Etika Berbisnis yang Di Berkati ala Kingdom Business Community

KBC, Kingdom Business Community merupakan sebuah Komunitas Dunia Usaha yang Berpusatkan Allah. Dimana, camp camp yang diadakan sering menjadi problem solving bagi kebanyakan pelaku usaha yang tengah tak bergairah dan menjadi bahan bakar bagi mereka yang sedang giat giat-nya menjalankan usaha.

Di camp ini, terjawablah pertanyaan-pertanyaan:

– Apa sih arti sukses yang sejati?
– Bagaimana sih bekerja yang berkenan di hadapan Allah?
– Emang bisa kita memiliki perusahaan besar yang bersih?
– Emang kita bisa kaya kalau kita jujur?
– Emang bisa, kerja sama dengan pemerintah namun tetap jujur dan bersih?

dan emang bisa emang bisa lainnya tentang dunia usaha akan dibahas di camp ini. Dan ketika benar di jalan kan oleh sejumlah penguasaha yang pernah mengikuti camp ini, hasilnya benar benar nyata. Perusahaan mereka diberkati, menjadi lebih besar dari sebelum melakukan hal hal yang benar.

Tak hanya mendapati kenyataan, perusahaannya maju pesat, kehidupan rumah tangga jauh lebih baik dan juga hati lebih tentram karena tidak memikul pelanggaran dan selalu bertindak jujur dalam setiap langkah.

Di camp ini pula selalu diberi solusi atas setiap pertanyaan yang kita ajukan. Pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh ahlinya. Ahli bukan dalam arti teoritis, tapi langsung pelaku, seperti salah satu yang dapat menjadi konsultan bisnis kita langsung adalah Pak Paulus Bambang.

Seseorang yang telah malang melintang di PT Astra International Tbk dan kini menjabat sebagai Vice President Director Marketing & Operation PT United Tractors (UT) Tbk.

Pak Paulus Bambang ketika memberi materi

Pembicara Tamu : Built To Bless (Paulus Bambang)

Inti dari pelajaran yang saya tangkap selain jelas terdapat pada tema pembicaraan adalah bahwa dalam menjalankan perusahaan, besar atau kecil, kita harus memulai dengan langkah yang benar dan pada prosesnya pun benar.

Seperti dari hal hal yang sederhana, yakni penggunaan software komputer yang asli. Dia menjelaskan, microsoft nggak akan miskin dengan kita membajak software-nya, tapi kita sudah memulai langkah usaha dengan awal yang salah. Jika kita berada di posisi pemilik hak cipta dan karya kita dibajak orang seenaknya, kita juga ada perasaan kesal. Nah, makanya kita jangan membajak meski kita juga tak membuat pemilik hak cipta jadi miskin.

Solusinya, kalau kita memang belum mampu membeli software asli, ya sudah pakai yang gratisan juga banyak, misalnya Linux. Memang kita jadi membutuhkan waktu untuk belajar dulu, apa itu Linux, tapi kita sudah melakukan proses yang benar. Jika proses benar, maka rejeki juga akan datang saja.

Lalu, jika membuat usaha, haruslah usaha yang benar. Bukan usaha jual DVD bajakan, usaha jual beli narkoba, usaha toko tas tas merek tapi palsu dll. Usaha yang benar versi Pak Bambang adalah usaha yang memang orisinil. Kalau mau buka toko DVD yang DVD asli. Kalau belum punya modal ya cari kerjaan yang lain dulu untuk mengumpulkan modal membuka toko DVD asli. Namun cara ketika mengumpulkan modal juga harus cara yang benar. Bukan mengumpulkan modal dengan cara menipu atau hal tidak baik lainnya.

Contoh lain adalah korupsi korupsi dari yang besar sampai yang kecil. Misalnya yang termudah adalah pengemplangan pajak. Ini jelas sebuah dosa, karena Allah sendiri sudah memerintahkan pada kita untuk membayar apa yang harus kita bayar pada pemerintah. Dengan perusahaan yang bersih, maka perusahaan pun akan terbebas dari ketakutan pajak.

Sadar pajak pun, akan membuat para pegawai pajak tak memiliki kesempatan untuk berbuat tidak benar. Karena bukankah, kejahatan kadang terjadi karena ada kesempatan?

Kemudian yang terpenting juga adalah Kesejahteraan Karyawan. Dimana jika kita harus mensejahterakan karyawan, karena merekalah orang orang yang sudah membuat perusahaan kita jaya. Mulai dari pembantu rumah tangga hingga karyawan paling rendahan dikantor sampai tingkat direktur, semua harus mengalami kesejahteraan.

Keuntungan bagi kita pengusaha? Tentu pertama adalah setiap hari ribuan orang mendoakan supaya kita selalu sehat sehingga mereka tetap dapat rejeki dari kita. Kemudian jika kita keluar dari rumah, kita juga merasa lebih tenang karena pembantu di rumah pasti akan menjaga rumah kita dengan baik dan terpenting mereka akan menjadi seorang pegawai loyal yang akan terus memberikan ide terbaiknya buat perusahaan kita.

Waa,… semua yang dibicarakan, saya tau persis Pak Paulus bukan sekedar bicara, tapi juga melakukan. Karena saya juga punya teman di Astra dan kesejahteraannya memang luar biasa dan teman saya selalu bekerja dengan sangat semangat karena sangat menyukai lingkungan kerjanya. Bravooo buat Pak Paulus …

Pada sesi ini pula Pak Paulus menceritakan ke kagumannya pada mantan Bos-nya yang menjadi inspirasi Pak Paulus untuk menjalankan Profesinya mulai dari terjun langsung di Astra sampai pindah halauan ke Penambangan di United Tractors.

Almarhum Pak William, Pendiri Astra, sosok yang sangat berpegang teguh pada prinsip-prinsip ilahi dalam menjalankan bisnis. Ia rela mengorbankan meninggalkan bisnis yang dirintisnya, Astra, untuk menolong anaknya pada kasus Bank Suma. Sehingga ketika itu, seluruh nasabah Bank Suma tidak ada yang merasa di rugikan seperti kasus nasabah Bank Century.

Akhirnya, prinsip Pak William sampai saat ini masih melegenda di hati karyawan Astra. Saat itu ketika Pak William berpamitan pergi dari Astra, hampir seluruh karyawannya menitikkan air mata. Kini, meski Pak William telah tiada, tapi ia tetap menginspirasi ribuan mantan karyawannya di Astra.

Pak Julian sedang memberi materi

Sesi Pertama : 6 Harta Kehidupan

Pada sesi pertama ini, pembicaranya adalah Bp. Julian Foe, M.Ed (Senior Consultant & Senior Trainer PT. Qarakter Tuai Qarakter). Inti dari Pelajaran ini adalah Bahwa dalam Bekerja kita tak boleh hanya selalu memikirkan profit. Karena dengan orientasi pada keuntungan, biasanya kita akan melupakan hal hal yang sebetulnya lebih penting.

Misalnya: Demi keuntungan kita lantas menghalalkan segala cara sehingga berujung pada ‘dosa’ yang dibenci Allah, atau demi menambah pundi pundi kita lantas bekerja terlalu keras sehingga mengabaikan kesehatan dan akhirnya dana pensiun bukannya dinikmati justru digunakan untuk berobat, bahkan tak sedikit karena terlalu berjuang demi profit lantas keluarga tercerai berai, suami/ istri ikut orang lain, anak anak pun tak jelas arahnya.

So, ia pun membagi harta menjadi 6. Yakni Harta Rohani, Harta Jiwani, Harta Tubuh, Harta Hubungan, Harta Keluarga dan Harta Benda.

Ke 5 Harta diibaratkan bola kaca yang ketika jatuh maka akan pecah atau retak dimana meski diperbaiki akan memberikan bekas. Sedangkan harta yang disebut terakhir bernama Harta Benda adalah bagai bola karet yang ketika terjatuh, maka ia dapat kembali membal ke atas.

Perumpamaan yang sangat jelas untuk menggambarkan, betapa harta roh, jiwa, tubuh, hubungan dan keluarga adalah jauh lebih berharga daripada terus mengejar harta benda tanpa memperdulikan ke 5 harta tersebut.

Namun, bukan berarti kita sibuk terus membina ke 5 harta utama dan mengabaikan harta benda. Karena tak dipungkiri pula kita hidup di dunia yang membutuhkan dana. So, intinya adalah keseimbangan dan tahu bagaimana harus memulai sebuah usaha, bertindak dan memecahkan persoalan usaha dengan tanpa mengabaikan ke 5 harta utama.

Karena toh pada akhirnya, jika kita bertindak benar, jujur dan berada di jalur Tuhan, maka rejeki pun akan datang dengan sendirinya. Sedangkan uang yang di dapat dengan tindakan yang kurang benar maka pundi pundi pun seringkali terkuras untuk hal hal secara tiba tiba dapat saja terjadi dan tak terduga. Misalnya sudah sukses terkenal, tiba tiba saja tersandung skandal korupsi atau sakit keras dan lain sebagainya.

Hal ini kemudian diperkuat dengan kesaksian sejumlah pengusaha besar yang dulunya sempat mengalami frustasi karena meski mencapai karier yang baik, namun ada saja hambatan tak terduga.

Hampir semua peserta adalah pengusaha, hehehe sampai sempat minder, tapi mengingat pencerahan yang ku dapat, aku merasa beruntung ikut camp ini

Misalnya, seorang pria (nggak enak ya saya sebut namanya) yang memiliki karier cukup prestisius di usianya yang masih muda di sebuah perusahaan terkenal. Ia bekerja dengan keras dan menghalalkan segala cara (tapi maksudnya bukan menjilat atasan) supaya perusahaannya meraih banyak keuntungan sehingga ia mendapat pujian dari atasan dan terus naik jabatan. Namun, ketika ia mendapat bonus dari akal akalannya menaikkan omset, selalu saja ada yang hilang darinya hingga akhirnya mobil yang merupakan pencapaian pertamanya, hilang di curi orang.

Sampai suatu saat ia mengikuti camp ini dan merasa begitu malu dengan proses bekerja yang ia jalani saat ini. Ia pun memulai hidup baru dengan hanya bekerja secara benar. Tak disangka, nggak cuma hatinya yang tentram, ternyata dengan ia berlaku benar, klien justru banyak menaruh percaya padanya dan karier dia saat ini jauh lebih bagus daripada ketika susah payah bekerja dengan akal akalan.

Dan masih banyak contoh lainnya lagi sih. Intinya ketika mereka menjalankan sesuatu dengan benar maka hasilnya pun akan baik. Pohon yang baik tidak menghasilkan buah yang buruk.

Oya, juga ada pula yang dari segi finansial dan karier, sudah sangat TOP dan bisa dibilang prestisius. Namun karena kegilaannya terhadap pekerjaan, rumah tangganya nyaris hancur. Suaminya hampir di ambil orang, anaknya pun tanpa ia sadari telah dewasa dan menjadi anak nakal yang diluar kontrol.

Sampai akhirnya ia memutuskan untuk menyeimbangkan 6 harta yang ia miliki. Meski awalnya sangat berat karena ia harus meninggalkan Jabatan luar biasa menggiurkan, namun ternyata kini ia baru sadar, “Ini dia yang selama ini saya cari, kedamaian”. Sekarang, anaknya bak sahabat dengan dia. Suaminya pun kembali dan menjadi suami yang sangat baik jauh di luar dugaan dia.

So, 6 harta ini mesti seimbang. Ayooo ayooo, kalau cuma baca kayaknya gak seru banget. Mending datang ikut campnya aja sendiri. Jadwal camp dan info lainnya, coba di www.suksessejati.com

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




7 comments

  • iya oce apik,… harusnya pelajaran yang ada di camp ini diajarkan waktu pelajaran etika bisnis di kuliah. supaya terbangun sebuah generasi yang nantinya bekerja dengan pemikiran baru dan benar .. ceileeeee …

    semua pengusaha mestine ikut camp ini, so pasti Indonesia maju luar biasa. Tak ada kongkalikong proyekan yang merugikan bangsa dan nggak ada karyawan ngenes saking miskinnya. wakakakkaaaa

    cuma 1 nih oc, yang paling ngebuat aku kepikiran abis ikut camp … soal software … ahahahahaa

  • Wah wah bagus banget Yun artikel mu… Semua materinya kamu serap yah. Good good. Btw, mana Yun artikel makanan waktu camp yang sangat uenaakkkk itu. Hehehhehe.

  • rereeee 🙂 dirimu terlalu memuji 🙂 aku jadi malu 🙂 eheheee… makasih ya re … yang makanan itu yang resep udah aku masukin di kolom resep hihihiihiii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: