South Beauty, Perpaduan Seni dan Budaya dalam Cakupan Kuliner

Semua makanan disajikan dengan sentuhan seni

Siapa bilang Masakan China identik dengan Babi? Karena nyatanya, babi atau minyak babi hanya 1 dari sekian banyak bumbu china yang tak melulu ada di masakan. Terdapat ribuan jenis chinese food yang memasaknya memang tak menggunakan unsur babi sedikit pun di dalamnya. Dan rasanya??? Luar Biasa menawan.

Salah satu resto yang menyediakan ratusan masakan chinese food dengan resep kuno asli yang memang dalam pengolahannya tak tersentuh babi atau biasa disebut makanan halal, adalah South Beauty. Dimana, resto yang ada di kawasan gedung UOB Thamrin Jakarta Pusat ini sendiri merupakan franchise dari Resto Fine Dinning yang banyak meraih penghargaan di Beijing China – nya sendiri.

Yang membuat saya lantas kemudian jatuh cinta pada South Beauty adalah karena banyak hal. Pertama tentu karena pelayanan, wow ini merupakan nomor 1 dalam setiap penilaian saya (walah sok jadi juri yach hehehe). Tak hanya ramah dan penuh senyum, mereka pun siap memberi penjelasan secara detail terhadap hal hal yang kita ingin tahu, baik itu tentang makanan hingga pajangan pajangan benda kuno yang ada di resto.

Kedua, tentu makanannya dong. Berkonsentrasi pada Sichuan dan Kanton Style yang otentik, masakan yang ada disini benar benar membuat saya semakin bersemangat untuk bercerita. Soalnya, kokinya semua langsung di datangkan dari Beijing dan menurut mereka, hidangan yang disajikan disini semua sama persis dengan hidangan yang ada di China sana, tak di ubah sama sekali kecuali tingkat kepedasan.

Rock Salad

Ya soalnya untuk makanan khas Sichuan, ini memang bergaya pedaaas bukan main. Setelah melalui tes berbulan bulan sebelum resto dibuka, perut orang Indonesia mayoritas tidak tahan dengan pedas luar biasa dari Sichuan. Sebagai contoh, ketika para koki di bawa ke Manado untuk mencoba masakan pedaaas khas Manado, mereka bilang, “Ini tidak pedas sama sekali” wow … dan sementara orang Indonesia yang dibawa untuk menikmati hidangan Sechuan, mengaku kepedasan minta ampun. Nah, akhirnya diputuskan rasa pedas itu dikurangi hampir 70% dari resep aslinya.

Namun, jika anda memang penikmat pedas sejati dan atau membawa tamu dari negeri tirai bambu, bisa bilang sama pelayannya untuk menghidangkan yang otentik dengan tingkat kepedasan sesuai aslinya. Hm … coba dan rasakan sensasi pedasnya masakan Sechuan.

Oke, Hidangan pembuka yang datang pertama adalah Rock Salad. Ini merupakan sebuah hidangan yang memang sudah dipengaruhi oleh budaya barat, yaitu penggunaan sayuran segar yang kemudian diberi aneka macam saus home made. Namun, hebatnya, South Beauty mampu membawakan salad yang datang dari negeri barat menjadi begitu oriental. Caranya? Dengan atraksi penyajian langsung di depan tamu yang dalam prosesnya, sang asisten koki ini membuat salad sambil berdoa dalam bahasa mandarin untuk kekayaan dan kebahagiaan juga kepuasan pelanggan yang sedang dilayani.

Membuat Rock Salad sambil ucap doa dalam bahasa mandarin

Setelah Rock Salad, hidangan ke dua pun tiba, namun dalam bentuk masih ikan mentah. Namanya Supreme Soup. Jadi, pelayan datang dengan membawa perlengkapan memasak, kemudian ikan yang sudah di filled langsung dimasak dan disajikan dalam keadaan panas mengepul.

Wow, enak sekali. Ikan krapu macannya sama sekali nggak ada jejak amis, yang tersisa hanyalah rasa segar ikan yang kemudian berkolaborasi dengan gurihnya kuah kaldu. Hebohnya, kuah kaldu yang menawan ini ternyata membuatnya cukup lama, yakni 8 jam. Hm… pantes yach ngresep sekali rasanya.

Selanjutnya, saya mencicip Ge Le Shan Spicy Chicken. Waaah, jika anda memesan hidangan yang satu ini, jangan kaget!!! Karena yang datang bisa dibilang laksana timbunan cabai yang menggoda. Ups, perhatikan juga keberadaan bumbu bijian kecil berwarna coklat dengan bentuk mirip lada. Bumbu bernama chili corn ini jika sampai tersenggol lidah apalagi ke gigit, bisa jadi anda akan merasakan lidah anda kelu dan serasa kebal selama beberapa menit. Namun, chili corn inilah yang menjadi ciri kelezatan dari Ge Le Shan Spicy Chicken.

Dan hidangan yang paling menarik perhatian saya, yaitu menu penutup bernama Four Treasures of The Scholar’s Studio. Jadi, makanan makanan ringan di bentuk sedemikian rupa hingga tanpak seperti sebuah meja kerja kaisar, lengkap dengan kertas, kuah, tinta dan stempel.

Four Treasures of the scholar's studio ... hidangan penutup yang unik

Cara memakannya cukup unik, tinggal ambil hidangan berbentuk lembaran seolah kertas (kertasnya ini terbuat dari telur putih), ambil kuas yang ternyata terbuat dari pastry, lalu celupkan kuasnya ke tinta yang terbuat dari selai strawberry dan bisa dimakan begitu saja atau ditambah tinta hitam yang terbuat dari ketan dengan rasa manis yang lembut atau beri stampel yang terbuat dari telur dan gula merah yang memiliki rasa sangat gurih bak makan kue kranjang goreng telur…. Nyaaam enak sekaliiii…Tak hanya enak, tapi semua hidangan disajikan dengan sentuhan seni yang luar biasa indah dan menawan.

Ya ampuuun, saya jadi lapar membayangkan lezatnya aneka makanan disini. Oya, melihat daftar menunya yang mencapai 200 makanan lebih, dijamin anda nggak akan bosan untuk kemari. Saya sendiri sudah berencana akan kembali ke sana dengan mencoba Beggar Chickennya. Ini merupakan hidangan luar biasa yang membuatnya saja perlu waktu 2 hari. So, kalau mau makan ini mesti pesen dulu 2 hari sebelumnya supaya dibuatkan. Setiap hari sih mereka membuat, tapi sangat limited edition dan ini merupakan menu yang sangat laku, jadi … kemungkinan besar jika tidak memesan anda tidak akan kebagian.

Jadi, beggar chicken ini sebelum dimasak, ia diungkep dulu dengan bumbu kemudian di tutup rapat dengan tanah liat selama 2 hari, setelah itu dioven selama 8 jam, dan ketika disajikan ayam masih tertutup tanah liat yang nanti penghormatan untuk memecahkan tanah liat tersebut diserahkan pada pelanggan. Sambil memecahkan tanah liat, sambil make a wish, sambil gong di pukul sampai tanah liat pecah dan ayam terlihat. Hm,…. nyam ini pasti rasanya.

Selain beggar chicken disini juga banyak menu sehat seperti sarang burung dan sirip hiu. Oya, omong omong soal sehat, jika anda datang kemarin dalam keadaan kurang enak badan, anda juga bisa curhat loh ke pelayannya, nanti pelayan akan memberikan arahan menu yang pas untuk kondisi tubuh anda sehingga usai makan badan anda akan terasa lebih segar.

Oya, meski resto fine dinning, tapi anda nggak usah takut untuk mampir, karena harganya cukup bersahabat. Menu utama dipatok dari harga 35ribu rupiah, bahkan untuk beggar chicken yang cukup fantastis hanya dihargai sekitar 200 ribu rupiah perporsinya.

Pelayanan yang sangat Ramah

Ruangan yang ada disini, selain menyediakan ruang makan rame rame, juga ada banyak private room dengan minimum order mulai dari 1,5 juta rupiah. Tiap ruangan memiliki nuansa yang berbeda dengan pajangan pajangan kuno yang memiliki ceritanya sendiri sendiri. Karena South Beauty ternyata memiliki visi juga untuk menyebarkan budaya china ke seluruh dunia.

Satu ruangan paling kecil, dapat diisi 8 – 10 orang. Dimana, uang 1,5 juta untuk minimum order itu sendiri bisa untuk memesan 5 – 10 makanan bahkan lebih tergantung pilihan menu anda. Atau jika anda mau ada acara ulang tahun dengan nuansa mewah dan hidangan enak tapi nggak mau kelebihan budget, juga bisa bilang ke manager resto untuk mengaturkan budget yang anda miliki dengan jumlah orang yang anda undang. Waaah, menyenangkan bukan??? Pengalaman yang luar biasa bagi saya bisa mengenal South Beauty.

Alamat Wisata Kuliner: South Beauty Restaurant. Gedung Thamrin Nine (UOB Tower) ANZ Square Podium, Upper Ground unit E, F. Jl. MH. Thamrin no 10, Jakarta Pusat. Telp 021 2993 7227

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Beggar Chicken

Tampilan yang eksotik

Private Room

Pintu Masuk

spicy chicken

melukis di makanan

Supreme Soup

Baju Cina Antik

Lukisan dalam Botol




3 comments

  • Maaf, Pak Catur. Sekedar informasi, saya barusan telfon South Beauty. Jelas restoran ini tidak halal karena menyajikan menu makanan babi. Walau tidak semua makanan mengandung babi, tetapi mereka tidak bisa menjamin bahwa bekas peralatan memasak bebas unsur babi dari makanan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: