Resep dan Tips membuat Kering Tempe Teri yang Gurihnya Tahan Berhari hari

Resep ini aku dapatkan dari Chef kenalan di D’Agape Residence (maaf lupa nyatet nama chefnya .. soalnya buru buru jam makan udah habis … yup saat itu aku sedang ikut kingdom busines community dan pas makan siang, ni kering tempe menyita perhatianku dan akhirnya aku nguber tukang masaknya sampe ke dapur hihiihiii)

Akhirnya aku prakteik juga pada tgl 15 Juni 2010 untuk bekal makan siang di kantor dan sisanya disimpan untuk dimakan hari esok yang ternyata rasanya tetap gurih enak. Rekomendasi untuk dicoba ..

Bahan untuk membauat Kering tempe teri

Tempe satu buah potong kecil kecil
Teri cue/ medan ¼ kg

Bumbu:
200 gr cabe merah
100 gr bawang putih
100 gram bawang merah
Daun jeruk secukupnya
Salam secukupnya
Sereh 2 batang
Lengkuas secukupnya
Garam ¾ sendok teh
Merica secukupnya
Gula merah 50gr

Cara membuat:
Cabe merah, bawang merah, bawang putih di haluskan (diblender boleh, di uleg juga lebih baik). Goreng tempe sampai kering. Cuci teri sebelum di goreng, supaya jangan terlalu asin.

Sediakan minyak di wajan sedikit untuk menumis bumbu yang sudah di haluskan sampai matang. Lalu masukkan daun jeruk, salam, lengkuas, garam, merica dan gula merah.

Dinginkan dahulu bumbu yang sudah di tumis sampai dingin, lalu masukkan tempe yang sudah digoreng dan teri.

Tips : ketika menggoreng tempe,  goreng sampai benar benar kering. Lalu saat menggabungkan tempe dengan bumbu, benar benar tunggu sampai bumbu dingin, baru dicampur. Ini akan membuat masakan tempe kering teri benar benar gurih. Memang agak susah mencampurkan antara bumbu yang telat berbentuk seperti gulali dengan tempe, tapi memang begini resepnya.

Ikuti saja dan anda akan mendapatkan tempe kering teri yang tahan berhari hari dengan rasa yang tetap gurih. Ni, saya coba dan hasilnya di hari ke 2, tempe tetap gurih, nyam nyaaam …

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-




2 comments

  • Bbrp hari lalu sy coba resepnya, enak,renyah dan betul banget masih garing smp sekarang … Berhubung ini pertama kali nya masak kering tempe, rasanya bangga juga ternyata sy bisa masak enak,dan tampilannya ga amburadul..hahaha.. Thank you soo much..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: