bgt

  • 14 mariani // Jan 12, 2013 at 10:54 am

    Ada brosur2nya? Dan daftar harga?
    Tlg di email ya. Trims :)

  • 15 hj.nindiheni // Jul 14, 2013 at 7:01 am

    Minta no telfon biar bisa posn

  • 16 dinieka // Jul 16, 2013 at 11:59 am

    Pengen nyoba jugaaaaa….
    Mohon dikirimkan pricelistnya yaa..
    Trus klo mau tanya2 ttg cookiesnya gmn?
    Cara pesan ama minimal ordernya gmn?
    Thanks.

  • 17 ay syam // Jul 17, 2013 at 12:02 pm

    Wah kangen bgt ma kue2nya tante nich… dulu waktu lg hamil anak pertama aq tante sering bawain kue. Jd sblm kursus merangkai bunga kita biasa icip2. Sayang saat itu aq ga sempat minta no telp n alamat tante evi. Tan…. bs deliveri k bekasi jatibening?

  • 18 caturguna // Jul 22, 2013 at 7:26 pm

    waaahh nanti kumintain tantenya ya untuk brosur naa

  • 19 yazmin // Aug 27, 2013 at 1:34 pm

    Ada yang berbaik hati ga delivery janice cookies buat aku pake JNE atau apa gitu ke bogor, pengen banget ga ada waktu kesana T_T

Leave a Comment