Laksa Pengantin menunya Pengantin Betawi

Laksa Pengantin

Meski sudah lama menetap di Jakarta, saya yakin, banyak yang belum pernah menikmati gurihnya Laksa Pengantin. Ya, karena makanan tradisional warga Betawi ini sejak dahulu kala memang cuma ada ketika akan ada hajatan pernikahan.

Namun, di era yang makin modern ini, Laksa Pengantin nyaris tinggal nama karena sudah sedikit warga Betawi yang masih membawa tradisi Laksa Pengantin di upacara penikahan mereka.

Sejarah Laksa Pengantin

Cerita dibalik munculnya menu Laksa Pengantin ini sendiri kira kira seperti ini. Ratusan tahun silam, Calon Mertua dari mempelai pria tentunya ingin memiliki menantu yang nggak cuma cantik, namun juga memiliki kepiawaian memasak.

Maka, ketika acara lamaran dilakukan, pihak mempelai pria akan memberikan seperangkat perabotan rumah tangga, paling tidak untuk mengisi kamar pengantin kepada mempelai wanita.

Dari sekian perabot yang diberikan, terdapat satu perabot berbentuk lemari atau peti yang berisi sayuran. Dimana nantinya sayuran ini wajib di olah oleh calon mempelai wanita menjadi sebuah makanan yang lezat, sebagai pemberitahuan kepada mertua, “Ini loh mantu-mu pinter masak”.

Usai menyantap hidangan tersebut, barulah sang mempelai wanita diperbolehkan dibawa oleh mempelai pria keluar dari rumah mertua wanita.

Nah tapi ada lagi nih, versi lain, yaitu Tiga hari setelah menikah, mempelai perempuan diboyong ke rumah pengantin laki-laki yang lalu mengadakan pesta dengan hidangan laksa.Ya entahlah mana yang benar, yang jelas Laksa Pengantin ini enak sekali, sayang kalau sampai punah.

Rasa dan Seperti apa sih Laksa Pengantin?

Rasanya wew, gurih sekali kalau buat saya. Kuahnya yang kuning santan bak kuah kari, sangat ringan di lidah karena menggunakan kaldu ikan dan udang. Isiannya bisa bermacam, tapi standartnya seperti yang saya makan ini berisi : bihun, suwiran ayam, telor rebus, ikan teri dan kentang.

Hm, meski sudah langka penjualnya tapi jangan kuatir saya sudah catat alamat yang jual Laksa Pengantin enak yang menerima pesanan hehee… Ya, dulu di tahun 70an, makanan ini sempat populer di warung warung Jakarta, tapi kini sudah nyaris lenyap.

Alamat penjual Lasa Pengantin. UD Shinta. Jl. Dukuh V/41 Jakarta. 021 95349334 atau 08170762152 (Pak Qubil)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: