Nikmatnya Menyantap Hidangan Khas Solo di tengah Taman Asri Bintaro

Oseng Oseng Mercon

oseng oseng mercon

Waaah, hari ini secara nggak segaja, saya dan kawan saya Mas Maman, nemu sebuah rumah makan yang nuansanya asri banget di kawasan Bintaro. Namanya Rumah Makan Kampung Bunga. Sesuai namanya, resto ini dipenuhi oleh Bunga di setiap sudutnya. Dengan luasnya yang mencapai 1000 meter persegi, resto ini tampak bagai taman yang indah dengan saung saung kecil sebagai tempat makan lesehannya.

Untuk menuju ke saung pun, kita akan melewati jalanan tanah yang diberi bebatuan untuk menghindari sepatu tercemari tanah dan ketika duduk santai menunggu makanan tiba, kita akan mendengar gemericik air kolam. Waaah,… nuansanya asri pokoknya.

Untuk makanannya sendiri, disini mulai dari hidangan pembuka, utama hingga penutup, semua serba khas Solo Jawa Tengah. Nah, pas kemari, kami memesan Es Dawet Pasar Gede. Diberi nama Pasar Gede sendiri, karena pernah denger sih, katanya dawet paling top di Solo itu ya Dawet Pasar Gede.

Ya, meski saya nggak pernah menyeruput dawetnya pasar gede asli, tapi es dawet yang ada dihadapan saya saat ini benar benar menggugah selera saya. Dawet ini berisi ketan item, bubur sum sum, cendol, nangka dan tape yang kemudian disiram dengan santan cair yang ditambah beberapa bongkah batu es. Rasanya begitu segaaar.

Untuk makanan, saya memesan Tengkleng Iga Sapi Bakar. Waaah, setahu saya tengkleng itu modelnya sop seperti gulai berwarna kekuningan agak coklat berbahan baku kambing. Kambingnya pun yang digunakan adalah tulang belulang, jeroan, kepala kambing, buntut dan kaki kambing.

Tapi ternyata Tengkleng disini sudah disesuaikan dengan minat bakat (bakat lidah orang Bintaro xixixiiii) warga sekitar yang menjadi target pasar. Jadi Tengkleng disini bukan hanya bisa milih mau dari sapi atau kambing, tapi juga isinya adalah iga yang berdaging. Hebohnya lagi, ada pula Tengkleng Iga Sapi Bakar yang menjadi top ten di rumah makan ini.

Pas di iris, dagingnya empuks euy. Terus langsung di lahap,… eee rasanya mirip konro bakar. Tapi ini bukan konro bakar, karena kuahnya beda. Kuahnya berwarna kuning dengan pemberian kunyit dan santan yang membuat kuahnya jadi berbeda dari kuah konro yang beraroma kayu manis dan kluwek.

Saya juga memesan sate buntel. Yaaa…. hayo ada yang tahu apa itu sate buntel? Ini makanan khas Solo banget yang merupakan makanan orang orang berkelas. Terbuat dari daging kambing cacah yang kemudian di bungkus dengan lemak kambing, lalu dibakar. Rasanya? Manis dengan aroma khas sereh yang kuat.

Nah kalau temen saya, mas Maman, ia memesan oseng oseng mercon. Dia mengaku ingin mencoba kepedasan oseng oseng mercon yang ada disini. Begitu datang, wow… warna merah yang berpadu dengan piring putih bersih dan taoge jumbo kemrenyes, plus seledri, sungguh menggoda untuk segera dilahap yach.

Komentar Mas Maman pun, “Pedasnya meletus letus dalam mulut”. Atau dalam bahasa gaul Surabayanya, “Poeeeedese Pooool Rek rek”. Ya gimana nggak pedes, wong warna merahnya semua itu terbuat dari cabe rawit hehehee… Isinya sendiri ada toge, daging sapi, kikil, seledri dan cabe ungkulnya juga ada. Ini sih buat yang doyan pedes banget, jadi tuh cabe bisa di pletus sendiri di piring pake sendok.

Kiri : nikmatnya makan ditengah taman ... kanan dan bawah : foto bersama personil kampung bunga yang sangat ramah

Wow wow ow …. makan siang yang menyenangkan. Dapet nuansanya, dapet kenyangnya. Ditambah pelayanannya yang cepat, ramah dan Solo banget, penuh dengan keramahan. Oiya, karena sudah total ingin berkonsep Solo, maka pelayan yang ada disini 90% adalah orang Solo asli.

Buat yang pengen icip menu menu khas Kampung Bunga, sebetulnya nggak usah jauh jauh ke Bintaro juga bisa, karena di Jakarta terdapat cabang cabangnya, namun dengan nama Omah Solo. Jualannya sama, hehehe karena memang semua dimasak satu panci yang baru kemudian di distributorkan ke tempat tempat yang ada.

Menu lain yang disediakan selain ke tiga menu utama tadi, disini juga ada soto nggading, timlo solo, selat, liwet dan aneka camilan.

Alamat Wisata Kuliner : Kampung Bunga Resto. Jl. Tegal Rotan 72, Bintaro Sektor 9. 021 7486 8159

Cabang : Omah Sendok, TB Simatupang 31a Cilandak Jaksel dan Buncit Raya 21a, Pancoran Jaksel

Pengalaman dan Foto : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: