Soto Batok, Bercitarasa Betawi Bogor di Kalimalang

Soto Batok

Soto Batok. Hm… penampilan yang sangat eksotik ditambah nama yang menggugah selera. Terbayang aroma batok kelapa yang bersanding dengan gurihnya kuah soto. Slruuup … selera makan pun bertambah. Ayam dalam perut berteriak semakin kencang berharap soto pesanan saya datang lebih cepat daripada semestinya.

Sampailah si soto di hadapan saya. Dengan penampilan bak soto bogor yang berwarna kuning keruh, namun dengan aroma santan khas bumbu soto betawi menampar hidungku sehingga tak sabar ingin segera melahap. Tapi, hiks, saya mesti foto foto dulu nih supaya pembaca juga bisa membayangkan sajian yang ada dihadapan saya ini.

Pas saya sruput kuahnya. Eeee??? Hm … rasanya enak sekali… benar benar soto Betawi yang berpose bak soto Bogor. Dengan santan yang matang dan segar, aroma bumbu rempah yang digunakan benar benar terasa saling mengikat satu sama lain. Dagingnya pun yang adalah daging sapi, empuk benar dan hadir dalam jumlah lebih dari cukup untuk menghabiskan seporsi nasi. Karena tak hanya jumlahnya cukup banyak, namun nasi dimakan dengan kuahnya saja pun sudah enak.

Hm ... soto batok dan es semaput (semarak merah putih) hehehe

Tapi ada satu hal yang mengganggu pikiran saya. Semula saya mengira, nama soto batok digunakan karena soto ini dimasak di dalam batok sebelum disajikan atau semacam itu lah. Tapi ternyata, saya resapi dalam dalam, tak ada yang berpengaruh dari rasa soto ini akibat aroma batok. Saya tak sabar dan langsung tanya sama pemiliknya, “Arti Nama Soto Batok ini apa? Apa karena dimasak di batok atau gimana?”, jawabnya, “Ow, bukan. Ini hanya nama saja karena kami menyajikannya dalam mangkuk yang terbuat dari batok. Dimasaknya sih ya dengan panci biasa. Kami hanya ingin menambah selera makan orang dengan tampilan yang eksotik”….

Hm … ya ya ya … dan ternyata saya pun sudah terjebak hahahaa… hanya dengan membaca nama ‘Soto Batok’ memang membuat rasa lapar saya makin membuncah karena membayangkan aroma kelapa yang gurih. Lalu penampilan yang datang kemudian juga membuat saya lebih berselera makan dan ingin makan, makan dan makan lagi … hehehee… Soto Batok yang Lezaaat…

Alamat: SOTO BATOK berlokasi di Kalimalang (Jl. Raya Kalimalang 100 M dari BCA Curug dan sebelum Perempatan Lampiri) Jakarta Timur. 021 98802540

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: