Indahnya Festival Kembang Api (Hanabi) di Danau Nojiri, Shinano, Jepang

kembang api di jepang

Bulan Juli dan Agustus merupakan hari hari terpanas di Jepang. Cuaca bisa mencapai 35 derajat celcius, panas sekali. Udaranya pun lembab dan benar benar membuat semua orang tak tahan berdiam dalam rumah. Maka, Jepang sebagai kota dengan sejuta festival, tak mau berdiam diri.

Dimusim yang gersang ini, Jepang justru mempercantik diri dengan festival kembang api bernama Hanabi. Perayaan yang telah ada sejak zaman Edo (1700an). Di selenggarakan di hampir tiap kota di seluruh Jepang. Biasanya, di tempat diselenggarakannya festival, kita akan menjumpai permainan-permainan khas Jepang  seperti menangkap balita ikan mas koki menggunakan jaring berlapis kertas tipis dan puluhan kios penjual makanan dan minuman.

Di musim panas seperti ini, banyak orang menggunakan yukata yaitu kimono sederhana yang tipis. Terutama ketika festival, hampir tiap orang menggunakan yukata. Mereka biasanya datang ke festival bersama kekasih, keluarga dan atau teman, saya sendiri datang bersama teman teman, Nishi, pacarnya Nichi dan Suryono.

Berhubung saya tinggal di Nagano, maka lokasi terdekat untuk melihat festival kembang api ini adalah di danau Nojiri kota Shinano. Sekitar 1 jam dari Nagano dengan menggunakan mobil berkecepatan sedang. Festival dimulai pukul 7.30 sampe jam 8.30 malam.

Banyak sekali kembang api yang muncul dengan warna warni dan bentuk yang sangat indah. Saking banyaknya saya sampai lupa menghitung ada berapa banyak kembang api di malam itu. Yang jelas suaranya sangat kencang menggelegar. Karena kembang api dinyalakan tepat di tengah danau, dimana danau ini sendiri diapit oleh gunung. Jadi suara terkumpul dan menggema, menakjubkan sekali. (Untuk dapat membayangkan nuansa danau yang diapit gunung, saya ambilkan foto danau saat siang dari http://en.wikipedia.org/wiki/Lake_Nojiri)

Tiap kembang api yang menyalak, ragamnya banyak. Ada yang menonjolkan bentuk, kombinasi warna dan juga bahkan ritme bak sebuah simponi. Indah sekali. Malam ini benar benar malam penuh warna yang tak ingin saya lupakan.

Selain di Shinano, festival kembang api dapat dinikmati di beberapa kota di Jepang seperti di Niigata, Miyajima dan Tokyo.

Selesai menyaksikan festival kembang api, kami berempat langsung mengisi perut di Gasto. Hm,… sampai ketemu lagi di pengalaman selanjutnya di Jepang yach ….

Pengalaman : Anggun Nugroho, wiserukers di Nagano Jepang.

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.

Makan di Gasto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: