Terpukau Rasa dan Aroma Burger Batok, Burger asli Indonesia

Suasana Burger Batok Resto

Nggak nyangka, ternyata Burger asli Indonesia ini rasanya enak sekali … Pertama dari segi roti, rotinya yang dirancang dengan komposisi resep pribadi, terasa sangat empuk dengan ukuran perut Indonesia yang nggak besar tapi juga nggak kecil. Lalu dari sisi daging, percampuran antara daging, telur dan tepungnya pas … rasa dagingnya bener bener kerasa daging dan yang penting terletak pada aromanya nih.

Berhubung ketika masak daging, dagingnya di ungkep dengan batok kelapa, alhasil asapnya nggak kemana mana atau merasuk kembali ke dalam dagingnya, so rasa asap di dagingnya ini bikin ciri khas yang membedakannya dengan daging burger lainnya.

Dari sisi mayonnais atau bisa disebut mayones racikan sendiri ini juga rasanya sudah disesuaikan dengan lidah Jowo terutama jawa tengah yang suka manis. Tapi manisnya nggak neg, karena kan sudah bercampur dengan asam mayones. Hm, gimana yach? yang jelas buat saya sih rasaya cocok banget.

Dan ini dia yang membuat mengapa pemiliknya berani mengklaim Burger Indonesia, karena Burger yang biasa menggunakan sayur lettuce, disini diganti dengan kol. Sayuran khas Jogja yang biasa digunakan untuk campuran pada sate, nasi goreng , dan atau mie khas Yogyakarta.

Burger Batok

Ternyata??? Wwow, hehehe kol enak juga loh dijadikan campuran Burger. Apalagi mengingat khasiat atau manfaat kol yang kaya klor, kalsium, dan zat besi. Selain itu juga sumber vitamin A, B, C, G, dan U. Dimana aneka vitamin dan kandungan yang ada dapat menyembuhkan luka di perut, penunjang penyembuh kanker dan sakit kepala … dan masih banyak manfaat lainnya yang berguna bagi kesehatan.

Tapi,… ya makanan sesehat apapun, kalau kebanyakan juga gak baik. Kayak obat bisa menyembuhkan penyakit tapi kalau dimakannya kebanyakan juga gak bagus kan??? Minum air kalau kebanyakan juga mabok toh??? hehehe,… jadi kalau ada orang bilang Kol itu bla bla bla … jawab aja, “Ya iya makannya kebanyakan” hihihiii atau, “Ya iya yang bermasalah kan tubuh sampeyan, ada penyakit yang harus pantang” …

Oya, selain burger disini juga ada minuman yang unik unik. Waktu itu saya pesan Kopi Kuwalat. Dimana kopi ini sebetulnya adalah kopi tongkrongan di warung kopi di desa desa sana. Yaitu cara minumnya aja yang beda, yakni gelasnya dibalik lalu kita minumnya dari bawah. Tapi disini dikasih bantuan sedotan biar gak ribet hehehe… aduh daripada jelasinnya bingung, liat fotonya yach … yang jelas, kopinya adalah kopi tanpa ampas dengan rasa kopi asli Indonesia yang tidak membuat mag saya kambuh.

Kopi Kuwalat

Lalu, saya juga pesan teh mbaurekso. Ini si teh poci biasa sebetulnya. Tapi karena di Jakarta susah nian mencari penjual teh poci … waaah rasanya nikmat sekali diminum saat udara dingin begini. Teh khas Slawi tegal yang harum, diminum bersama dengan gula batu dan diseduh pakai kayu manis … yoalaaaaa … yihi yipi enak tenan.

Minum teh ini saya ditemani sama singkong goreng keju yang wow wow wow … enak sekali. Ternyata mereka menggunakan teknik memasak yang berbeda dengan penjual gorengan lainnya. Singkong dibuat dengan metode French Fries .. itu loo kentang goreng beku yang tinggal digoreng aja.

Jadi, singkong yang sudah dipilih direbus dengan bumbu bawang putih. Lalu dibekukan. Kalau ada orang beli, baru digoreng dan diberi taburan keju dan susu kental manis. Waaaah, ya ampuuun mantab sekali. Rasaya gurih garing dan basah didalam dengan rasa keju dan susu yang lumer di lidah… nyam nyam …

Pemiliknya Mbak Indri dan Mas Agung adalah penggagas Burger Batok ini … Hm,… nggak heran kalau banyak berbau Jogja, karena Usut punya usut, mbak Indrinya berasal dari Jogja … hehehee ,… Oya, demi kelezatan yang berkualitas, maka burger pun baru akan dibuat ketika ada yang memesan, jadi ketika sampai di meja, Burger masih dalam keadaan panas … wowowowoowow … aromanya sampai ke ruang kerjaku nih … astaga… aku jadi pengen kesana … wow… burger dan singkong juga nuansa warung yang sangat ngangenin …

Untuk harga juga sangat bersahabat nih, Burger Batok tanpa keju Rp. 12 ribu, pakai keju 13 ribu rupiah, kopi kuwalat 5 ribu dan singkong goreng keju 9ribu rupiah.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Detail Tentang Burger Batok (Rangkuman dari artikel)

Nama Burger Batok
Alamat Jl. Swadaya no 22 Kalimalang Jakarta Timur (Samping Polsek Duren Sawit / Kodam)
Telephone 021 932 58401
Jam Buka
Jenis Masakan Spesialis Burger dan Masakan Jawa (Mie dan Nasi Goreng)
Harga Rp. 7.500 – Rp. 15.000,-
Tipe Kedai
Suasana Alam Terbuka, Santai
Merokok Bebas
Busana Casual
Lain – lain Home Made Roti, Home Made Mayonise, Home Made Daging Burger dan menggunakankol sebagai pengganti letucce

Bir Pletok Jawa

Masak di tutup batok

Teh Baurekso

Singkong Keju

Mb Indri n Ms Agung

Always Fresh

Burger enak bener

Minum Kopi




42 comments

  • Idenya sangat kreatif… !! Sistem ungkep untuk enhance aroma daging. wow.. 😀
    Dan .. haduh teh poci.. jadi kangen Kaliurang 🙁
    Love this artikel so much..

    *btw, avg ku detect ada virus di halaman ini..

  • jie : iyaaa… ide ungkep yang kreatif yach … jadi rasa dagingnya itu full … gak kemana mana … teh pocinya enaaak bener… apalagi nuansa warungnya adem nyantai … slruuup …

    heh??? avg detect virus di halaman ini??? kok bisa yach??? hm,… sudah 2 orang nih bilang, kok bisa sih? aku coba tanya ke IT yach … makasih wat infonya

  • mbak 🙂 sama sama … cie cie dipuji senangnya hehehee … iya aku juga paling suka sama foto tehnya … itu sebenere kalau di gedein lebih keren … tapi karena space untuk foto besar kayaknya gak memungkinkan lagi, jadi yach …. ditaruh di yang kecil kecil deh … 🙂

  • Pingback: Wisata Seru » Blog Archive » ‘Member Get Voucer’ – Total Jutaan Rupiah … Ayo Ikutaaan!!!
  • Aku suka makan Burger. Jadi pengen nyoba nihhh… Jujur aku belom pernah makan Burger Batok, tapi dari liputannya sih sedap banget deh kayanya. Bagi aku vouchernya duongg. Biar bisa norak ke temen2 klo aku dah pernah makan Burger unik. Heheheh.

  • wah q udh prnh mkan burger tp baru kle
    ini nglihat burger kyk gtu.
    burger bathok.
    q pkir burgerny d dlem klapa.
    trnyata g.
    mantap psti rsny

  • salam seruuu!!!

    rere : waaaah keinginanmu yang kuat semoga mengetuk hati Bu Indri untuk memilihmu jadi pemenangnya!!! heheheee … terus tunjukkan keinginanmu mendapatkan voucer ini hehehee,….

    mbak prita : wah kok tau pemilik adalah pencipta buku ‘narketin’? Hm,… ini bisa jadi bahan pertimbangan yang kuat bagi Bu Indri dalam memutuskan pemenang!!! waaaa … terus tunjukkan minaaaat dapat voucer!!! hehehe

    hendy : rasanya so pasti mantab hen … mantab semantab wangi aroma gurih kelapa … heheheheee…. burger isi kelapa??? wah kalau ide gilamu itu bisa menjadi menu baru di burger batok aku rasa dirimu bisa jadi pemenang … ehehehee

    wah Bu Indri pasti bingung nih milih pemenangnya… hehehhee ayo kawan kawan, tunjukkan minatmu untuk dapat voucer burger batok… kesempatan menang terbuka lebar!!! ada 6 voucer untuk comment terbaik

  • burger batoook! pertama kali makan, dibungkusin sama temen. Rasa dagingnya beda banget,serasa makan daging asap. Luar Biasa. Mayonasi memang bener seperti dituliskan di artikel, memiliki rasa manis yang menggoda dan sama sekali nggak neg. Enah deh . jauh lebih enak dari burger biasa, menurutku, hehehee.. tapi karena jauh, terpaksa aku tak sempat kesana terus … tapi kalau dapat voucer, waaah mesti langsung ke sana sama sobat si penulis wakakkakaaa . nyogok nih.

  • Mba Indri Mas Agung,buka dong di Bogor…..
    batoknya boleh dibawa pulang ga? :p

    Btw klo ngeliat kopi yg gelasnya terbalik inget apaan yah….?
    Oh iyah, kaya tempat makanan ayam :p

  • Kalau lihat dari foto burgernya, kelihatan yummy…soalnya aku punya anak cowok satu-satunya, baru Ultah kemarin tgl 2 Juni menginjak usia 11 tahun, sangat menyukai sekali makanan yang bernama Burger…bahkan aku sering mengejeknya dgn sebutan Mr. Burger…heheheh…mudah2an kalau aku dapat vouchernya, aku kasih dia pasti alangkah senangnya dia, kalau di ajak ke burger batok….

  • waaah comment comment yang masuk makin seruuuu!!! menu perkawinan budaya barat dan indonesia ini memang pantas untuk dikunjungi … ayoooo!!! lumayan kan kalau dapat voucer ….

  • wach seruu.. gabungan antara tradisional dan modern,,
    jadi pengen bgt bwt nyobaa… apalagi aroma yg di bakar pakai batok,, MmmmmmMMmm yummy….

  • Alexandra Prisca Priscilla

    mauuuuu yun, bayanginnya aja dah ngiler apalagi tau bakal dapat banyak hanya dengan segitu rupiah wahhhhh ruaarrr biasa =)…. semoga menang yah,,, i luv indonesia food n lets luv burger batok

  • niar n ce prisil : seruuuuuuuuuu bener seruuuu … enak looo, bener gak bohong … burger yang satu ini memiliki aroma daging asap yang nyata hehehe

  • uuawwwaaaaaaaaa, pengen nyobain burger batoknya…
    dagingnya keliatan tebel gitu,,
    jadi ngiler nih..

    jadi klo nyari burger ga usah ke tempat2 yang resep luar ya..
    cintai produk indonesia..

  • Burger ini memang beda . saya ini Indonesia asli, gak suka makanan bule bule gitu, tapi kalau burger batok saya suka, soalnya beda sih ya . terutama buat saya ini rasa rotinya. empuk dan lembut . tidak seperti burger francise yang suka kaku dan tidak segar (sudah disimpan lama maksudnya)

  • Awal nya smpat bingung N penasaran mendngar Burger Batok itu spt apa. Stlh mencoba, rasa nya enak buanget, roti nya yg lembut N tidak keras jg tidak bau pengawet ( biasanya klo di simpan trllu lm di dlm freezer sk bau bngt ), daging nya jg empuk, aroma asap batok kelapanya wangi, N makan nya enak nya pas baru matang, di samping itu harganya lumayan terjangkau untuk gw Nyun N bisa bwt ngeganjel perut klo lg lapar. Apalagi Nyun, gw klo order minumannya Bir Pletok Jawa yg enak untuk di perut. G salah dh Nyun klo lo liputan Burger Batok.

  • batoook . indonesia banget. dengan tampilan eksotik yang mampu membuat aroma makanan menjadi lebih sedap. kombinasi memasak yang briliat . like it

  • burger aku suka, batok adalah identitas bangsa yang aku cinta … kalau burger batok? makanan asli indonesia yang aku sangat suka dan cintai

  • oishiiii so…. burger batoknya. Walau sekilas spt burger dagingbiasa mungkin lbh menarik lg disajikan didlm batok benaran. kalo sy ngajak nihonjin pasti mereka surpirise jg, coz batok disana kan nga ada haha…
    “Kopi kualat” nga kebayang bgm cr minumnya trs bubuknya kesedot ga tu? mgkn nihonjin jg bingung kale minumnya. Hmmmm…omoshiroi!!!

  • hai, omoshiroi sensei 🙂 nihonjin wa yokatta ne … hahahahaa ini kalimat salah total,… hehehe iya sensei, kalau bawa orang Jepang kesini mereka pasti seneng, karena tempatnya kalau sore juga enak banget

  • waww..bener2 “think globally burger locally” dueh…ruar biasa ya idenya..aku jadi kepingin niiih makan burgernya..:9..membaca liputannya aja, aku jadi membayangkan gimana ya rasanya makan burger yang dimasak dengan ditutup batok kelapa..pasti aroma wanginya beda kali ya..hmm..nikmat sepertinya ya..:9 –>penasaran dotcom..:D
    sukses terus Burger Batok..maju terus kuliner karya anak bangsa..Merdeka!…(nah lho! :D)

  • pernah dibungkusin sama teman. “apa ini burger batok?”. pas dicoba ternyata rasanya memang beda, dagingnya itu berasa seperti di asap. hm,… berkat artikel ini akhirnya aku tau, ternyata pembuatannya di ungkep sama batok kelapa. pantes seperti di asap. unik juga yach. good job buat Burger Batok

  • Burger asli Indonesia. Sebetulnya agak aneh juga ya, tapi kenyataannya, burger ini lezatnya bukan main, lebih enak dari burger franchise-an . asli, tidak bohong. ini enak.

  • Burger batok?? Pernah sih liat liputannya di TV…en penasaran pengen nyoba…tp blom sempet kesana…kl ada kesempetan kesana…pengen nyoba tuh mkn burgernya langsung dr batok…pasti seru d…

  • wah daging asap, saya suka sekali ini. sensasinya beda dari makan daging biasa. tapi, burger batok saya belum pernah nyoba, mudah mudahan dapat voucher nih, untuk mencoba daging asap kesukaan saya. dan akan saya rekomendasikan ke kawan kawan kalau memang ternyata sesuai dengan ekspektasi saya, rasanya. hm , daging asap, izinkan aku menikmatimu

  • deket nih sama rumah, anak seneng banget burgernya. pas aku coba, ya memang rasanya beda sama burger dengan merek merek terkenal di luar sana, ini lebih segar bahan bakunya. jadi di perutnya juga enak

  • aroma wanginya aja sampe sini nih. aduh jadi lapar dan memang benar benar bikin orang lapar. nggak burgernya, nggak tehnya, kayaknya semua perlu disantap. benar benar perpaduan indonesia yang kuat. teruskan visi makanan asli indonesia!

  • burger batok, yuyun makan sendiri sendiri nih, yang dikantor gak dibagi, dapat ceritanya aja. Hm, dari ceritanya sangat menggoda dan semoga saja saya dapat vouchernya supaya bisa membuktikan kebenaran cerita mu yun. bener gak-nya tuh daging berasa asap, bener gak-nya burger dikasih kol itu enak, aku jogja loh yun, pas ini buat aku. dan rotinya kayak empuk bener. mau mau

  • sore sore lagi dateline sudah diberondong sama artikel burger, keterlaluan!!! kan jadi lapaaaaaaaaar yuuuun!!! tampilan burgernya itu loh, bikin perut laper tambah laper, hasilnya aku langsung makan, ga kuat … pekerjaan tinggal deh… makan gorengan tapi aku ngebayangin lagi makan burger batok 🙂 enak tenan

  • ueeeiii disini juga ada lomba makan burgernya loh. kalau bisa menyantap 4 burger dalam waktu 4 menit, tagihan gratis. kalau gak salah sih promonya begitu. hayoooo! ada yang tertarik mencoba?

  • burger lezat, home made yang menggugah selera. aroma harumnya sulit untuk dilupakan, yaitu aroma asap yang menempel kuat di daging. mayo-nya juga memiliki citarasa tersendiri yang pas di ildah

  • mbak indri : wkakakaa… aku kalau jadi mbak Indri juga pasti bingung hihiihiii … mbak email sudah aku terima

    buat para pemenang, sabar yach … besok kalau semua rumah makan sudah menyerahkan data keseluruhan pemenang di semua resto yang bagi bagi voucher akan segera di umumkan … masih ada 2 resto yang masih kesusahan memilih pemenang nih hehehee

  • pemenang perang comment periode II sudah di umumkan, silahkan masuk ke home page http://www.wisataseru.com / atau jika sudah dihapus silahkan masuk ke categori : PROMOSI – GET VOUCHER – PEMENANG … sapa tau anda adalah 1 dari pemenang hadiah dengan total 1.275.000 rupiah tersebut 🙂

    selamat yach buat para pemenang,… buat yang belum menang, jangan patah semangat … buat yang belum jadi member, mungkin anda belum menang karena belum jadi member sehingga kemenangan kami batalkan … jadiii buruan jadi member dan raih keuntungan keuntungannya 🙂

    salam wisataseru,
    caturguna

  • Uwaw.. Burger batok??
    Team wisata kulinerku mesti berkunjung ke sana nih kayanya.
    Tapi, lebih asik kalo ada vouchernya.. Hehee.
    Ayo dongg, ada kesempatan untuk jadi pemenang voucher periode ke III gak nih? Hehee… 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: