Gurihnya Kacang di Segernya Kaldu Soto Gareng Khas Banyumas

Banyumas ternyata nggak cuma soto jalan bank di Purwokerto, soto sokaraja di Sokaraja, tapi juga punya soto Banyumas – nya sendiri. Yang sudah lama dan masih tetap berkibar selalu diantri dan habis di tengah hari adalah Soto Gareng.

Tempatnya di kampung, bukan di jalan besar. Warungnya pun sederhana hanya macam rumahan. Tapi yang antri bejibun dan peminatnya rata rata kalangan menengah atas, tuh lihat mobilnya keren keren yang terparkir di depan warung, heheheee.

Penasaran dengan rasa si soto, masuklah diriku ke dalam dan memesan semangkuk yang ternyata seperti soto soto Khas Banyumas (purwokerto dan sokaraja) lainnya,  semangkuk kecil yang ukurannya pas buat perut wanita dan biasanya pria sendiri langsung memesan dua mangkuk sekaligus.

Warnanya juga sama coklat coklat dan dihias dengan krupuk, irisan daun bawang segar, bihun, kupat, daging ayam kampung berwarna putih bersih dan taoge. Namun untuk kuahnya, dia coklatnya bukan lagi mutlak warna kecap, karena ternyata warna itu didapat dari bumbu kacang. Sehingga kuahnya agak kental.

Hm … rasa kaldunya yang gurih bercampur dengan bumbu kacang yang wangi, menjadi kesatuan kuah yang lembut dilidah dan pas untuk dimakan bersama ayam kampung yang bertekstur halus. Oya, pokoknya kalau suka makanan manis, atau soto dengan citarasa manis (soto jl bank dan soto sokaraja bercita rasa asin), ya soto gareng ini tempatnya.

Oya, kalau mau kesini mending telpon dulu aja kali yach,… karena jam bukanya benar benar tidak pasti, asal jualannya habis, ya tutup. Bahkan kalau lagi laris banget, pagi juga sudah habis hehehee… enak sih … jadi … nih alamat dan nomor telpnya.

WARUNG SOTO GARENG. Jl. Kulon no 685, Banyumas. 0281 796 477

Ini dia Warungnya dan diriku yang asyik narsis




2 comments

  • yosep dan oening 🙂 sama sama … pengalaman yang Indah di Banyumas menyantap soto yang nikmat … waaah boleh di tulis dong untuk informasi soto gareng yang ada di Purwokerto dan Wanareja sekalian nomor telpnya yach 🙂 makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: