Menikmati daging BBQ di Qsmokehouse Factory, Daging yang di asap selama 8 – 12 jam

“Apa sih Authentic Barbeque itu?”.  Kalau merunut dari sejarah BBQ di Texaz Amerika sana, jika seseorang menyebut “Yuk Barbeque-an”, berarti memasak dagingnya bukan cuma sekedar daging mentah yang kemudian diletakkan diatas panggangan atau di grill, melainkan membutuhkan persiapan paling nggak sekitar 8 – 12 jam, sebelum akhirnya daging siap untuk di nikmati.

Kira kira demikian prosesnya. Daging segar dimasukkan dalam sebuah alat bernama smoker yang memang digunakan untuk mengasap daging. Bahan bakarnya sendiri mesti ranting dari pohon buah, lebih sedapnya menggunakan ranting pohon apel, namun pohon rambutan atau buah lain juga boleh.

Lalu, daging dimasukkan dalam smoker tersebut dan setiap 15 menit selama 2 jam pertama, harus di semprot dengan sari buah apel, fungsinya untuk menghilangkan rasa sepet yang akan merusak taste sebuah daging asap nantinya ketika dimakan.

Usai 2 jam berlalu, daging di bungkus dengan alumunium foil, kemudian dibiarkan dalam alat asap tersebut selama lebih kurang 6 – 8 jam.

Demikian total 8 – 12 jam sudah berlalu, barulah daging di celup ke saus BBQ dan di grill untuk mendapatkan garis garis yang cantik.

Waaah ribet ya … tapi, jika anda ingin menikmati Authentic BBQ, di Jakarta ada kok. Nama restonya Qsmokehouse Factory. Mereka mengklaim, di Jakarta yang memiliki alat smoker untuk daging ini hanya mereka, dimana alat ini langsung di datangkan dari Amerika. Pemilik resto sendiri Pak Dony memang belajar membuat BBQ dan lama sekali tinggal di Amerika.

Rasa Daging Barbeque

Q-Rib Eye Hawaian - BBQ Combo Rib - Back Rib

Daging yang dimasak dengan teknik BBQ ini memiliki rasa yang sangat berbeda dari steak biasa. Seperti ketika saya mencoba yang namanya BBQ Short Rib. Daging sapi yang diambil dari bagian iga ini memiliki rasa daging yang benar benar beraroma asap. Namun, nggak sepet, karena sudah diracik bersama dengan sari buah apel tiap 15 menitnya selama 6 jam.

Jika dibanding steak yang di Grill, daging BBQ ini memang lebih padat. Kita pun dipastikan tidak bisa memilih tingkat kematangan (rare, medium atau well done). Karena semua dipastikan sudah dalam posisi well done. Yaaa, diasap selama 8 jam tentu daging sudah matang sempurna.

Sungguh pengalaman menikmati steak yang sangat berbeda. Tapi, jika anda kemari, bukan berarti semua daging sudah dalam keadaan masak BBQ, disini juga jual steak yang di Grill dan steak setengah BBQ setengah Grill.

Menu yang ku coba :


Q Rib Eye Hawaian : Dagingnya sangat empuk dengan citarasa manis. Rasa yang didapat antara lain aroma bawang bombai, lada hitam, kecap asin jepang (menimbulkan sedikit seperti rasa teriyaki) dan rasa segar nanas juga vinegar.

Back Rib : Jika anda memesan ini, pastikan perut anda dalam posisi lapar (bagi wanita). Karena porsinya cukup jumbo. Yang istimewa dari steak ini selain rasanya, juga sausnya. Waaah, jangan pernah lewatkan mencocol saus yang diletakkan dalam botol ini. Rasa tomat yang segar dan hebatnya panas saus ini bahkan bertahan sampai kami pulang (2 jam masih panas).

Q-BBQ Steak : Steak berlumur saus berwarna coklat ini memiliki keempukan daging yang hampir sama dengan Q-Rib eye hawaian. Ini adalah menu setengah BBQ setengah grill. Karena hanya di smoke selama 3 jam kemudian langsung di Grill.

Chimi Curri : Nah yang ini adalah bagian Sirloin yang di marinate 2 jam dengan juice apel. Jadi, meski tidak menimbulkan jejak aroma apel, namun daging ketika dikunyah akan menimbulkan sensasi segar. Apalagi steak ini dipenuhi oleh sayur sayuran segar. Nyaaam …

BBQ Combo Rib : Yang saya suka dari menu ini adalah bagian brisket-nya yang memiliki tektur daging sangat lembut. Di hidangkannya pun dengan roti, jadi memiliki tingkat kenyang yang sempurna …

Sedangkan untuk menu pembuka-nya kami mencicip yang namanya Fried Mushroom. Wow, luar biasa, saya sangat suka jamur ini. Jadi ini adalah jamur yang dimasak dengan baluran tepung roti, dimana isinya terdapat daging ayam dan keju parmesan. Rasanya sangat gurih dan begitu mantab dimakan bersama dengan steak baik yang di Grill maupun yang di BBQ.

Usai makan kenyang, minuman segar yang cocok adalah Mojito SQ. Yaitu minuman yang terbuat dari lime dan daun mint yang ditumbuk lalu diberi sirup vanila, madu dan soda. Segaaar … Atau Thai Green Tea yang memiliki aroma seperti permen karet. Slruup.

Untuk harga, hidangan yang ada disini cukup murah untuk kelezatan yang akan kita dapat. Aneka steak BBQ dan Grill ini bisa kita dapatkan dengan harga antara 65 ribu – 95 ribu rupiah. Dan sebagai peringatan, porsi yang ada disini bisa dibilang hampir semuanya besar, jadi kalau makannya dikit mungkin bisa beli 1 untuk ber 2.

Informasi Restaurant

Nama Qsmokehouse Factory
Alamat Jl. Panglima Polim IX No.16. Jakarta Selatan
Telephone +62 21 7200671
Jam Buka 11.00 – 22.00
Jenis Masakan American (BBQ)
Harga Rp. 45.000 – 90.000,-
Tipe Cafe and Restaurant
Suasana Santai
Merokok Bebas
Busana Casual
Lain – lain Cocok untuk anak muda, keluarga, arisan dan nongkrong usai pulang kerja menunggu macet

penulis : catur guna yuyun angkadjaja. dokumentasi : wisataseru.com




3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: