Sering di Gendong akan Membuat Bayi Lebih Pintar

Jadikan Buah Hati Anda Anak yang Bahagia

“Jangan sering digendong, nanti manja”. Begitulah sering kita dengar komentar orang tua, tetangga atau teman. Tapi fakta dan penelitian bertahun tahun membuktikan, fakta tersebut salah! Bahkan menurut Pam Leo, seorang Parent Educator di Gordam, Maine, Amerika Serikat, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi-bayi yang digendong sepanjang waktu, dan terpenuhi semua kebutuhan-atas-sentuhannya sepanjang tahun pertama tidak menjadi bayi yang lengket atau terlalu tergantung pada orang. Sebaliknya bayi-bayi tersebut lebih jarang menangis, tumbuh lebih bahagia, lebih cerdas, lebih mandiri, lebih penuh kasih dan lebih ramah ketimbang bayi-bayi yang kebanyakan ditaruh di kursi, di buaian, di tempat tidur atau di alat bantu lainnya yang tak memerlukan kontak dengan manusia (*1).

Lebih lanjut masih menurut Pam Leo, penelitian membuktikan Menggendong bayi juga merupakan bagian vital dari rencana biologis alam dalam menciptakan ikatan kasih sayang ibu-bayi, serta amat penting bagi pengembangan kepercayaan, empati, belas kasih dan hati nurani.

Ya, karena bagi bayi, adalah sangat alami untuk minta digendong. Karena selama 9 bulan ia berada dalam bungkusan hangat yang disebut janin dimana selalu terayun oleh tiap gerakan sang Ibu. Selama 9 bulan itu pula ia mendengar detak jatung dan belaian sayang Ibunda. Maka, tak heran jika bayi menangis lalu di gendong, di bedong atau di timang ia akan terdiam. Karena bayi memang akan merasa lebih nyaman di dalam lingkungan yang mirip rahim ibu yang selalu hangat dan melindungi.

Justru jika dibiarkan menangis dengan alasan, “Biar, biar mandiri. Nanti kalau dia sadar nggak ada yang nolong kan diem sendiri, lama lama jadi pinter”, hm … ini justru akan bermasalah. Karena dengan menangis atau rewel, banyak waktu dan energi yang terbuang sehingga tenaga tak akan membantunya untuk bertumbuh dan berkembang secara fisik maupun non fisik, yakni energi yang seharusnya ia miliki untuk berinteraksi dengan lingkungannya, terbuang karena sudah lelah. Cara ini pun tak akan mencetak seorang anak dengan pribadi yang bahagia.

Berikut manfaat yang muncul dari kegiatan menggendong bayi dari ayahbunda.co.id (*2).

Selendang Olincha yang nyaman

Manfaat Untuk bayi :

  • Menenangkan. Anda dan bayi bergerak dan beraktivitas bersama. Buah hati Anda akan mendengar suara Anda ketika Anda berbicara dengan orang lain. Ia ikut merasakan emosi Anda, dan yakin Anda memberinya rasa aman serta nyaman. Keadaan ini membuat ia tak punya alasan untuk rewel karena ia masih menempel pada ibunya.
  • Mengajarkan bayi bergembira. Umumnya bayi tidak ingin sendirian saat terjaga. Ia butuh seseorang berada di dekatnya. Ketika dalam kandungan, bayi setiap saat mendengar suara Anda dan belaian tangan Anda. Ketika menggendong, Anda menciptakan langkah-langkah berirama, mengajaknya tersenyum, mengajaknya ngobrol. Itu semua merupakan cara mengajarkan bayi bergembira.
  • Menstimulasi sistem keseimbangan. Sistem keseimbangan terletak di bagian dalam telinga, yang bekerja sebagai sensor keseimbangan tubuh. Stimulasi saat Anda melakukan gerakan lembut pada saat menggendong seperti mengusap atau membelai bayi, membantu bayi untuk bernapas sehingga sistem keseimbangan tumbuh dengan lebih baik. Sistem keseimbangan yang baik dapat meningkatkan kemampuan motorik.
  • Mengajarkan tentang dunia. Bayi ikut melihat apa yang Anda lihat saat ia dalam gendongan. Ia diajak untuk siap  berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam dekapan Anda, bayi dapat melihat dan mengamati kejadian di sekitarnya dengan perasaan aman. Ketika ia melihat ekspresi Anda, ia juga belajar tentang emosi.
  • Belajar bicara. Bayi yang sering digendong punya keterampilan bicara lebih baik. Sebab bayi sudah memerhatikan dan menyimak percakapan Anda. Bahkan bayi bisa merasa ikut diajak bicara, karena posisi bayi berada dalam level mata dan suara yang jaraknya cukup dekat dengan Anda.

Selendang Olincha, Kain bisa dirapikan jadi pendek

Untuk Anda:

  • Mudah disusui. Anda juga dapat memberikan posisi nyaman untuk bayi menyusu, dibandingkan bila ia hanya tidur di atas tempat tidur.
  • Sambil bekerja. Menggendong bayi dapat membuat kehidupan Anda menjadi lebih mudah. Anda tak harus menunggui bayi di kamar sepanjang hari. Menggendong bayi dapat membebaskan Anda untuk  tetap beraktivitas. Saat ia terjaga dari tidurnya, Anda bisa segera mengajaknya ngobrol.
  • Anda lebih perhatian. Posisi bayi di pelukan Anda yang dekat dengan pandangan Anda menjadikan Anda menjadi lebih memerhatikan gerak-gerik bayi. Keamanan dan kenyamanan bayi lebih mudah Anda rasakan. Anda pun jadi lebih mengenal kebiasan buah hati Anda. Anda belajar untuk peka dan merespon bayi dengan tepat.
  • Mudah ditidurkan. Bila bayi sulit tidur, menggendong bisa jadi langkah selanjutnya setelah Anda yakin popoknya kering dan perutnya kenyang. Menggendong bisa jadi cara untuk menidurkan bayi dengan lebih mudah, diiringi nursery rhymes. Alunan musik, suara merdu Anda ditambah ayunan lembut adalah ramuan ampuh untuk menidurkan bayi.  Bayi pun tidur lebih nyaman dan lama.
  • Praktis bepergian. Sebentar atau lama tak jadi soal, sebab Anda tinggal ambil gendongan dan si kecil pun nyaman keluar rumah bersama Anda.

Berikut berbagai gaya dalam menggendong bayi seperti ditulis detikhealth.com (*3):

  1. Gendongan buaian yang sangat bermanfaat bagi bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun.
  2. Gendongan posisi meringkuk yang berguna untuk bayi baru lahir hingga usia 6 bulan.
  3. Gendongan model kanguru yang bisa dimulai saat bayi berusia 3 hingga 6 bulan.
  4. Digendong dengan kaki mengangkang yang dimulai saat bayi berusia 3-6 bulan atau sudah bisa duduk tanpa bantuan.

Selendang Olincha, Kuat dan Nyaman untuk Bayi hingga Balita

Beli dimana selendang bayi yang dapat mengakomodir kebutuhan tersebut diatas? Yang nyaman untuk bayi dan juga untuk Ibu

Menilik dari kenyataan di atas, maka seorang Ibu Rumah Tangga yang piawai menjahit dengan 2 anak yang masih Balita, Martina, merancang sebuah selendang yang dapat mengakomodir semua kebutuhan itu. Bermula dari hunting baby sling di pelosok Surabaya hingga ke Singapore dan masih belum menemukan selendang bayi atau biasa juga disebut selempang bayi yang enak dan nyaman, akhirnya ia bereksperimen dengan contoh pola baby sling dari Singapore yang menurutnya mendekati titik nyaman dari semua selendang bayi yang ia beli.

Dengan sedikit perubahan dan modifikasi, akhirnya terciptalah selendang atau selempang bayi Olincha. Dimana nama Olincha sendiri merupakan kependekan dari Olin dan Ocha, panggilan untuk sang balita yang tengah berkembang gembira. Coba perhatikan seksama, desain yang lebar ini sengaja dibuat untuk memberikan sensasi hangat menutupi seperti ketika bayi masih dalam kandungan.

Kain pun sengaja di pilih oleh Martina, yang dingin dan tidak menimbulkan alergi. Bahkan beberapa diantaranya dibuat dengan kain King Koil yang terkenal akan kelembutannya dan tidak panas juga tidak gatal. Dengan desain lebar ini pula, sang Bunda dapat menyusui dimana saja tanpa malu terlihat orang. Karena semua dapat tertutup dengan rapi.

Modis, cocok untuk pria dan wanita

Sisa kain yang sengaja dibiarkan panjang sendiri merupakan trik, bahwa gendongan bayi Olincha dapat digunakan oleh mereka yang berbadan besar maupun berbadan kecil. Dari anak bayi sampai usia Balita. Pun dapat digunakan bagi sang penggendong untuk berbagai hal, misalnya menutup kepala saat cuaca terik. Pada kain ini pula oleh Martina dibuatkan kantong kantong yang dapat digunakan oleh Penggendong untuk meletakkan barang berharga misalnya handphone.

Selendang ini juga dijamin aman karena menggunakan ring full atau tanpa sambungan yang terbuat dari besi. Jadi tak perlu kuatir pecah atau pun kain terselip yang dapat mengakibatkan bayi dalam gendongan terjatuh. So, selendang bayi Olincha ini dapat menjadi koleksi pribadi yang berkualitas dan dapat menjadi kado atau hadiah yang tepat bagi bayi yang baru lahir (baik untuk sahabat atau keluarga tercinta).

Harga Murah, Kualitas Bagus, Kemasan Menarik dan dapat di antar dimana pun sesuai alamat yang anda sebutkan, baik Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Luar Pulau Jawa bahkan ke Luar Negeri. Harga selendang mulai dari Rp. 125.000,00 (belum termasuk ongkos kirim by post). Ini harga yang sangat murah dibanding manfaat yang akan anda tuai.

Demikian semoga artikel mengenai manfaat menggendong bagi bayi dapat berguna bagi anda. Salam dari kami, “Jadikan buah hati anda, anak anak yang bahagia”. Karena kebahagiaan adalah segalanya yang tak dapat ditukar dengan apapun.

Alamat Pengrajin : Baby Sling Olincha. Ruko Atom Megah, Jl. Gembong 34-C, Surabaya Jawa Timur Indonesia. Telp 021 7067 111 atau langsung ke Martina 0811 3437151

atau bisa juga pesan di kami : [email protected]

Sumber tulisan : www.jawaban.com, www.ayahbunda.co.id, www.detikhealth.com dan www.olincha.com

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Cara Memakai Selendang Bayi Olincha




%d bloggers like this: