Rabeg, Sajian Penghormatan Warga Serang Pada Nabi Muhammad SAW

Rabeg, Khas Serang

Rabeg. Hayooo!!! udah pernah denger belum makanan jenis ini? Hehehee,… ini adalah makanan Khas Kuno Serang Banten yang dulu cuma ada saat hari raya Maulud Nabi Muhammad SAW. Namun, seiiring berkembangnya zaman, makanan ini sering muncul juga pada acara acara rakyat seperti aqiqah dan perkawinan, bahkan di beberapa rumah makan juga menyediakan menu ini.

Waktu itu saya sendiri nyobain makanan ini karena penasaran dengan namanya yang unik dan cerita tentang sajian penghormatan… Rabeg sendiri adalah makanan berkuah yang terbuat dari kambing beserta jeroannya. Berbumbu rempah rempah namun yang paling menonjol adalah rasa jahe, lada dan cabai. Maklum, dulu Banten memang dikenal sebagai penghasil lada. Sampai-sampai ada daerah yang dinamai Pamarican, pusat penyimpanan dan jual-beli lada pada masa lalu.

Oya makan rabeg juga nggak usah kuatir akan tekanan darah naik, karena tipsnya, usai makan rabeg, makanlah acara atau timun yang emang disediakan sebagai teman rabeg ini.

Hm… ada beberapa rumah makan yang menyediakan rabeg, ya salah dua yang bisa di coba mungkin yang ada di Jl. Banten Raya no 40 Desa Lopang Cilik, Serang dan Rumah Makan Emak Haji di Ciceri, Jalan Trip Jamaksari, Kota Serang




2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: