Menunggu Sentuhan Jari-jari Pemanjat (Panduan Panjat Tebing di Sawarna)

Indahnya Pantai di Lihat dari Atas

Di kalangan para peselancar pantai Sawarna di kabubatan Lebak Banten, sudah lama terkenal karena ombaknya. Bagi para pelancong, pantai di selatan provinsi Banten ini juga terkenal karena keindahanya.

Tapi tahukah anda, selain juga kaya akan tambang batubara dan kayu hutan namun dibalik kerimbunan pepohonan jati yang berdiri di sepanjang pantai Ciantir hingga Pulau Manuk lokasi wisata ini ternyata menyimpan gugusan batuan kapur sepanjang 2 kilometer. Memang sih tidak terlalu tinggi menjulang tapi daerah yang lebih dikenal dengan kawasan gua langir ini sangat potensil untuk diciptakan jalur-jalur panjat bebas.

Foto dulu sebelum Manjat

Dan diakhir tahun 2008 setelah mendapatkan informasi dari Tedy Ixdiana yang lebih dulu membuat jalur di Tanjung layar, kami dari FPTI kota Bogor menyambanginya. Setelah beberapa kali mondar-mandir mempelajari batuan dan memilih lokasi akhirnya kami memutuskan membuat jalur-jalur panjat ini di area yang kami namai blok B.

Dalam tempo 2 hari, disela-sela musim hujan bulan Desember, terciptalah 5 jalur panjat bebas baru dan setelah lebih satu tahun, akhirnya kami pun baru bisa menyepakati tingkat  kesulitan masing-masing jalur. Lambatnya penentuan tingkat kesulitan bukan karena sulitnya kami mengambil keputusan namun karena terbatasnya waktu yang saya punya. Selain sibuk akan pekerjaan juga karena setiap kali libur, saya asik belajar olahraga dirgantara.

Jalur-jalur Sport di kawasan gua langir

No Route Name Type Grade Length

(M)

Runner Created Block by
1 Perdana 1208 Sport

climbing

5.11 7 3 Des 2008 B Rana/Jajang
2 Orderan Sport

climbing

5.9 10 6 Des 2008 B Apip/Yudo/Gery
3 Proyek Borongan Sport

climbing

5.10 12 5 Des 2008 B Jajang/ Apip/ Yudo
4 Ki Lurah Sport

climbing

5.10 6 3 Des 2008 B Rana/ Yudo
5 Pepes WP Sport

climbing

5.12 6 3 Des 2008 B Rana

Pembuatan Jalur

Jalur pertama kami ciptakan, bernama “Perdana 1208” untuk menunjukan jalur tersebut sebagai jalur pertama yang diciptakan di kawasan gua langir di bulan desember tahun 2008. disusul jalur proyek borongan dan orderan karena dikerjakan secara keroyokan, jalur ki lurah untuk menghormati kepala desa yang menunjukan lokasi dan terakhir jalur pepes WP. Meski baru 5 jalur yang tersedia kawasan Gua Langir, bukan berarti lokasi ini tidak menarik untuk anda datangi karena masih banyak bagian lain menunggu jari-jari anda mengukir jalur-jalur baru.

Menuju Lokasi

untuk menuju tebing langir silahkan kontak Handy 0818-08486202. Bapak dua anak ini, ketua karang taruna setempat dan dialah yang terus menemani kami selama pembuatan jalur selama dua hari kerja marathon.

Data jalur yang kami buatpun, kami berikan kepada Handy untuk sekedar dibagi dengan yang mebutuhkan. Tak lupa kami ucapkan terima kasih untuk warga Sawarna  atas keramahtamahannya dan Tedy Ixdiana atas informasi tebing dan sumbangan hangernya.

Penulis: Jajang Dirajanagara (Produser News TPI) – untuk lebih bertanya lebih lanjut tentang artikel ini kepada Mas Jajang, silahkan email ke [email protected] atau ke comment, nanti akan disambungkan ke Mas Jajang pesannya.

Makasih ya Mas Jajang … blog mas jajang : http://rocknrapids.multiply.com

Tebing yang sangat indah




%d bloggers like this: