Oleh Oleh Khas Pangalengan, Serba Susu : Permen Susu, Dodol Susu, Hingga Krupuk Susu

April 3rd, 2010 by · 18 Comments

Suasana Pembuatan Susu Karamel di Pabrik TK Sukamenak

Pangalengan = Susu. Um, betul banget. Pangalengan emang bisa dibilang sentra susu sapi di wilayah Jawa Barat. Dimana mana waktu kesana ketemunya sama sapiii mulu hehehe,… nggak ding … hiperbola … tapi emang yach, di desa desanya, hampir mayoritas penduduknya memiliki sapi yang setiap hari hasil susunya ke pengepul resmi perusahaan.

Nah, tapi susu yang ada di Pangalengan bukan cuma jadi susu minuman aja, karena berkat Ipah Datipah, susu bisa diolah jadi macam macam camilan yang yahui. Sebut saja, dodol susu, susu karamel (permen) dan bahkan kerupuk susu. Akhir tahun 1969, Pangalengan emang dilanda over produksi susu, sehingga sering kali ditemui susu yang terbuang karena basi. Sayang di sayang, Ipah berpikir pikir, akhirnya muncul ide untuk mengolah susu menjadi sesuatu yang tahan lama, jadilah susu karamel (permen susu).

Permen susu ini adalah awal dari usaha lainnya, krupuk dan dodol susu. Tak disangka, permen produksinya laris manis dipasaran, bahkan menjadi makanan khas wajib beli jika anda ke Pangalengan. Luar Biasa yach. Penasaran, saya datangi saja pabriknya. Pas ngeliat cara pembuataanya, ternyata gampang gampang susah. Susu dipanaskan dan terus diaduk sampai sekitar 5 jam, didinginkan, dicetak dan dipotong potong, lalu dibungkus dan jadilah susu karamel yang manis susu alami.

Nah sedangkan untuk pembuatan dodol, Dodol susu dibuat dari susu murni berkualitas yang diproses lebih sebentar dibanding karamel, sehingga masih ada empuk empuknya. Sedangkan kerupuk susu dibuat dari hasil memanfaatkan susu yang tak memenuhi standar kualitas atau diistilahkan dengan susu pecah.

Cepat sekali membungkus permennya ... waaah mereka rata rata sudah bekerja disini selama puluhan tahun dari kecil

Pembuatan kerupuk susu mengandalkan bahan baku susu pecah dari KPBS. Gumpalan susu dari susu pecah dicampur dan diaduk dengan tepung tapioka, lalu dikukus. Kemudian dipotong-potong dan dijemur selama tiga hari sehingga menghasilkan kerupuk dengan rasa asin-gurih.

Alamat Belanja : Susu Karamel TK. Kp. Sukamenak RT 04 RW 18 Jl. Chincona No 4 Pangalengan … Ipah Datipah 081321325192 – 081809657965 – 08172304202 – 02292755676

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Bandung - Lembang · Kuliner Jawa Barat · Wisata Kuliner

18 responses so far ↓

  • 1 Bayu // Jul 5, 2010 at 1:06 pm

    permen susu karamel produksi ibu ipah itu kan ya? dulu thn 2005 ak pernah maen ke temen di pengalengan, trus bw oleh2 permen ini. skrg kangen pengen cicipin lg :) pny no telp nya ibu Ipah ga yah?

  • 2 caturguna // Jul 5, 2010 at 9:39 pm

    bayu : iya permennya enak :) ada ada… nih akhirnya ketemu juga kartu namanya hehee :) Ipah Datipah 081321325192 – 081809657965 – 08172304202 – 02292755676

  • 3 bajuqueen // Jul 9, 2010 at 2:55 pm

    alhmdulillah ktmu no hp ibu ipah dsini mksih y :)

  • 4 caturguna // Jul 12, 2010 at 10:38 pm

    syukuuur kalau bermanfaat yach :) jadi ikut seneng kalau pembaca wisataseru bisa mendapatkan manfaatnya :)

    salam wisataseru :)

  • 5 Kukuy // Oct 9, 2010 at 3:20 am

    walaah…nyampe juga wisatanya ke Pangalengan…mantep Mbak, soalnya dulu waktu kecil aku tinggal disana pas ikatan dinas kerjaannya ortu. Dulu sebagian susu yang dikumpulin di KPBS itu dari peternakanku loh hehe. Jadi kangen nih sama Pangalengan, kangen permen karamel, kerupuk susu n kangen berendam di pemandian cipanas…klo Ibu Ipah mah dulu suka ketemu, lumayan dapet permen karamel gratis…tis..tiss

  • 6 caturguna // Oct 9, 2010 at 6:55 am

    wah seru seru seru … kukuy berarti tinggal berputar putar yaa … makanan paling enak dari daerah mana ya??? aduuuh senengnya yaa :) hehehe ….

    Iya permen karamel susu dan kerupuk susunya enak banget … terutama aku paling suka ma kerupuknya siih… gurih banget

  • 7 Kukuy // Oct 9, 2010 at 8:23 am

    Klo mo makanan paling enak mah tinggal minta bikinin ke Ibuku Mbak, masternya masak dah. Pernah ngebayangin surabi sampe prancis? Dendeng balado sampe belanda?! ya itu bikinan Ibuku…pamer dikit boleh dong, atas dasar bangga soalnya hehehe. Klo ditanya daerah yang paling enak makanannya ya tergantung tipe makanan yang disuka tentunya, klo yang pedas-pedas daerah sumatra, kalimantan n sulawesi jagonya. Untuk manis daerah jawa paling pas…

  • 8 anton wahid // Dec 25, 2010 at 5:04 pm

    usaha kerupuk susu emank bgus,,,q udh lama buka usaha sprti ibu,,mkax pngn juga berkunjung di tempat ibu,,salam dari sulawesi

  • 9 tatee // May 16, 2011 at 9:02 am

    mau ke pengalengan niy akhir bulan ini, kindly info donk tempat wisata yg seru, dan bersihhhh (krn bawa baby). fasilitasnya musti lengkap, minimal ada kolam renang supaya si kk gak bete :). Tempat2 utk wisata kuliner + wisata belanjanya juga ya…:) ditunggu loh infonya….makasiy all…

  • 10 osin // Aug 8, 2011 at 4:49 pm

    saya kepingin sekali belajar membuat permen dan kerupuk susu, apa dari tempat ibu Ipah mau memberikan pelatihan untuk saya, kebetulan ada rekan yang menawarkan susu yang expired date-nya sudah dekat, kira2 seminggu lagi, mohon jawaban segera, terima kasih.

  • 11 caturguna // Aug 12, 2011 at 3:25 am

    waaahhh … coba langsung datang ke lokasi yach hehehee… ngga tau saya … tapi kayaknya ada pelatihannya kok

  • 12 vira // Sep 11, 2011 at 9:32 am

    untuk karya wisata tk kira2 cocok ga yaa??

  • 13 caturguna // Sep 14, 2011 at 4:15 pm

    @vira : kayaknya cocok deh .. soalnya sering dijadiin kunjungan disana … dan sebaiknya izin dulu supaya disiapin juga ama pemiliknya apa apa yang mau diliat nantinya oleh peserta karya wisata

  • 14 ahmad malik // May 9, 2012 at 12:43 pm

    minta tolong ada cabang di bandung tidak ?, buat membeli dendeng sapi, tks

  • 15 caturguna // May 24, 2012 at 4:03 pm

    @ahmad : waduh ga tau kalau itu yah coba dikontek aja ya pemiliknya

  • 16 jono // Jun 1, 2012 at 9:52 am

    syukur atuh neng ayi tiasa ngaraosan mah

  • 17 mama alexa // Nov 5, 2012 at 11:25 am

    Permen susu nya enaaaaaaaaaaaaaaak :)

  • 18 lisye // Jul 23, 2013 at 1:41 pm

    Permen susunya uenaaaaakkk banget… Maknyuuuus… Di Jakarta ada ga ya???

Leave a Comment