Lezatnya Aneka Menu Khas Cirebonan, Mulai dari Nasi Daun Jati sampai Sate Kalong

April 14th, 2010 by · 5 Comments

Nasi Jamblang di Kembang Goela

Nasi Jamblang. Makanan Khas Cirebon Jawa Barat yang memiliki ke khas – an, dibungkus dengan daun jati. Penyajian untuk lauknya, biasa bersifat prasmanan seperti sambal goreng yang berasa manis, tahu berkuah, paru, semur, perkedel, sate, telur, ikan asin, tempe dan cumi hitam yang dimasak dengan tintanya.

Menurut Buku Pramoedya Ananta Toer yang saya baca dengan judul Jalan Raya Pos Jalan Daendels sendiri, nasi jamblang ini memiliki sejarah panjang. Ia tercipta ketika Gubernur Daendels memerintahkan pembuatan jalan dari Anyer ke Panarukan (sekarang jalur pantura).

Maklum saat itu rakyat masih miskin ya, belum ada yang bisa beli rantang. Jadi untuk membungkuskan makanan bagi para pekerja, digunakanlah daun jati, karena jika dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Rahasianya? karena daun jati memiliki pori pori yang dapat membantu nasi tetap enak meski disimpan dalam waktu yang lama.

Nah, foto nasi jamblang ini sendiri saya ambil ketika ada Festival “Heritage of Cirebon” di resto Fine Dinning Kembang Goela. Selain nasi Jamblang disini juga ada aneka macam makanan lainnya yang khas Cirebon.  Mulai dari makanan berat seperti nasi lengko, empal gentong, nasi jamblang lengkap dengan puluhan lauknya, sate kalong, tahu gejrot sampai makanan ringan seperti kue tapel, botok roti, botok mento, kue ku, dan aneka jajanan lainnya yang dikemas secara modern dan higienis.

Soal rasa nasi jamblang di kembang goela ini, wow…. Luar biasa, sedeeeep banget. Akibat dari dibungkus daun jati, nasi jadi terasa lebih gurih dan harum. Belum lagi lauk yang disediakan, walah walah… cumi yang di masak item nya (dimasak pake tinta cumi)… amboy enak banget. Rasaya gurih, nggak terlalu pedes dan enggak terlalu manis. Cuminya juga empuk enggak alot kayak karet, enak banget deeee… nendang!!!

Terus urapnya juga wangiiiiii banget. Segernya juga dapet banget. Aneka sate mulai dari sate udang sampe sate telurnya juga bikin pengen nambah… tapi saya harus menahan napsu untuk makan banyak, karena masih banyak makanan yang harus diicip niiii.

Kalau di Cirebonnya sendiri, penjual nasi Jamblang yang paling terkenal adalah Nasi Jamblang Mang Dull yang membuka warungnya sejak dari jam 4 pagi hingga jam 2 siang. 

Nasi Lengko di Kembang Goela

Nasi Lengko

Buruan ke dua saya makan nasi lengko. Waaa ini nih makanan sehat banget. Vegetarian cocok ni. Karena sama sekali enggak ada hewani nya. Jadi nasi lengko itu, nasi yang lauknya, timun, tahu, tauge dan sayur lainnya kemudian disiram bumbu kacang dan dikasih kerupuk. Biasanya sih, krupuknya ini lantas dikasih kecap. Waduuuu seger banget, makan nasi lengko enggak ada neg nya, perut jadi kerasa seger karena bahan baku yang digunakan pada festival di Kembang Goela ini sungguh segar berkualitas.

Sate Kalong di Kembang Goela

Sate Kalong

Terus saya pergi ke stand sate kalong. Hm… kirain sate kalong itu sate kelelawar, abis penampilannya juga kayak kelelawar. Tapi bukan, ternyata dikasih nama sate kalong karena di Cirebon sana, pedagang sate kalong baru berjualan pada malam hari.

Soal rasa sih, sate kalong ini mirip banget sama dendeng. Bentuknya tipiiiis dan maniiiiis banget. Sate kalong memang daging sapi yang diiris tipis lalu ditusukkan ke lidi tusukan sate dan dibumbu kacang yang manis juga.

Tapel

Hm… ketika saya melintas di bagian jajanan khas Cirebon, walaaah mata saya tidak tahan untuk menelusur dan akhirnya membuat lidah saya tak tahan untuk segera melahap. Semuanya tampak sangat menggiurkan.

Tapel kalau di Tegal namanya Tempel

Akhirnya saya makan tapel. Kalau di tegal, tapel ini namanya kue tempel. Terbuat dari beras, pisang dan gula jawa… hm… luar biasa lekker banget, gurih abis, renyah dan legit nya bakal bikin kamu kangen kangen dan kangen… perutku yang sudah kenyang pun tak kuasa melahap 2 buah tapel ukuran jumboooo…

Usai menyantap tapel, mata saya tak tahan melihat bungkusan daun pisang bertuliskan botok mento. Apalagi ini??? mentoooo??? Ah sebodo amat dengan nama, saya keburu napsu pengen nyobain. Wow… yang ini juga enak. Rasanya legit banget. Bikin gemes.

Karena perut sudah tidak muat, akhirnya saya beristirahat dan pulang sambil bermimpi untuk kembali ke kembang goela menikmati masakan Indonesia lainnya. Oya, tapi menu ini hanya ada saat festival yang memang rutin diadakan oleh Kembang Goela tiap 6 bulan sekali yach, dimana tema daerah-nya pun selalu berbeda.

Alamat Wisata Kuliner :

1. Kembang Goela. Plaza Sentral. Jl. Jendral Sudirman KAV 47 – 48 Jakarta Selatan. 021 520 5625

2. Warung Nasi Jamblang Mang Dull. Letaknya di daerah Gunung Sari, tepatnya di jalan Dr. Cipto Mangunkusumo tepat di seberang supermarket Matahari. Cirebon. (Buka dari jam 4 pagi – 2 siang)

3. Nasi lengko agak sulit ditemukan di tempat lain kecuali di Jl. Pagongan, Cirebon. Warung milik H. Barno

Di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

 
 

Categories: Kuliner Cirebon · Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Selatan · Kuliner Jawa Barat · Wisata Kuliner

5 responses so far ↓

  • 1 Wisata Seru » Blog Archive » Daftar Alamat Rumah Makan Enak di Jakarta (semua pernah kucoba) // May 17, 2010 at 9:05 pm

    [...] (Sudah di Review) Kembang Goela Plaza Sentral Jl. Jendral Sudirman KAV 47 – 48 Jakarta Selatan phone 021 [...]

  • 2 wong cherbond // Sep 21, 2010 at 8:45 am

    wow wow wow… ralat ralat…. nasi jamblang mang dul bukan depan matahari supermarket tapi d dpn grage mall

  • 3 sophianovita // Sep 21, 2010 at 8:12 pm

    ow wow wow wow…ahahaha..maap ya, secara bukan penduduk cirebon :p…
    thanks utk ralat nya ya *hug*

    tulisnya “Grage Mall” gitu?

  • 4 Aneka Resep Masakan // Oct 1, 2011 at 10:32 am

    maknyuss nih

  • 5 Multi Info // Nov 25, 2012 at 9:31 pm

    makan makan, jd laper

Leave a Comment