Horeee… Pilot Bandung terbangnya ga usah jauh-jauh lagi

Mas Jajang, "Mejeng di Gantole kawan dulu ah"

Bener banget… barudak Bandung  sekarang ga perlu jauh-jauh lagi pergi ke Puncak atau Gunung Haruman Garut buat sekedar menyalurkan hobby mereka akan paralayang maupun gantole.

Ya… belum lama ini pemerintah Kabupaten Bandung Barat sudah membebaskan lahan rakyat di dua lokasi, yaitu Kecamatan Cililin dan Kecamatan Cihampelas. Kenapa dua kecamatan? Karena memang area launchingnya masuk daerah Kecamatan Cililin sedangkan area landingnya masuk kecamatan Cihampelas.

Pemilihan lokasi ini dilakukan setelah pengurus FASI-PLGI Jawa Barat khususnya Bandung Barat membutuhkan area penerbangan dalam menghadapi olahraga provinsi  Jawa Barat yang rencananya diselenggarakan Juli 2010.

Karena masih baru, jangan heran ya kalo lokasinya masih serba terbatas. Launching pad yang masih belum steril dari lalu lalang motor hingga lokasi landing yang masih banyak pohonnya sehingga cukup mengganggu buat penerbang pemula saat approaching. Apalagi kalo overshoot saat mendarat, nyemplung ke sawah menjadi hal biasa.

Mas Jajang n Pecinta Paralayang

Saat saya mencobanya diakhir bulan mei (26/5) bersama teman-teman dari klub Papatong Bogor dan Gantole Bandung, sempat beberapa kali terjadi gagal take off dan beberapa kali juga kejadian landing di sawah. Untung saja tidak ada cedera fatal yang dapat mengganggu keasyikan kita menjajal tempat baru ini.

Nah, buat anda yang ingin menjajal tempat baru ini gak usah khawatir karena pemerintah Bandung Barat dalam waktu dekat membangun seluruh fasilitas penerbangan di lokasi untuk menghadapi pekan olahraga provinsi Juli 2010. Jadi bisa jadi ketika anda berkunjung ke sini, tempat ini sudah menjadi area terbang yang nyaman, baik dari akses maupun area terbangnya.

Menuju Lokasi

Kalo anda tertarik datang ke sini, gampang aja kok. Karena lokasinya ga jauh dari markas Kopasus Batujajar dan pasar Cililin. Catat ya data lengkapnya.

– Entry point: kampung Cihurang desa Singajaya, kecamatan Cihampelas.
– Launching: Pasir panjang, kampung singajaya Cililin. S 06°57.532’ E 107°28.288’ ketinggian 1063 m dpl.
– Landing: Kampung Cihurang desa singajaya, kecamatan Cihampelas. S 06°56.987’ E 107°28.950’ ketinggian 724 m dpl.
– Beda ketinggian launching – landing 339meter
– Jarak 1,60 km

Terbaaang Tinggi

BISA TERBANG JAUH

Perbukitan di Cililin ini bila diperhatikan sebenarnya memanjang hingga ke Kabupaten Garut. Jadi buat XC Lovers terbang Cross Coutry sangat mungkin dilakukan. Dalam uji coba awal saja. Kang Kusnadi dengan gantolenya bisa terbang sejauh 10 km, dia terbang dan landing hingga stadion Jalak Harupat di “Soreang” ibu kota kabupatan Bandung.

Catatan: hati-hati dengan dua bukit di samping kiri atau kanan launching dan perhatikan juga menara BTS yang berdiri tepat ditengah-tengah area penerbangan. Jadi gimana, tertarik mencoba area baru ini? jangan lupa perhatikan semua prosedur penerbangan. Soooo “Happy landing & Bonnes vacances J

Penulis: Jajang Dirajanagara (Produser News TPI) – untuk lebih bertanya lebih lanjut tentang artikel ini kepada Mas Jajang, silahkan email ke [email protected] atau ke comment, nanti akan disambungkan ke Mas Jajang pesannya.

Makasih ya Mas Jajang … blog mas jajang : http://rocknrapids.multiply.com

Mendarat

Pilot cangcut, mendarat kok disawah

persiapan terbang




%d bloggers like this: