Kung Fu Cha, Seni Menyeduh Teh China di Kedai Siang Ming

May 22nd, 2010 by · 37 Comments

Kung Fu Cha. Pernah kah anda mendengarnya??? Jika belum, kung fu cha ini bisa diartikan sebagai seni menyeduh teh ala China. Ya, karena bagi orang China, sejatinya minum teh itu bukan sekedar teh dicelupkan lantas di siram air panas, selesai. Bukan.

Bagi mereka, minum teh adalah suatu ajang mengikat tali persaudaraan, simbol permintaan maaf, penghormatan dan juga relaksasi. Karena disaat menyeduh dan kemudian menikmati teh dengan santai adalah waktu dimana perbincangan mulai dari ringan sampai berat dilaksanakan. Dan berikut akan saya ceritakan pengalaman saya ketika mengunjungi Kedai Siang Ming di Jakarta. Dimana Kedai Teh China tersebut tak pelit untuk berbagi informasi dan tips termasuk tata cara minum teh cina yang benar sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang luar biasa enaknya.

Kung Fu Cha

Saya sendiri, pertama kali mendengar istilah Kung Fu Cha pada 2 tahun silam saat mengunjungi Siang Ming Tea di kawasan Bungur Jakarta Pusat. Saat itu, Pemilik Tea House Ibu Suwarni dan anaknya Sutejo memberikan banyak sekali pencerahan pada saya tentang teh yang akhirnya membuat saya jatuh cinta.

Begitu datang, Ibu Suwarni dengan ramahnya langsung menyiapkan poci berisi air panas yang kemudian diletakkan di atas tungku mungil yang berada di sisi kanannya. Dengan cekatan dan luwes, jari jemari Bu Suwarni membilas poci dan cucing (cangkir mungil untuk minum teh cina) dengan air panas.

Menurut Bu Suwarni, pembilasan ini memiliki tujuan, yakni supaya teko dan cucing memiliki suhu yang sama dengan air, sehingga teh tidak cepat dingin. Kemudian, Bu Suwarni mengambil beberapa daun teh yang dimasukkan dalam poci (Perbandingan antara air dan daun teh adalah 3:1), dituang air panas dan langsung dibuang. Loh? Ow, ternyata daun teh juga perlu dibilas agar terpisah dari debu debu yang menempel di daun teh.

Usai seduhan pertama di buang, poci langsung diisi dengan air panas dan ditunggu selama 20 detik. (Oya, untuk suhu air, ini juga penting diperhatikan. Sebaiknya untuk teh merah dan hitam, air yang digunakan adalah bersuhu 100 derajat celcius. Untuk Oolong Tea, sebaiknya air dengan suhu 90 derajat celcius dan teh hijau atau teh bunga cukup dengan air bersuhu 70 derajat celcius) – Kesalahan dalam penggunaan panas air, dapat mengakibatkan rasa dan aroma juga kualitas daun teh berubah.

Setelah itu langsung deh di tuang ke pot serve dan dibagi ke cucing masing masing tamu. Penuangan terlebih dahulu ke pot serve juga memiliki arti, keadilan. Ya, karena warna dan rasa teh dapat berubah hanya dalam hitungan detik saat ia terendam air, jadi jika tidak diletakkan dalam pot serve, sudah pasti tamu pertama dan tamu terakhir akan mendapatkan taste teh yang berbeda. Karena waktu perendaman teh bagi tamu terakhir otomatis berbeda waktu dengan tamu terakhir (apalagi jika tamunya banyak).

Seduhan kedua membutuhkan waktu lebih lama dari seduhan pertama, sekitar 30 – 40 detik. Begitu pula seduhan ketiga, kira kira 50 detik dan begitu seterusnya. Teh china sendiri dapat diseduh antara 7 – 12 kali dengan rasa dan aroma yang tetap sama (tergantung jenis teh). Namun, itu tadi syaratnya …  kung fu cha, suatu seni menyeduh teh china yang benar.

Satu Poci Untuk Satu Jenis Teh


Penggunaan poci untuk teh cina pun tak bisa sembarangan. Salah memilih poci, akan mengakibatkan rasa yang tidak maksimal pada teh, bahkan terkadang dapat membuat teh yang seharusnya manis, menjadi pahit.

Sutejo, anak Ibu Suwarni menjelaskan pada saya. Untuk menyeduh teh berfermentasi seperti teh hitam dan teh merah, sebaiknya menggunakan poci gerabah atau tanah liat yang mampu menyimpan panas. Sedangkan teh yang tak berfermentasi seperti teh hijau dan teh bunga, cukup memakai teko keramik. Dan untuk teh setengah fermentasi seperti oolong tea, dapat menggunakan teko keramik maupun teko gerabah.

Namun, khusus untuk penggunaan teko tanah liat, ada syarat wajib yang tak boleh dilanggar, yakni satu teko/ satu poci hanya boleh untuk 1 jenis teh. Misalnya, poci A pertama beli langsung digunakan untuk menyeduh oolong tea, maka jangan gunakan poci tersebut untuk menyeduh teh merah di lain waktu. Hal ini akan merubah rasa dan jika diteruskan maka bisa dipastikan teh yang anda seduh akan menghasilkan rasa yang aneh.

Ya, ini tentu karena sifat tanah liat yang mampu menyerap aroma. Keuntungannya, jika kita selalu menggunakan poci yang sama untuk 1 macam jenis teh, maka di kemudian tahun, tanpa diberi teh, hanya diberi air panas, ketika di tuang ke cucing, maka air putih itu akan berasa teh dengan sendirinya. Hal ini dapat anda rasanya di sebuah museum teh di cina dimana terdapat teko yang sudah berusia puluhan tahun, yang ketika dituang air panas, maka ketika keluar akan menghasilkan aroma teh, padahal di dalam teko tersebut tidak ada daun teh.

Perlengkapan Kung Fu Cha


Untuk dapat menikmati teh secara maksimal, tak bisa hanya ada daun teh, teko dan gelas. Melainkan pernak pernik yang ada juga sangat menunjang kenikmatan ngeteh anda. Pernak pernik tersebut adalah satu set alat mulai dari poci, cucing, alas poci (untuk membuang air – ada yang dari kayu besar ada pula dari keramik atau gerabah dalam ukuran yang lebih kecil), pot serve, sendok teh, penusuk lubang poci (dipakai ketika lubang poci tersumpal daun teh), penjapit untuk meletakkan gelas ke tamu dan lap.

Hm,… dimana yach beli alat alat ini? Nggak usah jauh jauh karena kedai siang ming tak hanya menjual teh dan peragaan kung fu cha, namun juga menjual perlengkapan jamuan teh ala china asli dari Tiong Kok.

Manfaat Teh


Mungkin halaman ini sendiri belum akan membahas manfaat teh secara tuntas berdasarkan jenisnya. Namun secara kilasnya, teh hitam memiliki zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan kesegaran kulit, sehingga kulit tak hanya tampak bercahaya namun juga tak mudah berkerut. Hal ini terbukti dari Ibu Suwarninya sendiri yang di usia kepala 5 ini, kulitnya masih sangat bercahaya dan minim kerutan.

Lalu, dibuktikan juga oleh Justrista, pelanggan tetap Siang Ming Tea (bujug dah, sudah jadi pelanggan selama 10 tahun yang rutin tiap hari datang ke Siang Ming Tea hanya khusus minum teh hitam). Justrista mengaku, dulu ia memiliki tubuh yang chuby hehehee alias agak endut. Tapi setelah rutin minum teh hitam berangsur tubuhnya pun jadi lebih ideal dan kulitnya juga lebih cerah. Woow ..

Lalu disini juga terdapat teh yang dapat menurunkan gula darah, flu, juga aneka penyakit lain yang tentunya ini bukan obat yach, namun dapat membantu kinerja obat sehingga badan terasa lebih fresh dan sehat.

Chinese Tea Kesukaanku


Di Siang Ming Tea sendiri dijual beraneka macam jenis teh, mulai dari teh merah, teh hitam, teh putih, oloong tea, teh hijau dan teh bunga. Namun, dari sekian macam teh, yang paling aku suka adalah Oloong Tea. Sebuah teh yang berwarna kuning keemasan dan memiliki aroma harum yang dapat merelaks-kan syaraf otak dan membuat badan jadi segar.

Cara minum Oloong tea sendiri menurut saya juga suatu pengalaman yang menarik dimana kita dituntut untuk duduk tenang dan menyesap harum aroma teh ketika dituang ke cucing, sebelum akhirnya kita nikmati dari dekat aroma nya dan kita minum. Sungguh sensasi luar biasa yang benar benar dapat membuat kita tenang sejenak melupakan segala aktifitas pekerjaan dan atau pikiran yang ruwet. Aku suka perasaan ini … dan sejak perjumpaan saya dengan Ibu Suwarni 2 tahun yang lalu, hingga kini saya pun jadi penikmat teh cina sama seperti Justrisia.

Nah, kalau anda??? Hm,… Jika sampai saat ini anda belum menemukan kenikmatan dalam secawan teh china, mungkin Siang Ming Tea adalah tempat yang mesti anda datangi.

Alamat Siang Ming Tea Shop / Kedai Siang Ming :

Kantor Pusat : Jl. Bungur Besar 17 No.7-B4. Telepon: 021-428-04436.

Cabang : Eat and Eat. Mal Kelapa Gading 5 Lt.3. Jl.Boelevard Kelapa Gading Blok M – Summarecon Kelapa Gading – Jakarta Utara. Telpon: 021-98498547 dan Mangga Dua Square Level B1 – Jakarta Barat juga ada di Artha Gading lantai B1 no. 5. no. telpon: 021 45864531

Informasi Detail Siang Ming Tea / One Tea House

Nama Siang Ming Tea
Alamat Lihat di bawah artikel
Telephone Lihat di bawah artikel
Jam Buka -
-
Jenis Masakan Minuman Teh
Harga -
-
Tipe Rumah, Foodcourt
Suasana Oriental
Merokok -
Busana Casual
Lain – lain Memiliki aneka koleksi teh dari berbagai dunia (bukan cuma chinese tea) dan cukup lengkap, bahkan teh Indonesia juga ada disini. Pokoknya kalau ingin menikmati teh, ini tempatnya

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja. dokumentasi : wisataseru.com

Jus, Tedjo, Aku

Ko Tedjo nyeduh teh

Alas Teh Kecil

Teko Tanah Liat

Sendok daun teh

Aneka Chinese Tea

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Pusat · Kuliner Jakarta Utara · Wisata Kuliner

37 responses so far ↓

  • 1 teddy tamasya // Jun 15, 2010 at 10:50 pm

    waaaaaaaaaaaaaah … kayaknya seru banget nget-eh pakai cara begini? belum pernah sebelumnya. Apakah rasanya jauh berbeda dengan seduhan biasa?

  • 2 Alexandra Prisca Priscilla // Jun 16, 2010 at 10:52 am

    sepertinya seru hehehehe,,, boleh neh cobain nyam nyam nyam

  • 3 Alexandra Prisca Priscilla // Jun 16, 2010 at 10:53 am

    eh, komennya dibenerin boleh ga ? slurrrp slurrrp slurrrp hehehehe,,, boleh dong cobain =)

  • 4 caturguna // Jun 16, 2010 at 9:22 pm

    hahahaha ce prisil, nyam nyam juga bisa kok, kan pemilik siang ming tea juga punya counter mie taiwan yang mana ni voucer bisa dipake buat beli mie nya juga ehehheee

  • 5 sri rahayu ismani // Jun 17, 2010 at 9:42 pm

    seru banget c..

    apalagi klo abis baca manga or nonton dorama,yang ceritanya ada tradisi pesta minum teh..
    pengen nyoba banget,

    katanya klo bisa nyeduh teh,nuang,sama minum teh yang sopan ala tradisional jepang dibilang cewe anggun banget ya..

    wah klo dah bisa..bisa jadi lebih anggun lagi nih,

    tapi q pernah nyobain ocha-nya ala jepang,ko pait banget ya..apa emang ocha jepang gitu ya tehnya??

    nyobain-nyobain,,

  • 6 Wisata Seru » Blog Archive » Daftar Alamat Rumah Makan Enak di Jakarta (semua pernah kucoba) // Jun 17, 2010 at 11:07 pm

    [...] Siang Ming Chinese Tea Shop (Sudah di Review) Jl Bungur Besar 17 no 7 b4 gunung sahari, kemayoran Jakarta Pusat 021 42804436 [...]

  • 7 caturguna // Jun 17, 2010 at 11:23 pm

    sri : untuk upacara minum teh Jepang memang sangat ribet dan njlimet hehehee,… waktu itu saya pernah juga minum teh yang untuk upacara minum teh ala Jepang, hm rasanya kental dan beraroma rumput laut yang agak pahit, sepet dan amis hehehee…

    katanya sih kalau yang teh nomor 1 nya malah lebih kental lagi seperti bubur :p dan buat yang berhasil membuat teh – nya enak, akan dianggap memiliki pendidikan, tingkat spiritual dan etika pengetahuan budaya yang tinggi … penyaji teh seperti ini sangat di hormati di Jepang :)

    um tapi artikel ini bukan tentang upacara minum teh jepang :) ini minum teh ala cina, khung fu cha namanya. Ini lebih simple dan rasa tehnya harum mewangi yang haruuuuus dicobain!!!! hehehehee… mudah mudahan bisa dapat voucher yach supaya bisa ngrasain kenikmatan teh cina di siang ming tea :)

  • 8 Wisata Seru » Blog Archive » ‘Member Get Voucher’ – Total Jutaan Rupiah … Ayo Ikutaaan!!! // Jun 19, 2010 at 12:11 am

    [...] mendapatkan Voucher dari Siang Ming Tea – Isi Comment – klik disini atau buka di artikel Mie Taiwan Kedai Siang [...]

  • 9 joko // Jun 19, 2010 at 11:21 pm

    mantab bener, belum pernah aku minum teh china senikmat ini di tempat lain. rasanya beda bukan karena daun tehnya beda, tapi rasanya beda karena cara penyeduhannya yang benar .

    TOP buat SIANG MING yang berhasil membawa kenikmatan secangkir teh china di Jakarta…

  • 10 grace // Jun 20, 2010 at 8:13 am

    2 tahun di cina, membuat saya jatuh cinta pada tehnya yang wangi, namun ketika kembali ke indo, saya jadi bingung karena makan di resto masakan cina pun tehnya tidak ada yang enak. sampai akhirnya ketemu siang ming, … senang bisa kembali merasakan teh yang enak di jakarta

  • 11 rukia_chan // Jun 26, 2010 at 10:50 pm

    Selama ini cuma liat di dorama cara minum teh yg benar2 cozy. Pengen nyobain deh, siapa tahu ketagihan…

  • 12 caturguna // Jun 26, 2010 at 11:28 pm

    iya benaaar, dengan penyeduhan yang benar, maka teh cina pun akan memiliki rasa nikmat yang tiada tara ….

    rukia : um,di siang ming ini bisa juga loh belajar tata cara upacara minum teh ala Jepang, instrukturnya adalah seorang ahli teh, ibu Suwarni, ibu dari Sutedja yang merupakan pemilik dari siang ming tea

  • 13 agnes // Jun 28, 2010 at 5:18 pm

    senangnya. berkat siang ming akhirnya aku bisa merasakan chinese tea yang sesungguhnya. heran, resto china kenapa nggak ada yang menggunakan metode seduh teh seperti ini ya? padahal hasilnya sangat jauh enaknya. salut buat siang ming

  • 14 ayu // Jun 28, 2010 at 5:42 pm

    teh cina … hm … tapi yang unggul menurutku disini bukan cuma tehnya saja, melainkan juga lokasinya yang pas untuk dibuat bicara tentang bisnis

  • 15 ken law // Jun 29, 2010 at 1:14 am

    Slruuup . aroma wangi teh china seduhan siang ming memang tiada banding . selama ini orang hanya mengenal teh china “rasanya pahit”. padahal dengan menyeduhan yang benar, teh yang pahit pun akan memiliki sedikit rasa manis. apalagi jenis oolong, hm, wangi dan manisnya benar benar luar biasa. i like oolong cha

  • 16 harto // Jul 2, 2010 at 12:08 am

    masak sih, teh bisa memiliki rasa yang berbeda kalau diseduh dengan cara beda? terus emang gitu ya, teko itu juga berpengaruh? aduh saya makin nggak ngerti aja nih, jadi penasaran pengen coba, pengen buktiin sendiri

  • 17 dandi // Jul 2, 2010 at 12:16 am

    saya ketika ke siang ming, makan mie taiwan-nya. kok ini nggak ada ulasan tentang mie taiwannya ya? mienya sepertinya adalah buatan sendiri, lembut dan gurih.

  • 18 satu san // Jul 3, 2010 at 5:18 am

    jus looks so cute

  • 19 caturguna // Jul 3, 2010 at 11:36 am

    that’s right … cute banget … rasanya juga wangi semerbak (untuk yang oolong ya,… )

  • 20 sri rahayu ismani // Jul 6, 2010 at 5:57 pm

    wah,wah,wah,
    aq salah ya.. ;p
    jadi malu,,,,,

    ini teh cina toh,
    aq juga belum pernah nyobain teh cina..
    jadi penasaran,
    takut salah lagi nih,kebiasaan sotoynya suka muncul nih..
    hehehe,

    jadi pengen dapet vouchernya deh..
    /

  • 21 idwan // Jul 7, 2010 at 1:10 am

    teh, . minuman setiap hari saya nih. tapi,teh cina? saya belum menemukan yang pas dilidah. namun membaca artikel ini, kok teh cina di siang ming tampaknya sangat berbeda dan nikmat sekali. saya jadi pengen.

  • 22 Jessi // Jul 16, 2010 at 2:38 pm

    Wah pas banget hari ini ada teman yang membawakan teh cina aseli dari China langsung. Dia mendarat jam 3 pagi tadi dan baru bertemu pagi ini dan langsung memberikan oleh-oleh berupa teh cina. Hmmm… membayangkan teh cina yang diseduh dan diminum saat hawa dingin seperti ini rasanya menghangatkan.

    Sebenarnya saya tidak langsung membuka wisataseru.com untuk mencari cara menyeduh teh, tapi sedang mencari oleh-oleh untuk teman saya itu. Tapi entah kenapa saya bisa membuka wisata kuliner daerah Jakarta Utara dan ketemu dengan ulasan mengenai kedai teh ini. Saya ingat waktu itu pernah baca mengenai kedai ini di salah satu koran dan memang tadi sempat ingat kalau menyeduh teh ada tekniknya sendiri menurut pemilik kedai ini. Eh… ternyata memang saya diarahkan kemari. Saya ingin sekali membeli poci dan cucingnya untuk menyeduh teh dari teman saya tersebut dan saya mau sekalian menanyakan jenis teh apa yang diberikan oleh teman saya tersebut, karena masih kurang mengerti jenis-jenis teh. Mudah-mudahan saya bisa mampir di kedai ini. Terima kasih.

  • 23 ddik // Jul 16, 2010 at 4:38 pm

    teh cina terbukti membuat kulit cerah dan badan segar. aku dan istri suka minum teh cina :) tapi belum tau cara penyeduhan yang benar. semoga suatu saat dapat mampir kesini dan belajar cara menyeduh yang benar

  • 24 heri // Jul 16, 2010 at 5:12 pm

    kata istri, “beliin teh cina dong, bagus buat kulit”. hm, ketemu artikel ini pas banget deh. semoga bisa kesini biar sekalian belajar cara menyeduh tehnya sekalian.

  • 25 cat woman // Jul 16, 2010 at 5:16 pm

    mie dan teh … gm pasangan yang terlalu sayang untuk dilewatkan. sekali waktu ke siang ming, nyobain tehnya, wah langsung terpukau. lalu makan mienya,… hm nyam nyam ternyata sungguh memanjakan lidah

  • 26 tataz // Jul 17, 2010 at 11:11 am

    seruuuuuu!!!! seru banget. sesuai dengan wisataseru, ternyata minum teh cina itu seru

  • 27 titut // Jul 20, 2010 at 11:30 pm

    oh ternyata, seru yach. minum teh saja ada seninya, coba indonesia memiliki kebudayaan yang dimulai dari hal hal kecil seperti minum teh ini, pasti akan jadi industri pariwisata yang luar baisa.

  • 28 caturguna // Jul 26, 2010 at 11:34 pm

    pemenang perang comment periode II sudah di umumkan, silahkan masuk ke home page http://www.wisataseru.com / atau jika sudah dihapus silahkan masuk ke categori : PROMOSI – GET VOUCHER – PEMENANG … sapa tau anda adalah 1 dari pemenang hadiah dengan total 1.275.000 rupiah tersebut :)

    selamat yach buat para pemenang,… buat yang belum menang, jangan patah semangat … buat yang belum jadi member, mungkin anda belum menang karena belum jadi member sehingga kemenangan kami batalkan … jadiii buruan jadi member dan raih keuntungan keuntungannya :)

    salam wisataseru,
    caturguna

  • 29 wandy // Jul 31, 2010 at 5:33 pm

    selama ini saya penikmat teh hitam Indonesia dan teh hijau Jepang(sencha. biasanya sore hari bersama keluarga yang lain.
    setalah baca artikel di atas,saya jadi kepingin jugamerasakn sensasi teh Cina,apakah sama dgn yang selama ini sdh kami rasakan..

  • 30 caturguna // Jul 31, 2010 at 9:53 pm

    wandy :) waaaa pasti sangat menyenangkan bisa minum teh di sore hari bersama keluarga :)

    hm,… jika wandy pecinta teh, saya yakin pasti akan senang dengan upacara minum teh ala cina dan tentunya rasanya :) kebetulan Siang Ming tgl 14 agustus nanti akan mengadakan gathering buat pembaca wisataseru :) ikutan yuuuuuk :)

    disana kita akan diajarin cara menyeduh teh yang benar dan bagaimana cara mengenal dan menikmati oolong tea yang benar :)

    kalau mau ikut kasih tau yach :)

  • 31 wandy // Jul 31, 2010 at 11:11 pm

    thanks buat invitationnya,tapi sabtu tgl.14 sepertinya aku ga bisa ikut :(
    but,I’ll try to re-schedule deh,ntar kukabari kalo sudah bisa,thanks yach..!!

  • 32 caturguna // Aug 1, 2010 at 1:41 am

    waaaaaaaaaaaaaah sayang sekali yach :) semoga bisa yach :) saya tunggu kabarnya heheheee :) soalnya nanti disini akan diajarkan benar benar bagaimana cara menyeduh teh oolong yang benar, cara memilih tehnya dan juga sampai cara menikmatinya :) dan gak cuma teori tapi kita akan praktik langsung :) semoga bisa yach :) hehehee… mumpung pemiliknya terjun langsung ngajar secara gratis :) kita cuma bayar bahan aja, 35 ribu… udah dapet macem macem :) ada cara dari wisataseru juga :) hehehee ….

  • 33 Nelson // Aug 4, 2010 at 11:13 am

    biasa minum teh botol hehehehe… pernah nyoba oolong tea yg cap ***** kok agak aneh rasanya… ky rasa obat gmn gt… pas traveling ke beijing baru deh kenal sm yg namanya teh china asli.. wuenakk tenan.. cangkirnya bs berubah warna lg (kl kena teh panas)
    cara bikinnya agak ribet ya.. tuang sana tuang sini bolak-balik :) tapi rasanya okehhh bgt… macem2 lg, yg paling manteb teh dr daun teh yg umurnya sudah 5thn… segarrr bgttt… disini ada ga yaa?

  • 34 caturguna // Aug 4, 2010 at 12:15 pm

    nelsooon :) ya ini nanti yang akan kita pelajari di gathering tgl 14 itu :) bolak balik nyeduhnya tapi akhirnya menghasilkan teh cina yang ueeenak tenan :) kita langsung di ajar sama ahlinya nanti, yaitu pemilik siang ming tea yang memang visi misinya itu untuk melestarikan budaya minum teh cina

  • 35 Nelson // Aug 4, 2010 at 3:03 pm

    iyaa… mantab tuh… kudu datang digathering nih :) sip sip sip

  • 36 caturguna // Aug 4, 2010 at 8:53 pm

    nelson :) waaaaaaah bener yach .. aku tunggu nih …

  • 37 johan // Jan 6, 2012 at 10:56 pm

    Kungfu cha 功夫茶 adalah budaya org hokkien yg dpt ditemukan di selatan propinsi fujian, taiwan, daerah teochew. satu lagi the yg terkenal berasal dari fujian adalah tie guan yin / the kuan yim

Leave a Comment