… dan Aku Jatuh Cinta di Batam

Perjalanan ke Batam kali ini benar-benar membuatku jatuh cinta. Sekalipun diiringi dengan rintik gerimis, tapi..mungkin justru itu yang membuat suasana makin romantis… ceile…

Batam, sebuah kota di kepulauan Riau. Mungkin buat orang Singapura, mereka justru lebih mengenal kepulauan ini. Untuk bepergian ke Batam dari Singapura dapat ditempuh dalam waktu 45 – 60 menit, tergantung naik Ferry apa dan turun di pelabuhan yang mana.

Biaya untuk naik ferry adalah antara SGD42 – SGD48 untuk perjalanan pulang pergi, yang mana cukup terjangkau bagi warga Singapura menyebabkan banyaknya pendatang dari Singapura terutama di hari Sabtu-Minggu. Mereka dengan senang hati meluangkan waktu untuk berbelanja, facial, spa, berlibur sejenak meninggalkan negara Singapura yang hectic dan serba mahal.

Selain terkenal dengan biaya yang lebih terjangkau, maka ada beberapa makanan yang bikin kangen untuk kembali datang ke Batam, terutama untuk lidah-lidah Jawa Timur seperti kami ini. Jujur, meskipun sekarang lidah ini sudah agak terbiasa dengan rasa makanan yang sedikit hambar di Singapura, tapi aku ngga akan melewatkan kesempatan untuk makan masakan Indonesia asli yang bumbunya begitu menggoda… hehe

Kalau wiserukers ada kesempatan ke Batam, jangan lewatkan masakan khas batam yang satu ini. AYAM GORENG BAWANG. Tentu saja bukan makan di sembarang tempat. Ada satu tempat yang harus dituju untuk makan Ayam Goreng Bawang ini, yaitu di ADI-8.

Sophia bersama dengan Pak Adi dan Bu Erna

Pemilik depot ini bernama Adi dan Erna. Berbekal dengan pengalaman tahunan di salah satu Restaurant ternama di Surabaya, akhirnya ketika diharuskan pulang kampung, Adi memberanikan diri membuka usaha depot ini. Saat ini depot Adi-8 tidak membuka cabang dikarenakan pelanggan selalu ingin Pak Adi sendiri yang memberikan sentuhan cita rasa dalam masakannya. Kata pelanggan “Kalau bukan pak Adi yang masak, rasanya beda”. Pelanggan pun berdatangan bukan hanya dari Batam, tapi juga warga Indonesia yang tinggal di Singapura dan bahkan orang Singapura sendiri.

Ketika kami kesana, ada beberapa menu yang kami coba, seperti : Ayam Goreng Bawang, Sayur Daun Dewa (? atau apa ya namanya,namanya aneh sih..trus kapan hari udah aku catet, ilang notes ku huhu), Gong Gong (aku lupa di menunya di tulis apa), Ikan Goreng Kecap HongKong (ikan dibalur dengan tepung roti, dimakan dengan kecap Hong Kong), Otak-Otak, dan Kepiting.

Yang nggak bisa dilewatkan adalah ayam goreng bawang dan sayurnya. meskipun penampilan nya sederhana, tapi rasanya aduhai…bikin jatuh cinta. Sayurnya itu anehh banget, tapi enak…sungguhan, itu sayur ditambahi apa gitu..ntar coba deh kalo pada kesana tanya ama pak adi ato bu erna, ato bisa save deh gambarnya disini.

Sayur yang harus dipesan

Ayam Goreng Bawang

Ayam Goreng Bawang

Ayamnya bener-bener beda dari apa yang pernah kami makan sebelumnya. Kriuk kriuk dan renyahnya..hmm…sampai tak terkatakan.Terus seafood nya juga berasa fresh banget. Otak-otaknya juga enak, ada 2 macem otak-otak, yang satu agak manis, yang satu agak pedas. Hmmm…pokoknya makanannya enak-enak deh. Jadi pengen nyoba pesen yang lain juga lain kali.

Dan ga pake basa-basi lagi, sempetin deh ke alamat di bawah ini kalo pas lagi di batam. dijamin ga nyesel deh 🙂

ADI-8, Komplek Anggrek Permai Blok B No 6. Hp: 0812 7787 225. Flexi: 0778 725 4385. Buka: 16.00 – 23.00 WIB.

Potongan Cabe

Potongan Cabe

Ikan Goreng Kecap Hong Kong

Ikan Goreng Kecap Hong Kong

GongGong

GongGong

Kepiting Segar

Kepiting Segar




13 comments

  • hiyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa tampak enak lezat dan aku jadi lapar …. hiks, malam malam ngeliat artikel ini, cuma bisa berharap mimpi nanti bisa ke Batam dan makaaaan…

  • batam itu apa aja ada dr makanan sampai tas hehehehe… tp kl kesana ga boleh lupa ke 2 tempat, soup ikan yonki n ikan bakar pak gendut (kl disini cenderung mesen ikan goreng sih… n sambelnya namparrr bgt enaknya)

  • nelson : nelson hai,…aku barusan liat blog mu hehehe lucu banget 🙂 apalagi post pertama hahahaha …. gimana? udah dapat calon yang jelas? hihihiii … ee tapi aku kok gak bisa komentar yach, mesti masuk blogspot atau apa dulu gitu … gak ngerti deh

  • harus nyoba ayam goreng bawangnya…enak banget.
    hehe

    gonggong nya iya, kayaknya dmana2 ada. fish soup nya jg mesti nyoba..
    ikannya seger

    hehehe

    enjoy ur trip 🙂

  • aku sering ke batam, tapi ngak tau tempat makan yg enak, selalu saja makan di foo court Nagoya hill dan BCS..oouuu..sedihnya..besok2 pengen aahh…ayam goreng bawang dan ikan bakar pak gendut…itu dimana ya?

  • Saya asal dari jatinangor sumedang, dan sekarang tinggal di Batam, saya sudah 12 tahun tinggal di batam samapai sekarang, dan memang apa yang di katakan mbak sophia memang betul sekali…..! di batam banyak makanan campuran antara khas riau ( Batam ), Nusantara dan paduan antara beberapa negara.saya sendiri makanan yang ada dibatam sudah saya cobain semua, emang sebagian ad yg bikin kantong kering, tapi citra rasa gak berpikir ke situ, jadi jika ada yang mau kebatam saya siap bantu anda untuk kuliner. “I love Batam Island”

  • Makasih ya infonya, enak banget ayam bawasng gorengnya dan gonggongnya, sampai bungkus tuk oleh2 keluarga yg dirumah n barang2nya relatif murah dibanding yogya. Jika mau ke yogya disana kulinernya buanyak sekali nn enak2 juga n dikota lain gak ada, silahkan ke yogya ya..well come yogya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: