Di Tangan Nuben, Menu Sehat jadi Luar Biasa Nikmat

Siapa bilang menu sehat, menu diet atau menu pasien itu identik dengan ‘rasa yang kurang enak’??? Karena saya sudah membuktikan sendiri nih, menu sehat yang ada di NuBen Catering yang pada bulan september 2010 nanti akan membuka resto di kawasan Senayan Jakarta Selatan. Ups, tapi kalau cateringnya sendiri sih sudah buka lama yach, lebih dari 5 tahun, ya atas permintaan konsumen jadi akan dibuka versi restonya.

Menu untuk pasien kanker

Di NuBen ini saya mencoba salah satu menu siang untuk pasien kanker yang terdiri dari nasi hitam dan crispy mushroom yang mana ke dua menu tersebut mengandung banyak zat antioksidan. Hasilnya??? Astaga, enak sekali. Crispy Mushroom nya benar benar renyah dengan rasa asin yang mendominasi. Namun, rasa asin ini akan langsung netral begitu kita cocol dengan saus mayones nya yang sedikit nyembul juga rasa pedas tipis.

Lalu, menu lain untuk pasien yang berbeda dengan penyakit yang berlainan adalah oglio olio. Terbuat dari tepung beras  sebagai pengganti karbohodrat pada nasi menu ini justru bisa saya bilang lebih memiliki rasa yang lebih terasa dibanding oglio olio di resto yang bukan untuk pasien.

Maklum, meski selalu memperhatikan nilai gizi yang mesti dipenuhi untuk menunjang kesembuhan pasien, aneka menu yang ada di NuBen semua resepnya di rancang oleh Chef Bambang yang sudah lebih dari 25 tahun malang melintang di resto Hotel bintang 5. So, oglio olio yang biasaya hanya berbumbu bawang putih, yang ada disini sudah di kombinasi dengan tomat segar dan aneka bumbu khas Itali lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang tak hanya ringan di perut karena semua bahan yang digunakan organik, tapi juga pas bener di lidah.

Steam Fish Ratatouille

Selain menu untuk pasien, saya juga mencoba menu sehat lainnya bernama Steam Fish Ratatouille. Hm,… nyum yummy … enak banget. Berbahan dasar ikan dori, si ikan organik dari perairan sungai sungai jernih di Vietnam, ikan dori ini memang memiliki tektur daging yang sangat lembut dan tidak amis. Belum lagi bumbunya yang beraroma spageti dengan daun khas yaitu basil, oregano dan time. Rasa mayoritas adalah manis segar yang sedikit pedas dari cabai kering. Mantaaaffff!!! Saya sampai pengen nambah tapi malu dibilang kurus kurus kok rakus hehehee…

Ternyata, di Nuben sini nggak cuma ada menu beraroma kebarat-baratan namun juga ada masakan khas Indonesia, yaitu Soto Betawi. Wow, … demi mengurangi kadar kolesterol Soto, aneka bahan pun diubah sedemikian rupa tapi tetap tak meninggalkan kodrat rasa soto betawi. Penggunaan yang diganti karena sangat krusial adalah Daging Sapi.

Menurut salah satu dokter konsultan gizi di Nuben, dokter Riani Susanto, selama ini banyak salah persepsi di kalangan masyarakat yang menganggap santan sebagai komponen paling berbahaya pada racikan soto betawi. Padahal penyebab utama soto betawi disebut berkolesterol tinggi adalah karena daging sapinya sendiri. Untuk itu, daging sapi yang digunakan di NuBen adalah daging sapi organik dimana sapi organik memiliki kadar kolesterol jauuuh lebih rendah dibanding sapi biasa.

Demi meyakinkan pelanggan bahwa soto betawi disini dapat dimasukkan dalam kategori menu sehat dan aman pun, chef dan ahli gizi sepakat mengganti komponen santan dengan susu kacang kedelai. Karena manfaat gizi yang terkandung dalam susu kacang kedelai dinilai lebih membawa keuntungan bagi badan lebih banyak dari santan. Hm,… ketika saya coba … astagaaa rasanya memang sangat menawan.

Menu sehat organik

Ternyata penggantian santan dengan susu kacang kedelai tak mengurangi kegurihan soto betawi ini. Ya tentu rasa tak mungkin sama, namun jejak aroma soto betawi yang kaya rempah tak hilang disini. Justru karena aroma susu tak terlalu menusuk dibanding santan, rasa murni kaldu sapi jadi lebih dominan.

Ya ya ya ,… Nuben catering ini memang merupakan catering sehat yang diperuntukkan bagi para pasien untuk mempercepat proses penyembuhan pasien. Maka, jika anda datang ke Catering ini sebagai pasien, anda mesti menyerahkan hasil rekam medis dari dokter rumah sakit berasal atau atas konsultasi dengan dokter gizi yang ada di Nuben.

Paket Catering PreWedding dan Paket Diet untuk orang Sehat

Namun, seiiring berjalannya waktu. Ternyata peminat catering ini bukan hanya orang sakit, melainkan juga orang sehat. Untuk itu disediakan beraneka macam paket, seperti Paket Prewedding, Paket Diet (beraneka macam diet misal untuk binaraga, turun berat badan, dll) bahkan ada pula paket catering bagi ibu hamil dan menyusui.

Dimana untuk paket Prewedding biasanya dengan waktu 1 bulan. Harapan yang ditawarkan adalah kulit yang lebih bersih bersinar dan tubuh yang lebih ideal. Demikian pula untuk paket paket lainnya misal untuk Ibu hamil adalah supaya asupan gizi Ibu dan anak dalam kandungan tercukupi sempurna sehingga Ibu mendapatkan kondisi yang fit saat melangsungkan persalinan. Pun dengan sang baby, dimana jika gizi cukup biasanya akan lahir seorang anak yang cerdas.

Wah wah wah … hidup sehat ternyata sekarang mudah yach … namun tentu semua ada konsekuensi yang perlu dibayar. Yaitu paketan box mulai dari 55 ribu rupiah hingga 135 ribu rupiah persekali makan. Hm,.. sebetulnya sih hitungan tersebut bagi mereka yang berkantong tebal bukanlah barang mahal, karena dengan badan yang sehat, tubuh, jiwa dan pikiran kita pun akan produktif. Kulit pun akan terlihat lebih bersih dan kita menjadi lebih percaya diri karena bentuk tubuh yang ideal. Ya, itung itung daripada masuk rumah sakit, sudah badan sakit, gak bisa kerja, bayarnya pun mahal sekali, kan lebih baik makan makanan sehat.

Ocha aneka rasa

Oya, sebelum pulang saya sempet nanya nanya sama pelanggan setia Nuben. Inilah jawaban mereka atas pertanyaan yang sudah bisa anda reka hehehe, “Sudah setahun saya menerapkan pola makan sehat dan hasilnya? Berat badan saya turun 17 kg tanpa saya berolah raga keras dan tanpa mengurangi porsi makan. Saya sekarang jadi lebih percaya diri dan apa yach? efeknya karena tubuh sehat, saya pun jarang ngantuk ketika bekerja”

Lalu nanya lagi sama yang namanya Mbak Tika yang tengah hamil 4 bulan, “Lumayan sih, aku sejak makan makanan sehat, kulitku jadi bersih bersinar dan nggak gampang tertular penyakit. Misalnya temen temen kantor lagi musim batuk pilek nih, saya sih kebal kebal aja,… nggak tertular … karena dengan makan makanan sehat kan otomatis daya tahan tubuh kita jadi lebih baik. Tapi ya itu intinya, kita mesti bisa ngerem pola makan kita yang semrawut, mesti bisa ikuti program yang sudah dikasih”

Oya untuk minumannya disini ada aneka ocha (teh khas jepang) yang sudah di modifikasi dengan aneka rasa. Ada rasa markisa, rasa punch dan aneka macam rasa lainnya. Uniknya, entah bagaimana cara membuatnya, tapi rasa ocha yang sepet khas sama sekali nggak hilang, justru makin seger dengan aneka rasa buah yang dicampur. Ngeblend-nya itu pas banget. Waah, seger…!!!

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Informasi Restaurant

Nama Nuben Gourmet Health Cuisine
Alamat Jl. Sekolah Kencana III/TF No. 11 Pondok Indah, Jakarta Selatan
Telephone +62 21 7654-777
Jam Buka jam kerja
Jenis Masakan Makanan diet dan makanan sehat
Harga Rp. 65.000 – 135.000/ box
Tipe catering
Suasana
Merokok
Busana
Lain – lain Per September 2010 akan membuka resto di kawasan senayan, tapi untuk sementara hanya menerima pesanan saja. Calon pelanggan harus memberikan penjelasan mengenai kesehatan dan riwayat penyakit pada ahli gizi yang ada, supaya kalori makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan

Chef, aku, Mb Tika

Pie sehat, uenak

Menu sehat

P Agus, M Chrisma

Sedaaaap sotonya

Soto Betawi Nuben




%d bloggers like this: