Kambing Batibul di Sindbad, Empuknya bukan Main

Mau cari hidangan kambing muda bakar yang empuk mrepul, bahkan disenggol dengan sendok saja dagingnya sudah pisah dari tulang? Yuk, mungkin anda perlu datang ke Sindbad Restaurant di kawasan KS Tubun Jakarta Barat.

Kemarin, saya dan kawan kawan datang ke Sindbad Resto, resto khas Timur Tengah khususnya dari Yaman Saudi Arabiah. Wah luar biasa, kami memesan Khuzi Fahat Mashwi. Ini adalah makanan yang terbuat dari kambing muda yang dibumbu terus di bakar. Wow, ini sungguh sajian yang sangat luar biasa. Karena daging kambingnya benar benar empuk, bahkan disenggol dengan sendok saja, langsung terpisah daging dari tulangnya.

Rasanya pun, asam manis yang cukup membuat gairah makan bertambah. Jadi, kambing ini sendiri dapat seempuk ini karena menggunakan kambing muda yang masih berusia 3 bulanan. Hm… begini, bisa anda bayangkan, paha kambingnya yang utuh tak lebih besar dari piring saji, atau kira kira hampir sama dengan ukuran paha bebek. Kecil sekali bukan? Penggunaan daging muda inilah disebut sebut Bu Firjah, pengelola Sinbad Resto ini, sebagai rahasia kelezatan kambing bakarnya.

Ketika saya rasa di lidah, wow … ternyata memang benar empuk karena menggunakan kambing muda segar. Saya sebut demikian karena saya dapat menemukan rasa juicy kambing yang tak mungkin di dapat jika dia telah melalui proses perebusan. Benar benar luar biasa. Soal bumbu sendiri, tampaknya daging kambing ini dibalur dengan tomat segar yang dihancurkan, lalu ditambah dengan gurih manis bawang bombai, ketumbar, lada hitam dan garam. Mantab sekali.

Kemudian datang pesanan selanjutnya yang merupakan menu spesial resto ini. Reeyass. Di sebut spesial karena dalam sehari stoknya sangat terbatas, jika dalam sehari Sinbad memotong 7 kambing, maka makanan ini dalam sehari hanya menyajikan 7 porsi. Untung hari itu saya masih mendapatkan Reeyass. Reeyass sendiri adalah bagian iga kambing. Namun iga kambing yang ada disini adalah iga anak kambing, sehingga ukurannya tak hanya kecil namun dagingnya juga sangat empuk.

Bumbunya sederhana, hanya ketumbar, garam dan lada hitam. Namun mayonaise – nya luar biasa. Mayonaise bawang putih ini memiliki manis yang sangat lembut dan tidak ada jejak bau bawang, yang tersisa dari campuran bawangnya hanyalah rasa gurih. Hm… jadi, daging yang empuk dan agak asin ini, begitu di cocol dengan mayonaise bawangnya, wow .. dijamin makan seporsi, kurang.

Sudah 2 menu bernuansa daging kambing, sekarang datang pesanan bernama Akda Dujaj. Yaitu menu yang tampilannya full of kentang goreng sementara dagingnya sendiri bersembunyi di dalam serakan sang kentang. Dujaj ini bahasa Indonesianya, ayam. Ya, ayam goreng yang kemudian di tutupi oleh serakan kentang goreng yang tampaknya ditumis dengan buah tomat segar, bawang bombay dan masih banyak bumbu lainnya.

Usai makan kenyang, kami pun masih membungkus yang namanya Syawerma. Sejenis kebab yang mana kita bisa memilih mau ayam atau kambing. Ditemani kentang, wow syawerma ini sudah membuat perut kenyang. Ya, beginilah hidangan pembuka orang Arab; porsi besar dan bagi saya sudah merupakan makanan berat.

Menikmati Syaerma ini tampak sangat cocok dengan minuman jus kurma yang terbuat asli dari buah kurma dan susu sapi segar. Rasanya? Benar benar membuat orang ingin kembali lagi.

Oya, jangan heran, kalau kesini 80% pengunjungnya orang Arab Asli yang intip dengar omong-nya menggunakan bahasa Arab. Maka, Untuk mengimbangi jumlah pelanggan yang mayoritas berbahasa Arab, maka karyawan pun hampir semua fasih bahasa Arab.

Soal harga, untuk ukuran sebuah resto Fine Dinning, tergolong sangat terjangkau. Harga bekisar dari 30 ribu – 70 ribuan perporsi.

Informasi Restaurant

Nama New Sindbad
Alamat Jl. KS Tubun no 2, Petamburan, Jakarta Barat
Telephone +62 21 5308366
Jam Buka
Jenis Masakan Yaman – Timur Tengah
Harga Rp.
Tipe Semi Fine Dinning
Suasana Timur Tengah
Merokok
Busana Casual
Lain – lain Dapat melakukan pembayaran by transfer

Reeyass

Akda Dujaj

Bersama Bu Firjah

Yuyun, Khuzinya dihabisin sendiri

Agus katanya gak doyan, ternyata habis banyak

Ridho, kurus kurus rakus hehehee ... enak ya do




9 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: