Iga Sambal Terasi yang Empuk Mrepul Khas Leko

Iga Penyet Leko

Sudah lebih dari 5 orang yang mengatakan pada saya tentang kelezatan Iga Leko. Hm,… meski penasaran setengah hidup, tapi apa daya, lokasi Pluit Jakarta Utara adalah tempat yang cukup jauh dari tempat tinggal saya.

Hingga suatu hari di mangga dua ITC, saya menemukan sepotong sinar berwarna orange bertuliskan Leko. Meski saat itu saya baru saja makan bersama teman teman, saya langsung tanpa babibu menuju ke resto tempat tersebut dan bilang, “Mbak kalau dibungkus masih enak gak?”, “Ow masih, banyak kok yang bungkus”, “Ya udah mau deh 1 yang Iga Penyet”. “Pedes atau nggak?”, “Nggak”. “Sama sekali?”, “Iya”.

Cuma 7 menit dan bungkusan pun tiba dihadapan saya dengan aroma yang, kok saya jadi laper lagi…. Hiks … tapi malu mau dimakan, soalnya sudah bilang bungkus. Oke, langsung buru buru pulang naik kereta dari stasiun kota menuju ke stasiun terdekat dari tempat tinggal saya di Jakarta Selatan.

Buka pintu dan langsung ambil cobek, ditata lengkap dengan sayurannya, ambil kamera dan saya pun langsung jepret jepret jepret. Begitu cukup … langsung santaaaap. Wow wow wow … nggak heran kalau banyak teman aku yang kepincut dengan Iga Leko ini. Ternyata emang enak.

Cerita dari daging dulu. Dagingnya empuks banget. Ini pasti sudah melalui perebusan yang sangat lama. Sehingga kesenggol sendok aja, ini daging langsung copot tanpa perlawanan dari tulangnya. Bumbu dagingnya juga meresap dengan rasa gurih yang nagih.

Sambalnya??? Lah ini yang dahsyat!!! Saya bukan maniak sambal, tapi saya cukup terkesan dengan jejak aroma terasi udang yang membuai lidah. Lembut sekali dan memiliki after taste yang lumayan kuat (hehehe jadi tips buat yang makan sama pasagan, kalau abis makan disini bawa permen ya, soalnya dijamin anda akan memakan sambal terasi udangnya ini sampai tetes sambal terakhir. Enak banget. Udah gitu beneran dibuatin nggak pedes, ini buat anak anak juga bisa, mereka kalau suka terasi pasti doyan banget.

Nah, tapi jangan kuatir, buat yang gak suka sambal terasi, disini ada iga hotplate yang dibumbui kecap dan dibakar di atas piring panas (hotplate, hahahaa apakan ini artinya ya?) … Atau bisa juga iga kuah (sop iga) atau iga goreng tepung panir yang nantinya kita makan dengan kuah bening mirip kuah bakso.

Alamat Wisata Kuliner : Warung Leko, Pantai Indah Kapuk, Ruko Cordoba F-19 (pindahan dari F-11). Jakarta Utara Telpon 021 97797707

Ditulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: