Orang Mesir, Klakson di Rem Mobil (Panduan Wisata ke Mesir – 3)

Desingan klakson gak nahan

Michael Pallin, traveller dari BBC bilang barangkali orang Mesir meletakkan klakson mobil di rem mobil. Ia mengunjungi Mesir melalui Alexandria. Di kota yang menghadap laut mediterania ini, ia melihat taksi yang berseliweran di kota ini semuanya membunyikan klakson kapanpun di manapun. Brisik. Tak hanya itu ulah para sopir taksi ini menular juga ke pengguna kendaraan bermotor.

Saya tertawa geli mendengar ungkapan Michael Pallin ini ketika menonton film dokumenternya yang terkenal “Around the world in 80 days”. Pikiran saya langsung teringat ketika pertama kali menginjakkan kaki di Cairo. Tat tit tut bunyi klakson di belantara kemacetan kota Cairo yang parah memang bikin stress. Di Jakarta memang macet, tapi nggak segila Cairo. Mecet plus bunyi klakson yang bertalu-talu.

Pernah ketika pulang dari berkunjung ke Giza, seorang pengemudi taksi bertabrakan dengan kendaraan pribadi. Mereka berdua ribut di Jalan. Adu mulut. Anda pikir mereka memarkirkan kendaraannya ke pinggir agar tak menganggu orang lain. Tidak. Mereka tetap saja “berkelahi” di tengah jalan. Sementara kendaraan lainnya yang hampir semua tak sabar sibuk dengan bunyi klaksonnya.

Jangan bayangkan taksi di Cairo semewah Jakarta. Orang Jakarta kalau taksinya jelek, mana mau naik. Tapi di Cairo meski saya menginap di hotel bintang lima sekalipun ketika hendak berpergian ya terpaksa naik taksi yang teramat jelek itu. Kapan terakhir Anda naik Fiat kotak atau Pegouet 505 tahun 70-an di Jakarta. Lama sekali bukan? Tapi kendaraan semacam itulah yang ada di Kota Cairo dan sampai kini masih dijadikan taksi.

Kembali ke klakson. Saya memperhatikan ulah sopir taksi, hampir setiap kali dia mengerem, klakson pun berbunyi. Danang, diplomat baru yang mendapat penugasan pertama kalinya di Cairo bilang, “Saya enjoy saja tuh macet dari Bekasi ke Jakarta. Tapi di sini, woow, stress gua”.

Penulis Tips dan Pengalaman: Apni Jaya Putra. Bekerja di RCTI, dipekerjakan di PT Sun Television Network. Juga dosen bidang media studies dan broadcasting di beberapa kampus di Jakarta.

makasih ya Pak Apni – Blog Pak Apni : http://apnijepe.blogspot.com




1 comment

  • Apakah ada jadwal tour mesir plus turki sekaligus dalam waktu dekat ? Jika ada mohon jadwal dan eternary nya segera.. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: