Merah Delima, Semi Fine Dinning Peranakan Cuisine

Merah Delima, sebuah restaurant semi fine dinning yang menyajikan menu peranakan. Dengan setting resto, rumah tua zaman opa oma yang dalamnya dipenuhi ornamen barang antik khas peranakan Tiong Hoa, rumah makan ini benar benar membuat siapa saja yang datang akan merasa nyaman.

Ya, membuat pelanggan betah berlama lama, memang merupakan syarat mutlak sebuah resto berlabel ‘Fine Dinning’. Sebuah konsep yang ‘menjual’ ruang yang nyaman untuk seseorang duduk tenang, santai dan menikmati setiap detik yang lewat tanpa merasa terusir. Biasanya, di resto seperti ini, pelanggan menghabiskan waktu antara 2 – 4 jam.

Maka, jangan heran jika harga yang ditawarkan pun berbeda. Biasanya untuk dapat menikmati makanan mulai dari menu pembuka, utama dan penutup plus minum, dibutuhkan biaya sekitar 175 – 250 ribu rupiah/ orang.

Sebaiknya Reservasi Jika Ingin ke Merah Delima

Tempat yang bagus dan dukungan masakan nikmat, membuat Merah Delima selalu saja ramai. Ketika kesana hari Jumat kemarin,  pukul 3 sore – 7 malam, suasana resto sangat ramai. Di area merokok, terdapat kumpulan (lebih dari 10) pengusaha kain dan desainer sedang bercengkerama. Di area Balkon, tampak sepasang muda tengah menikmati makanan sambil sebentar sebentar saling tertawa manis. Dan di area cafe, beberapa pengusaha kawakan tengah berbicara serius dengan kolega.

Semua penuh, satu satunya ruang kosong adalah ruang utama dengan meja memanjang (akhirnya saya bisa memotret, karena kalau ada orang, sangat tidak etis memotret – ini seolah kode etik tak tertulis jika kita berada di resto semi maupun fine dinning). Dimana, jam 5 ternyata ruang ini sudah terisi dan pada jam 7 ketika saya pulang, ruang ini sudah penuh. Wow,… so, sebaiknya jika anda ingin kemari, lebih baik melakukan reservasi terlebih dahulu.

Rasa Masakan

Disini, saya mencoba mulai dari hidangan pembuka sampai penutup. Pembuka-nya bernama ‘Pangsit Kawin Lari’. Entah mengapa di beri nama Kawin Lari, tapi yang jelas rasanya enak sekali. Bisa dibilang mirip Gyoza (masakan Jepang) namun isinya adalah ayam dan udang; bumbunya juga lebih simple sehingga untuk urusan rasa, pangsit ini juga bisa dibilang mirip wonton. Bumbu yang paling terasa adalah daun bawang rajam dan wangi daun ketumbar yang kemudian berpadu indah dengan kecap asin.

Menu utama, Gurame 5 Rasa dan Mie Goreng Baba Celup. Gurame-nya digoreng tepung. Sangat gurih dengan bagian dalam yang tetap basah segar. Pemberian nama 5 rasa, mungkin karena rasa gurih dari garingnya ikan yang kriuk, kemudian rasa manis dari segarnya daging ikan alami, lalu pedas cabai, asem dari perasan jeruk pada sambal dan rasa asin yang juga menyertai sambal. Pas Deh, 5 rasa.

Sedangkan untuk Mie Goreng Baba Celup, ini sebetulnya tak beda dengan Ifu Mie, namun diletakkan di piring hotplate, sehingga memiliki rasa panas yang lebih tahan lama. Isian seafoodnya sendiri cukup melimpah dan kuah kentalnya pas, tidak terlalu asin, tidak terlalu manis. Tipikal menu yang bisa dimakan baik oleh orang Indonesia yang sangat cinta rempah dan dapat juga diterima lidah Eropa yang minim bumbu.

Hidangan Penutup, waaah … ini yang paling saya suka. Gang Ti Bo namanya. Artinya saya juga tidak tahu apa, tapi untuk rasa, saya akan berkomentar dengan sejujur jujurnya, bahwa kue Gang Ti Bo ini sangat enak. Rasanya manis, manis madu. Rotinya sendiri dipanggang dan menghasilkan rasa seperti sponge namun tetap bertekstur kuat. Bercampur dengan ketan hitam dan ice cream vanilla, gang ti bo ini menjadi hidangan penutup yang sempurna.

Gimana? Pengen menikmati masakan peranakan dengan nuansa berkelas? Merah Delima sangat cocok untuk anda menjamu rekan kerja, keluarga atau kekasih. Selamat Menikmati.

Informasi Restaurant

Nama Merah Delima
Alamat Jl. Adityawarman No. 47 . Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telephone +62 21 7265112
Jam Buka
Jenis Masakan Peranakan
Harga Rp. 35.000 – Rp. 200.000,-
Tipe Semi Fine Dinning
Suasana Oriental
Merokok Ada Ruang Merokok dan Ruang Tanpa Rokok
Busana Rapi, semi formal
Lain – lain Di rekomendasikan untuk Reservasi terlebih dahulu; cocok untuk digunakan menjamu relasi bisnis, keluarga dan arisan juga pesta pernikahan maupun ulang tahun pernikahan.

Menunggu Pesanan

Mie Goreng Baba Celup

Ikan 5 Rasa

12 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>