Terbang Melayang Bersama Putri Garut (Panduan Paralayang Garut)

Menggapai langit Garut

Nikmati Sensasi Terbang Di Wisata Air Panas

Buat orang priangan, daerah Cipanas Garut memang sudah tidak asing lagi sebagai daerah wisata pemandian air panas. Selain alamnya yang indah, daerah wisata Cipanas juga ditunjang fasilitas wisata lengkap; mulai resort, kolam renang, kolam rendam dan tempat makan. Jadi ga salah dong kalo diakhir pekan derah ini jadi lokasi wisata favorit murah meriah.

Tapi tahukah anda, kalo daerah ini juga punya potensi wisata petualangan lho, khususnya paralayang dan gantole. Nah awal februari lalu, temen-temen penerbang Bandung mencoba lokasi ini, penerbangan mereka di sini konon terbilang perdana. Denger berita ini, bikin kita penasaran deh… Sebulan kemudian (15 maret) kita dari klub papatong ikut mencobanya. mau tahu seperti apa ?

Terbang di Gunung Puteri

Untuk menjangkau daerah ini tidaklah sulit, datangi saja kampung Cibuntu, desa Sukawangi kecamatan Tarogong kaler. Di sana ada pa Jajang (kebetulan banget ya namanya sama) yang siap membantu anda menjadi porter dan penunjuk jalan. Tinggal sebutkan saja berapa rombongan dan payung yang anda bawa pa Jajang dengan cekatan mengkoordinir warga setempat untuk membantu. Kenapa harus bawa porter?

Pake porter aja pegel bener, gimana kagak???

“Aduh tempat launchingnya mana sih, kok ga nyampe-nyampe ya?” inilah memang yang jadi alasan. Jalan menuju launching area cukup bikin anda keringetan. Kalo yang fisiknya “fit” bisalah 45 menit sampe puncak gunung puteri, tapi kalo yang ga pernah olahraga jangan salahkan orang laen kalo sampe puncak satu setengah jam kemudian.

Puncak gunung puteri sangat ideal dijadikan launching area, puncak yang terbuka membuat angin mengalir tanpa hambatan. Kalo diperhatikan  enam penerbang bisa menggelar payung untuk take off berbarengan. Gimana, ok kan?

Soal landing, ga usah takut, di kaki gunung puteri terhampar hektaran sawah dan lapangan yang bisa anda jadikan tempat mendarat, tinggal pilih aja tempat yang kering. Aman kan?

Lokasi:

Launching puncak Gunung Puteri, koordinat: S 07.17539/ E 106.84791 di ketinggian 1451 m diatas permukaan laut.

Landing lapangan bola, koordinat: S 07.19041/ E 107.88386 di ketinggian 775 m diatas permukaan.

Jarak launching & landing 4.31 km. beda ketinggian 676 meter.

Porter: Rp 30 ribu (payung), Gantole Rp 50 ribu

Nah gimana, asik kan? Jadi buat anda yang menyukai olahraga dirgantara, dan ingin mencoba menyentuh langit Garut coba deh sensasi terbang di Gunung puteri. Dijamin seru, soalnya asik buat soaring dan thermaling.

Usar

Satu-satunya penghasil Usar di Indonesia

Sebagai daerah vulkanis muda di kaki gunung Guntur. Kawasan gunung puteri sangatlah subur. sepanjang perjalanan terhampar kekayaan hasil pertanian seperti tembakau dan usar. Nah buat anda yang belum pernah mendengarnya,  usar itu sebenarnya akrab lho dengan kehidupan kita sehari-hari, namun biasanya sudah dalam bentuk produk olahan. Mulai parfum, sabun, bahan kosmetik, obat-obatan dan pembasmi serangga.

Usar lebih dikenal dengan sebutan akar wangi dan tumbuhan yang hidup di dataran tinggi (700-1600 m dpl) ini menjadi primadona di Garut sejak tahun 1918. Gak heran warga setempat mengklain kalo daerah mereka ini menjadi satu-satunya penghasil java vetiver oil atau minyak wangi di tanah air.

Penulis: Jajang Dirajanagara (Produser News TPI) – untuk lebih bertanya lebih lanjut tentang artikel ini kepada Mas Jajang, silahkan email ke [email protected] atau ke comment, nanti akan disambungkan ke Mas Jajang pesannya.

Makasih ya Mas Jajang … blog mas jajang : http://rocknrapids.multiply.com

Tulisan ini didedikasikan untuk teman dan sahabat pa Tata Tirta Sukmana… semoga cepat sembuh dan bisa terbang lagi ya….

"Narsis dulu Yuk"

"Narsis dulu Yuk"

"Narsis dulu Yuk"

Siap siap terbang

dan ow, melesak jauh

"Mana?", "Itu looo itu"




%d bloggers like this: