Yuk … Berburu Kepiting di Sarang Kepiting

Kepiting Saus Asam Pedas

Penggila makanan seafood, anda mesti mampir ke Rumah Makan yang sudah berdiri sejak tahun 1983 ini, Sarang Kepiting!!! Sebagai resto seafood pertama di kawasan Gunung Sahari Jakarta Utara, Sarang Kepiting memang sudah memiliki nama yang dikenal cukup fanatik. Maka nggak heran, jika resto yang baru buka pukul 5 sore dan tutup pukul 12 malam ini selalu saja ramai pelanggan.

Ketenaran nama resto ini memang sempat memuncak pada zaman Gubernur Jakarta masih Ali Sadikin. Saat itu daerah kota begitu meriah pada malam hari. Penjual makanan pun masih belum sebanyak saat ini yang hampir tiap jengkal di kawasan ini adalah rumah makan. Di masa itu, Sarang Kepiting mampu menjual 2 kuintal kepiting dan 4 kuintal udang tiap harinya. Wow, …

Namun, di era daerah kota tak lagi semeriah dulu dan resto sudah menjamur, tentunya penjualan tak lagi sedahyat itu, namun satu hal yang masih tetap sama dan terus dipertahankan di sini, yaitu resep dan pelayanan yang cepat.

Keunggulan makan kepiting disini menurut saya sendiri adalah, tak adanya aroma kepiting yang tertinggal di tangan ketika kita usai makan. Ya, usai makan kepiting biasanya kita mesti mencuci tangan hingga berulang kali, itu pun terkadang masih tercium baru amis kepiting. Tapi disini, anda cukup sekali mencuci tangan dan aroma kepiting pun tak akan anda jumpai.

Kepiting Lada Hitam

Ulik punya ulik, ternyata rahasia terletak pada air untuk merebus kepiting sebelum kepiting di goreng. Jadi, jika biasanya orang merebus hanya dengan air biasa, disini, kepiting direbus dengan menggunakan air yang telah diberi racikan daun salam, jahe, sereh dan gula. Hasilnya? tak hanya kepiting jadi lebih berasa bumbunya, juga aroma amis dari kepiting hilang.

Kedua yang dahsyat disini adalah rasa bumbu nya yang bener bener menusuk sukma pedasnya. Pedas, tapi segar … weleh weleh … mantab betul … yang unik disini untuk rasa lada hitamnya, tersembul juga rasa manis dari susu kental manis. Ya, gula yang biasa digunakan sebagai penyedap diganti dengan susu kental manis yang memiliki rasa manis lebih soft dan mampu menambah gurih rasa bumbu.

Selain lada hitam saya juga memesan saos asam pedas yang seger danΒ  kepiting soka telur asin yang gurihnya minta ampun. Selain terkenal akan aneka kepitingnya, disini juga terdapat menu udang galah bakar yang juga menjadi rebutan di resto ini.

Udang bakarnya memang patut diacungi jempol. Teknik membakar yang pas membuat udang galah ini berasa banget gurihnya. Tak usah dikasih saus apa – apa udang ini sudah enak, tapi jika anda suka sambal terasi, di colek dikit juga akan memberikan sensasi yang luar biasa.

Udang Galah Bakar

Oya, saya juga memesan sayur ginseng yang gurih dan memiliki aroma wangi yang bikin saya nagih nyayur di sarang kepiting. Hm,… aneka menu lezat ini akhirnya ku akhiri dengan minum es belimbing yang oleh pemiliknya, Pak Akbar, disebut sebut jus belimbing merupakan minuman paling pas setelah kita menyantap menu menu berkolesterol ini. Lezaaaat!!!!

Ups, belum selesai, karena saya masih punya hidangan penutup berupa es lontar. Es lontar disini tidak disajikan begitu saja, melainkan dicampur dengan es jeruk murni yang manis segar. Wow … benar benar makan malam yang sangat nikmat.

Detail Tentang Sarang Kepiting

Nama Sarang Kepiting
Alamat Jl Ampera II no 4 – Gunung Sahari – Ancol – Jakarta Utara
Telephone 021 647 12025
Jam Buka 17.00 – 00.00
Jenis Masakan Seafood – Spesial kepiting dan udang
Harga Mulai dari Rp. 12.000
Tipe Rumah Makan
Suasana Resto seafood dengan meja putih panjang
Merokok
Busana
Lain – lain Aneka masakan seafoodnya tidak meninggalkan bau amis sama sekali. Bahkan ketika usai makan pun, tangan tidak akan bau amis.

Ditulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Dapur selalu sibuk

Es Lontar

Catur : "Nikmatnya ..."




%d bloggers like this: