Haisom, Menu Mahal yang Banyak Manfaat dan dipercaya akan membawa Rejeki jika dimakan saat Imlek

Teripang atau haisom

Teripang. Binatang Laut yang bentuknya lonjong bullet dan kenyal kenyil. Nyangka gak sih kalau ternyata jika dimakan rasanya enak luar biasa. Gurih serasa makan kikil (tapi lebih gurih dan lebih padat) dan khasiatnya pun tak main main, selain baik untuk melawan kolesterol, stroke, dan penyakit mematikan lain, juga baik untuk kecantikan terutama untuk kekenyalan dan kesegaran warna kulit.

Sebelum bisa dimakan, binatang ini harus diolah dulu dengan teknik yang teramat panjang dan mesti benar. Karena salah sedikit dalam pengolahan maka rasa teripang pun akan sedikit penyimpang dari seharusnya yang gurih dan tidak terlalu amis.

Karena cara mendapatkan dan pengolahan yang susah, teripang pun harganya bisa dibilang selangit. 1 kilonya, yang kualitas biasa, harganya sekitar 300ribuan. Sedangkan untuk kualitas bagus, bisa mencapai jutaan rupiah perkilonya. Hm … karena mahal ini pula, jarang resto yang menyediakan menu teripang atau kalau sudah sampai rumah makan berganti nama menjadi Hoisom ini. Tapi jika sudah mulai mau imlek, maka resto Chinese food biasanya berlomba menyajikan menu hoisom ini.

Karena menurut beberapa warga tiong hoa –terutama yang tinggal di sekitar pecinan Glodok Jakarta Barat- dengan memakan hoisom saat imlek maka tahun di depan akan berjalan bagus, baik bagi dirinya maupun anak cucunya. Jadi, meski gak punya duit, mereka tetap akan berusaha untuk beli hoisom meski cuma mampu membeli dalam jumlah sedikit.

Hm … tertarik dengan rasanya? Hoisom ini bisa dimasak apa aja kok, dimasukkan dalam masakan capcai, sup atau bahkan di tumis biasa aja, rasanya enak. Coba kunjungi saja supliernya yang ada di kawasan Pecinan ini… Koh Andre yang jual ini juga pintar memasak lo, waktu kesana saya dibuatin tumis teripang… wow rasanya dahsyat!!! Jadi kalau nggak tau mau dimasak apa, coba minta resep saja sama koh nya ini…

Alamat Supplier Hoisom : Gg. Petak 9 Glodok Pancoran Mas, Jakarta Barat. Kalau bingung, calling aja langsung pemiliknya, Andri/ Khianfa 0812 999 6263 / 021 56959226

Ditulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: