Mini Beeded Jacket, Souvenir Incaran Ekspat dan Wisatawan Asing

batik-1

Bisa dibayangkan betapa indahnya jika pajangan mini beeded jacket ini ada di rumah anda. Hm, di letakkan dimana pun pasti akan terlihat bagus dan eye catching.

Yang istimewa dari Mini Jacket kreasi Pasutri Johannes dan Hartati ini menurut saya adalah dalam hal keserasian. Baik keserasian antara detail kanan dan kiri, keserasian antar warna batik dengan batik juga batik dengan sutra, maupun harmonisnya padu padan antara batik, manik manik, payet dan aksesoris yang menempel. Luar Biasa.

Ide membuat pajangan berupa jaket mini dari batik ini sendiri, diceritakan oleh Pak Johannes, dilandasi oleh kesedihannya karena nilai batik saat itu tengah melorot tajam di mata wisatawan asing apalagi masyarakat Indonesia.

Sebagai pasangan pecinta batik, akhirnya Pak Johannes dan Bu Hartati mulai berpikir keras cara untuk kembali mempromosikan batik sebagai budaya bangsa Indonesia yang bernilai tinggi di mata dunia. Ia pun melakukan banyak perjalanan demi munculnya sebuah ide.

Tak disangka, ide justru mampir ketika mereka sedang mengunjungi museum batik di Jogjakarta, pada tahun 1998. Pak Johannes yang tengah melihat pakaian para abdi dalem, penari dan bangsawan Jawa tiba tiba seperti mendapat wangsit. Ia pun mengkonsultasikan idenya kepada sang istri yang kemudian menambal sulam wangsit tersebut sampai akhirnya muncul sebuah mini beeded jacket yang masih sangat sederhana.

Pada mulanya, konsep yang dituangkan dalam gambar, kemudian diselarasakan dengan warna, motif dan manik, lantas dirangkai menjadi satu kesatuan dan jadilah master piece mini beeded jacket yang ternyata memikat hati ribuan wisatawan asing yang saat itu mendatangi pameran kerajinan internasional di Jakarta.

Dari situlah, 11 tahun yang lalu, permulaan batik kembali naik derajatnya dimata dunia. Batik yang biasa hanya dijumpai dalam wujud pakaian, sprei, taplak dan sarung, kini menjadi sebuah cindera mata dengan nilai jual sangat tinggi, mencapai jutaan rupiah hanya dalam versi kecilnya saja.

Sejak mengikuti pameran itu pula, pasutri ini tak lagi memiliki waktu untuk bersantai, karena pesanan terus datang mengalir sementara 1 buah pajangan ini membutuhkan waktu hingga 3 minggu lamanya untuk membuat.

Proses terlama terdapat pada pengkonsepan desain yang tak bisa dilakukan secara sembarang. Apalagi, Pak Johannes telah berkomitmen pada dirinya sendiri untuk tidak membuat barang yang sama, sehingga setiap pembeli dapat dengan bangga mengatakan, “Desain mini beeded jacket yang saya miliki ini hanya ada 1 di dunia”.

Oya, meski desain selalu berubah dan tak pernah sama, namun 1 hal yang selalu dipertahankan tetap sama dari awal memulai usaha hingga kini, yakni kualitas. Pak Johannes mengaku, hanya menggunakan bahan bahan yang berkualitas tinggi untuk karyanya ini, misalnya untuk batik ia selalu menggunakan batik tulis berkain halus dan sutra untuk kain berwarna polosnya.

Ketetapan prinsipnya dalam menjaga kualitas inilah yang akhirnya membuat pelanggan kerajinan ini terus bertambah dari tahun ke tahun. Mereka pun tak pernah kuatir terhadap saingan diluar yang sudah mulai menjiplak dengan harga yang jauh lebih murah, karena dari pengalaman yang sudah sudah, wisatawan asing yang selalu mengutamakan kualitas lebih suka membayar lebih mahal untuk barang yang benar benar bagus.

Nah, pesanan yang terus mengalir ini juga membuat Pak Johannes langsung membagi tugas dengan istrinya supaya ia dapat lebih fokus memikirkan ide desain. Istrinya yang piawai memilih warna pun kebagian tugas memadu-padankan corak dan warna lengkap dengan aksesorisnya.

Namun halangan tentu datang dari faktor kondisi mata yang sudah mulai menua, maka Hartati pun memilih menggaji orang untuk ditempatkan pada bagian produksi, yakni menjahit sesuai pola dan memasang aksesoris sesuai desain yang telah dibuat. So, ia pun juga dapat lebih fokus dalam hunting aksesoris dan batik di pasar pasar Solo, Pekalongan dan Lasem Jawa Tengah.

Kini,  Batik perlahan namanya makin terangkat ke permukaan. Pelanggan Pasutri ini pun telah merambah ke semua belahan dunia, dari Amerika, Eropa, Asia, Afrika hingga Australia dan Timur

Tengah. Hm,… anda juga tertarik??? Bersegeralah, karena pajangan mini beeded jacket ini memang sangat pas untuk dijadikan kado yang sangat elegant bagi rekan bisnis, sahabat dan atau untuk ulang tahun perusahaan kawan anda.

Alamat wisata belanja : Batik Canting.  Quilt and Patch Work. Jl. Niaga Hijau IX/ 24 – Pondok Indah – Jakarta Selatan. Telp 021 750 1783, 021 740 2651

Ditulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Corak Batik Pesisir

Ibu Hartati

Desain selalu Uniq




%d bloggers like this: