Mengenal Lebih Dekat Kopi Asli Indonesia di Anomali Coffee

Kopi di Goreng Langsung di dalam Kedai

Seperti apakah ciri ciri Kopi yang segar? Seperti apakah rasa Kopi Indonesia yang sebenarnya? Bagaimanakah biji kopi di proses sehingga dapat menjadi secangkir minuman berwarna hitam yang nikmat? dan pertanyaan – pertanyaan lain seputar Kopi langsung terjawab sudah ketika saya bertandang ke Anomali Coffee di kawasan Setia Budi Jakarta Selatan.

Ada Apa di Anomali Coffee?

Anomali Coffee, bukan hanya sekedar suatu tempat dimana kita dapat duduk santai, bermain wi-fi gratis dan menikmati secangkir kopi sambil bercengkerama bersama teman atau relasi bisnis sampai ber jam-jam tanpa merasa terusir. Melainkan sekaligus tempat yang tepat untuk mengenal lebih dekat all about Kopi Indonesia.

Suasana Nyaman Anomali Coffee Setiabudi

Berkonsep ‘Gudang Kopi’, Anomali diperlengkapi dengan senjata ‘mesin penggoreng kopi’ yang diletakkan di dalam kedai. Fungsinya: pertama, untuk memberikan ‘nuansa gudang’; ke dua, supaya pelanggan dapat mencium aroma harum kopi yang sedang di goreng; ke tiga, sebagai simbol bahwa kopi yang ada di sini adalah kopi yang fresh; ke empat, supaya pelanggan yang ingin tau proses mengolah biji kopi mulai dari proses pen-sortir-an biji hingga menjadi secangkir kopi yang nikmat dapat langsung melihat prosesnya.

Proses-nya sendiri dimulai dari tahap sortir biji kopi yang harus dilakukan secara manual, hal ini demi mendapatkan specialty coffee. Usai terpilih biji biji terbaik, Kopi langsung dimasukkan dalam mesin penggorengan dengan suhu tertentu sesuai dengan cita rasa yang ingin dimunculkan pada Kopi tersebut. Setelah matang, kopi di-dingin-kan dan dikemas dalam wadah alumunium foil yang telah dirancang dengan teknik one way valve. Ketika ada pembeli, biji kopi tersebut baru di giling dan diseduh sesuai dengan pesanan.

kopi segar selalu ada crema / busa

Cara menguji Segar tidak-nya Kopi

Biji Kopi : Biji Kopi yang segar memiliki warna hijau. Jika biji telah berwarna kekuning – kuningan, itu berarti biji kopi sudah terlalu lama disimpan atau mengalami salah cara menyimpan.

Bubuk Kopi : Bubuk Kopi yang segar memiliki aroma harum yang sangat kuat dan segar. Jika aroma kopi susah tercium, maka bisa dipastikan kopi sudah tidak dalam keadaan segar untuk dikonsumsi.

Minuman Kopi : Cara paling mudah untuk tau kopi tersebut segar atau tidak adalah dengan menggunakan teknik tubruk. Yaitu teknik menyeduh kopi dimana seperempat bubuk kopi langsung di siram dengan air panas bersuhu 90 derajat celcius. Setelah itu di tunggu selama kurang lebih 4 menit. Jika terdapat crema atau busa, berarti kopi masih dalam keadaan segar.

Menjual Hanya Kopi Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia. Namun sayang, hanya sedikit penduduk Indonesia yang tahu kenikmatan Kopi Asli Indonesia ini. Maka, duo sahabat, Ivan dan Agam langsung berinisiatif membuat sebuah kedai kopi yang menyajikan hanya kopi Indonesia. Hasilnya? Sambutan yang luar biasa. Kegigihan Ivan dan Agam, pemilik Anomali Coffee, membuat seseorang yang pernah datang ke Anomali, pasti akan rindu untuk datang kembali hanya demi meneguk kenikmatan Kopi Indonesia.

Semua Kopi yang ada disini berjenis arabika – memiliki cafein lebih rendah daripada robusta, sehingga tergolong lebih aman dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Asalnya mulai dari Kopi Jawa, Bali, Aceh, Papua, Flores, Mandailing, Toraja hingga Kopi Termahal di Dunia Kopi Luwak.

Di seduh ala Espresso

Kopi dari daerah mana yang paling  enak?

Susah untuk mengatakan, “Inilah kopi paling enak”. Karena sifatnya yang anomali, maka Kopi memiliki karakteristik sendiri sendiri yang akan direspon berbeda pula oleh lidah tiap orang.

Biasanya, mereka yang menyukai aroma rempah dengan sifat body kopi yang tidak terlalu kental, akan lebih cocok jika meminum Kopi Jawa. Namun bagi mereka yang menyukai body kopi yang kental dan aroma kuat tembakau, akan lebih puas usai meminum Kopi Toraja.

Pun dengan penyuka rasa buah, pasti lidahnya akan lebih memilih Kopi dari Bali yang dibalik jantannya kopi akan tersembul aroma jeruk yang segar. Lalu penyuka rasa manis yang lembut, pasti akan tergila gila dengan Kopi Luwak yang harga perkilo-nya bisa mencapai jutaan rupiah sehingga menjadikan dirinya Kopi Termahal di Dunia. So, Kopi mana yang terenak? Tergantung Lidah anda lebih condong ke rasa apa. Yang jelas setiap biji Kopi yang sama lalu ditanam di tanah yang berbeda akan menghasilkan aroma dan rasa kopi yang berlainan.

Kiri : Agam, Kanan : Ivan

Detail tentang Anomali Coffee

Nama Anomali Coffee
Alamat JL. Senopati No. 35 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Delivery order (+6221) 52920102
Jam Buka 10.00 – 22.00
Jenis Masakan Spesialis Kopi
Harga Rp. 15.000 – 38.000,-
Tipe Cafe
Suasana Nyaman dengan pilihan bangku dan sofa
Merokok Bebas Merokok
Busana Casual
Lain – lain Tempat yang nyaman untuk nongkrong dan cocok sebagai tempat membicarakan bisnis bersama kolega yang suka kopi.

Anomali juga ada di Gedung Setiabudi One dikawasan Setiabudi Jakarta Selatan.




8 comments

  • Yopi 🙂 makasih sudah mampir ke wisataseru … um tapi maaf saya juga gak tau apa itu kopi Buria??? 🙁 kalau nggak keberatan, boleh dikirim heheheee, becanda … um, ntar kalau main ke anomali lagi saya coba tanyain yach … atau dari pembaca wisataseru lainnya ada yang tau? tolong kami diberi tahu 🙂 makasih

  • Kopi buria memang ada….
    Ciri-ciri:tinggi pohon dpt mencapai 6mtr bahkan lebih
    daun bulat tebal dgn daun yg muda berwarna hijau cerah dan berubah menjadi hijau pekat ketika daun mulai tua.ketika musim berbunga akan mengeluarkan bunga yg sangat wangi.buah cendrung lebih besar dari kopi robusta&arabika.ketika dipetik/panen buah agak alot walaupun sudah matang sempurna…
    Semoga bermanfaat buat temen2 yg pernah mendengar nama kopi buria tapi belum tau ciri2 pohon kopi buria…
    Trimakasih….

  • slm
    para pecinta kopi
    pernah dengar kopi asal jambi?
    tepatnya dari tanjung jabung barat kec betara
    kopi unik dari betara ini berjenis liberika, yg konon kopi liberika hanya ada 2% dari seluruh perdagangan kopi dunia
    rasanya unik menurut saya, lebh enak daripada kopi robusta,
    semoga ini menambah wawasan tentang kopi indonesia

  • Walau jarang Buria bisa didapat di banyuwangi bukan robusta atau arabica atau excelsa mungkin liberica konon kopi ini (kata penduduk)adalah kopi jawa kuno kopi peninggalan zaman kolonial belanda. Saya slalu punya stock u jenis ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: