Resep dan Tips Membuat Siomay dan Batagor Dapur Bunda

Dapur Bunda memang luar biasa!!! Dan mengenal Mbak Indah adalah suatu kebahagiaan yang luarbiasa buat saya. Belajar beberapa resep dari Mbak Indah, 1 pun ngga ada yang ngga enak … semuanya MANTAB 4 JEMPOL. Salah satu resep Mbak Indah yang paling ku puja puji adalah Batagor dan siomay nya ini. JUARA banget!!!

Monggo yang mau di praktekkan di rumah, karena artikel resep saya ini, benar benar saya dapatkan langsung dari mbak Indah dan lengkap dengan tips tips nya. Jadiii … Semoga berhasil yaaaa …

siomay set yang menawan

RESEP SIOMAY AYAM

250 gr ayam cincang
150 gr udang cincang
2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
2 batang daun bawang, iris halus
1/2 sdm kecap ikan
1/2 sdm minyak wijen
2 sdt minyak ayam
1 sdt garam
1/4 sdt merica
1 sdm gula
100 ml air es
100 gr tepung sagu
10 gr wortel parut

 

cara membuat:
campurkan ayam, udang, bawang putih, daun bawang, kecap ikan, minyak wijen, garam, gula, dan merica, ulen hingga rata. Lalu masukkan air es, adon hingga rata kemudian masukkan tepung sagu dan ulen hingga tercampur sempurna. Babak akhir, tinggal di masukkan dalam cetakan yang bisa berupa tahu/ pare yang sudah dilubangi/ cetakan (untuk cetakan sebelum adonan dimasukkan, cetakan dilumasi dulu dengan minyak ayam). Lalu kukus hingga matang dan siomay pun siap disantap dengan saus bumbu kacang.

batagor dan saus kacangnya – jaminan mutu enak

RESEP BATAGOR

Tahu Putih
200 gr tenggiri yang sudah dihaluskan
3 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt (garam, merica, gula pasir)
2 butir putih telur
150 ml air es
100 gr tepung sagu
20 gr tepung terigu

 

cara membuat:
campurkan tenggiri, daun bawang, garam, merica dan gula pasir, ulen hingga rata. Kemudian masukkan putih telur dan air es, adon kembali hingga rata. Lantas tambahkan tepung sagu dan terigu, aduk kembali hingga mencampur sempurna. Masukkan adonan dalam tahu yang sudah di iris atau bungkus dengan kulit pangsit.

Untuk yang dibungkus dengan kulit pangsit, bisa langsung digoreng dan disajikan, namun untuk yang dibungkus dengan tahu, kukus dahulu tahu hingga adonan matang, lalu celupkan dalam adonan telur dan terigu yang diberi sedikit garam, lalu goreng dan batagor pun siap untuk disajikan dengan bumbu saus kacang.

 

RESEP BUMBU SAUS KACANG BATAGOR DAN SIOMAY

Bahan : bawang putih, cabai keriting, kacang tanah, garam dan gula
Cara membuat : goreng kacang tanah hingga matang, lalu blender bersama dengan bawang putih dan cabai kerinting, tambahkan air sesuai kekentalan yang diinginkan. Masukkan garam dan gula sesuai selera. Lalu masak dengan api kecil sehingga mendidih.

Sambil memasak bisa ditambahkan daun jeruk supaya lebih segar. Dan supaya bumbu memiliki aroma lebih wangi, gula pasir bisa diganti dengan gula jawa. usai bumbu matang, beri perasan jeruk nipis dan kecap sesuai selera.

Alamat Kursus Membuat Kue dan Masakan : DAPUR BUNDA. Taman Buaran Indah I, O-336, Jakarta Timur 13470 021-8621326/ 087886287870 / 081218713325

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-




%d bloggers like this: