Ikan Nila Goreng Pak Ono, Live – Fresh – Export Quality

August 8th, 2010 by · 12 Comments

Melihat judul-nya aja kita sudah bisa membayangkan, nikmatnya menyantap hidangan ikan nila fresh yang baru ditangkap dari kolam. Dan jika kita tengok ke bagian area belakang tempat ‘memajang’ ikan, mungkin kita akan bertanya, “Kok ikan nilanya merah dan gendut gendut?”. Jawabannya adalah karena ini bukan ikan nila lokal (yang berwarna hitam dengan daging tipis), melainkan ikan nila bibit dari Bangkok. Warnanya merah, dagingnya lebih lembut tebal dan juga memiliki rasa lebih manis.

Ikan nila bangkok ini juga sengaja di pilih yang dibudidaya dari Subang, yang mana pemilik resto melihat sendiri cara mereka membudidayakan ikan dengan metode air sungai asli yang mengalir deras. Sehingga ketika di makan daging ikan nila-nya dijamin tidak akan bau lumpur (jika di budidaya dalam kolam bukan air mengalir, ikan sering kali meninggalkan jejak aroma lumpur yang sedikit mengganggu).

Aneka masakan Ikan Nila

Semula saya agak ragu dengan resto ini karena menampilkan ketidak-konsistenan dalam hal nama resto. Di logo terpampang tulisan ‘Ikan Nila Goreng Pak Ono”, namun di bagian depan resto tampak tulisan permanen besar sekali ‘Ikan Nila Bakar’. Nah, loh… tapi keraguan saya langsung terjawab setelah saya datang kemari, melihat rentetan nama masakan nila dan mencicipnya.

Ikan nila yang biasanya tampil dengan variasi yang sedikit (karena nila lokal memang kurang bisa diolah secara maksimal dengan aneka hidangan – biasanya cuma enak digoreng kriuk) ternyata disini dapat diracik dengan aneka metode memasak, mulai dari goreng, bakar bahkan steam (ini karena daging nila bangkok memang tebal dan memungkin untuk dimasak menjadi aneka olahan).

Pertama saya coba, ikan nila steam hongkong. Wow, ini pada akhir makan disini, menunut saya adalah yang paling jagoan disini. Datang dengan aroma tauco yang menggiurkan, ikan ini menampilkan daging putihnya yang masih fresh dan bagian buntutnya yang menyisakan sedikit warna merah dimana menunjukkan ikan ini di steam dengan waktu yang tepat. Tidak terlalu matang namun sudah siap enak untuk disantap.

Betullah. Cita rasa asam manis tauco bercampur dengan sedikit pedas yang hangat dan tonjolan aroma sereh ini membuat saya enggan untuk berhenti makan. Bahkan ketika ikan sudah habis, bumbunya dimakan dengan nasi juga terasa sangat nikmat.

Sajian ke dua adalah ikan nila tempur nano nano. Dari namanya pasti sudah terbayang rasa yang bakal kita dapat. Ikan nila yang di goreng kemudian di lumur  rasa asam manis pedas yang campur baur jadi satu. Asam tomat yang bersatu dengan nanas benar benar menimbulkan sensasi segar yang bikin mata melek. Rasa ini kemudian dilengkapi dengan manis dan pedas yang timbul perlahan di lidah. Lengkap sekali.

Yang unggul bagi saya makan nila adalah harganya yang murah. Seporsi ikan nila bisa di dapatkan dengan harga mulai dari 19.500 – 34.500 rupiah saja. Ini bisa untuk dimakan berdua, kenyang.

Selain menu ikan nila disini juga ada aneka hidangan seafood dan sayur lain. Namun saya belum mencoba, mungkin harus spare waktu lagi untuk kemari dan mencicip menu lainnya yang pastinya nggak kalah dahsyat dengan 2 menu yang sudah saya cicip tadi.

Oya kembali ke keraguan atas ketidak-konsistenan, jawaban yang bisa saya tebak adalah, ini bukan tidak konsisten, melainkan adalah pesan yang ingin disampaikan pemilik bahwa disini menggunakan ikan nila bangkok yang nggak cuma enak untuk di goreng garing, melainkan enak dimasak model gimana aja.

Informasi Restaurant

Nama Ikan Nila Goreng Pak Ono
Alamat Jl. Green Ville Blok AS – 31 Jakarta Barat (saya makan disini, tapi ada juga di Jl. Pesanggrahan Raya 1128 e Jakarta Barat)
Telephone +6221 5630957 (greenville)
Jam Buka 11.00 – 15.00 dan buka lagi pk. 17.00 – 22.00
-
Jenis Masakan Seafood, spesialis ikan nila
Harga Rp. 10.000 – 45.000
-
Tipe Rumah makan
Suasana Santai
Merokok tidak boleh
Busana Casual
Lain – lain Cocok untuk makan bersama teman kantor dan keluarga, penyajian cepat, ikan boleh memilih sendiri

penulis : catur guna yuyun angkadjaja. dokumentasi : wisataseru.com

 
 

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Pusat · Wisata Kuliner

12 responses so far ↓

  • 1 Carolina // Aug 16, 2010 at 5:06 pm

    Terima Kasih atas infonya. Saya sudah mencoba makan di resto ini dan memang bener Uenaaak banget. Saya PASTI akan kembali lagi dan membawa keluarga besar saya.

    thank’s

  • 2 caturguna // Aug 16, 2010 at 9:41 pm

    carolina :) waaaaah senang sekali karena informasi yang kami berikan berguna :) sip ajak keluarga besar makan disini pasti lebih mantab dan menyenangkan :) tempatnya enak ya buat rame rame

  • 3 Dede // Aug 18, 2010 at 9:31 am

    Terutama Nila Tim Hongkong….enak & bergizi tinggi dan harganya murah

  • 4 Radja Sembiring // Aug 18, 2010 at 9:42 am

    Mantab Nila Goreng Spesial ……..

  • 5 Renata // Aug 18, 2010 at 10:58 am

    Nila Bakar dan karedoknya enak…. harganya murah dan ada discountnya. Rencana buka cabang dimana selain di Green Ville dan Pesanggrahan ?

  • 6 Kimora Imanuella // Aug 18, 2010 at 11:01 am

    Paling suka Ikan Nila Tim Hongkong pakai nasi putih…..

  • 7 caturguna // Aug 18, 2010 at 11:12 am

    makasih untuk komen komennya :)

    Dede : betuuuul aku setuju!!! aku juga suka sama Nila Tim Hongkongnya … endang dan murah banget :)

    Radja : mantaaaaab!!!!! makasih ya sudah datang di wisataseru :)

    Renata : Waaaaa renata sudah ke sana ya :) nanti habis lebaran rencana Ikan Nila Pak Ono akan join untuk kasih diskon lebih buat member wisataseru :) waduh ntar coba ditanya yach mau buka cabang dimana heeheee :)

  • 8 caturguna // Aug 18, 2010 at 11:15 am

    Kimora : betuuuuuulll aku juga paling suka Nila Tim Hongkong-nya :) mantab sekali :) wah wah wah :) makasih ya sudah datang di wisataseru :)

    salam wisataseru, caturguna

  • 9 wandy // Sep 14, 2010 at 6:30 pm

    Kemarin pas main ke Jkt niatnya mau mampir ke resto ini,ternyata TUTUP.. :( Ya sudahlah,lain kali semoga beruntung :)

  • 10 classic // Sep 17, 2010 at 4:37 pm

    Ini tempat yang sering aku & teman kantorku makan siang disini, kudu nyoba keredoknya ada yg pedas & tidak.

    Mantap keredoknya

  • 11 caturguna // Sep 24, 2010 at 12:30 am

    wandy : waaaaahhh hehehe anda kurang beruntung… hehehe kalau sudah coba, kasih kabar kemari ya wandy :) tapi kan sudah aku kasih no telp, kenapa sebelum kesana gak telp dulu hehehe …. chiayooooo wandy

    classic : waaaaaaaaah menu karedok terlewat olehku ya … oke kalau kesana akan aku coba :)

  • 12 feri // Sep 25, 2010 at 8:21 am

    mau dooooooooooonnnggg nila hongkongnya

Leave a Comment