Asam Ganja Kepala Ikan Kakap, Menu Andalan Medan Baru

May 16th, 2010 by · 7 Comments

Kepala Ikan Kakap Jumbo

Ini dia resto yang dengan gagah berani menjual nama ‘Ganja’ sebagai barang dagangannya. Sebelumnya di pertengahan tahun 90an, warung warung di daerah Jawa Tengah juga kerap menuliskan besar besar di spanduk mereka ‘Es Ganja’, tapi ternyata itu tak lebih dari singkatan ‘Es deGAN saJA” … hahahaaa,… kalau gak tau degan, degan adalah bahasa Jawa-nya kelapa.

Nah, di Rumah Makan Medan Baru Jakarta ini juga ada menu spesial yang saban hari selalu laris manis di kerubutin pelanggan, yaitu Asem Ganja Kepala Ikan Kakap atau ada juga yang nyebut Sambal Ganja dan atau Minyak Ganja. Hm,… penjualnya Pak Ibrahim sih mengaku memang mencampurkan sedikit biji ganja dalam masakannya tersebut, karena disebut sebut, ganja memang merupakan bumbu penyedap masyarakat Aceh. Tapi, Pak Ibrahim juga mengatakan, di Aceh sendiri namanya bukan asem ganja, tapi asem udang.

Tapi, ya … tau nggak tau yach, soalnya saya sendiri nggak pernah make ganja jadi nggak tau rasanya. Tapi yang jelas, yang bisa saya sebutkan ketika usai menyantap si asem ganja kepala kakap ini adalah minyak yang disebut sebagai asem ganja ini memiliki aroma khas yang cukup kuat dari sereh dan segar daun jeruk, lalu rasa asam belimbing yang agak tersendat karena di rem dengan rasa manis udang rebus segar.

Asam Ganja = Asem Udang

Pokoknya terlepas dari benar tidaknya asam ganja ini memang dikasih ganja atau tidak, saya kasih 2 jempol untuk asem ganja kepala ikan kakap yang ada disini. Bumbu kari yang medok banget, memang terasa jauh lebih segar ketika sudah disiram dengan asam ganja ini. Apalagi kemudian makannya bersama dengan kepala ikan kakap yang ukurannya jumbo, wow lebih besar dari kepala saya. Hehehhee,… makan siang yang sangat mantaaab!!!

Apalagi ditunjang dengan pemilik resto Pak Ibrahim yang benar benar welcome dan menyapa tiap tamu yang datang dan mengajari teknik menikmati ikan kepala kakap yang benar kepada pelanggan yang baru pertama kali datang (seperti rombonga kami).

Pertama, kepala ikan dibelah perlahan, kemudian di siram dengan asam ganja lalu dilabur kembali dengan kuah kari yang kental. Langsung deh di sruput. Slruuup!!! Nikmatnya tiada tara. Denger denger, menu asam ganja ini juga merupakan makanan favorit para pejabat tinggi negara, termasuk beberapa mantan Kapolri.

Ya, nggak heran, karena resto Medan Baru ini memang sudah kawakan di bidang masakan Medan, Aceh dan sekitarnya. Buka pada tahun 70an hanya dengan kios kecil sewaan, kini sudah berupa 3 ruko luas yang tak pernah sepi, bahkan ketika jam makan tiba, pengunjungnya bisa mencapai ratusan orang, dimana rata rata adalah pengunjung dengan mobil mewah.

Asyiknya disini juga, bagi pecinta kepala kakap yang gak boleh makan santan, disediakan juga kepala ikan kakap yang dimasak tanpa santan. Tuh yang berkuah bening agak merah. Rasanya sama sama segar dan enak … nyam nyam…

Nah, selain asam ganja kepala ikan kakap, di Medan Baru masih banyak makanan aduhai lainnya. Yang paling saya suka adalah kari kambingnya yang medok banget. Kambingnya sama sekali nggak ada bau prengus dan dagingnya sangat lembut. Apalagi usai makan kari kambing ini, disini juga disediakan penawarnya yang berupa nanas bumbu cabe. Ya, selain dapat menetralkan rasa, tampaknya juga sekaligus menghancurkan kolesterol kambing.

Lalu juga ada kari sapi labu dan kari bebek. Nah, menu lain yang gak kalah unik adalah burung punai goreng. Oya, juga ada sop buntut yang beda banget, karena kuahnya pakai tomat rebus yang diblender, jadi kuahnya kental dengan rasa asam manis segar.

Informasi Restaurant

Nama Medan Baru Resto
Alamat Jl. Krekot Bundar Raya no 65. Jakarta Pusat
Telephone 021 3844273
Jam Buka -
-
Jenis Masakan Masakan Medan, spesialnya Kepala Kakak Asam Ganja
Harga Rp. 15.000 – 90.000,-
-
Tipe Rumah Makan
Suasana -
Merokok Area Bebas dan Area Merokok
Busana Bebas
Lain – lain Cocok untuk jam makan siang karena penyajiannya cepat, cocok untuk menjamu klien yang suka makanan aceh / medan.

Di tulis oleh : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Kepala Kakap Non Santan

Diajari cara makan kakap

Tasya ketagihan

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Pusat · Wisata Kuliner

7 responses so far ↓

  • 1 Wisata Seru » Blog Archive » Daftar Alamat Rumah Makan Enak di Jakarta (semua pernah kucoba) // May 17, 2010 at 9:11 pm

    [...] Medan Baru Resto (Sudah di Review) Jl. Krekot Bundar Raya no 65 Jakarta Pusat telp 021 3844273 [...]

  • 2 Once // May 18, 2010 at 2:17 pm

    Nyunyun… Hanya masukan aja sh… Gmn klo setiap menu itu di tampilkan harga2nya, karena klo hanya di sebut terjangkau harganya, blm tentu kita semua terjangkau, biarpun itu di katakan terjangkau. Kan lebih enak di tampilkan harganya, biar g kaget aja pas dateng ke restorannya. Biar bisa di kira2 bugdet nya, gt lo Nyun… kan malu juga klo g bawa uang lebih, bukannya bgt Nyun…

    Saran to’ lo Nyun…

    Tq :D

  • 3 caturguna // May 18, 2010 at 6:25 pm

    mbak oncaaaaaaaaaaaay tenkiuuu wat masukannya,… haahha hari ini ada 2 comen yang bilang supaya harga dimasukin hiks… iya nih aku suka lupa sama harga, nanti diusahakan untuk selalu inget harga.,.. tenkiuu mbak oncay

  • 4 Widi // May 25, 2010 at 6:45 pm

    lam kenal.. sy sdh liat2 isinya ; emang seru banget.. btw ini cuma saran yah.. kayanya makin cakep kalo di + peta lokasinya.. anyway pengen jd member tp mentok di password.. kumaha??

  • 5 catur guna // May 25, 2010 at 10:22 pm

    Widiii :) salam kenal … wah terima kasih sudah lihat lihat :) peta lokasi yach ??? heheheee,… sip sip coba kami cari cara untuk bisa memberikan peta lokasi yach … atau mungkin solusi terbaik adalah google map hihihiiii … tapi bener makasih banget buat sarannya yang sangat berarti dan akan diusahakan untuk memberikan peta/ arah jalan/ atau cara menuju ke lokasi :)

    soal member??? oya?? mentok di password??? hm … mungkin bisa di coba lagi, yang jelas kalau kita mengisi semua dengan lengkap, telp dan alamat … seharusnya password nggak ada masalah … hiks, maaf yach … dicoba lagi yaaa…:) jangan patah semangat!! ganbatte… hehehe

  • 6 ludi idwan // Jul 21, 2010 at 1:41 pm

    WAHHHH….., ini dia tempat dimana kita bisa menyantap kepala kakap sampe terhanyut dgn rasa khas sumatra hingga kita smp berfikir “ga ada” pilihan tempat lain selain disini…

  • 7 caturguna // Oct 20, 2011 at 12:16 pm

    @Ludi : betul banget mas luds .. kapan kita makan kesana lagi yaach

Leave a Comment