El Pueblo, Gunung Batu jadi Resort Mewah (Panduan Wisata ke Peru 1)

El-Pueblo-21

“Libertad Fujomori!” , “Fujimori Innocente!” (Bebaskan Fujimori. Fujimori tidak bersalah). Tulisan di tembok-tembok perumahan di kawasan El Pueblo masih belum dihapus, meski Fujimori yang mantan Presiden Peru itu telah dijebloskan ke penjara karena kasus korupsi. Tapi nama Fujimori masih tetap harum pada kebanyakan penduduk miskin yang tinggal di pegunungan batu di El Pueblo, sebuah kawasan suburban tak jauh dari Kota Lima, Peru. Bagi mereka Fujomori adalah korban dari anak buahnya yang korup. Fujimori sendiri bersih.

Fujimori sendiri memang banyak mendapat dukungan dari warga El Pueblo. Di antara perkampungan kumuh di atas bukit-bukit batu dan pasir yang menjadi pemandangan khas di Amerika Latin, terdapat sebuah resort mewah. Saya berkunjung ke sini dalam rangka “tugas negara” yakni menyiapkan sebuah tempat yang nyaman buat rombongan presiden kita untuk bersantap siang.

Kami diajak berkeliling di kawasan yang sudah disulap dengan beberapa bangunan vila, padang rumput, golf, ranch, kolam renang dan wahana permainan anak-anak. El Pueblo sendiri berarti desa. Karenanya vila-vila di sini dikonsep sebagai perkampungan Spanyol. Untuk mengelingi kawasan puluhan hektar ini kita akan menaiki “kereta api” dan beberapa truk-truk tua. Beberapa vila mewah bahkan diletakkan di atas gunung dengan escalator berkabin yang dibuat khusus dan hanya bisa digunakan secara eksklusif oleh penyewa.

Ada banyak restoran fine dining di sini. Anda bisa memilih menu ala eropa atau yang khas Amerika Latin. Di depan restoran terdapat beberapa kios yang menjual banyak kerajinan fine art. Anda bisa membeli selimut, bolero, baju hangat dari woll dari alpaca dan beberapa karya tenun suku Indian Inca. Harganya lebih mahal dari di Indian Market di Kota Lima.

Satu hal catatan saya terhadap El-Pueblo adalah, kehadiran resort mewah ini begitu mencolok di antara kawasan perbukitan kumuh di sini. Kedua, saya takjub bagaimana pemilik vila mewah ini menyulap bukit batu menjadi hijau dan sangat indah.

Penasaran dengan tarif vila di resort ini? Harganya dijual mulai dari 250 USD sampai 2500 USD. Memang banyak tipe rumah dan vila dan sesuai dengan kantong Anda. Jadi jika kebetulan ada vakansi ke Lima, El Pueblo bisa masuk dalam rencana berlibur Anda.

Penulis : Apni Jaya Putra. Bekerja di RCTI, dipekerjakan di PT Sun Television Network. Juga dosen bidang media studies dan broadcasting di beberapa kampus di Jakarta.

makasih ya Pak Apni – Blog Pak Apni : http://apnijepe.blogspot.com


Machu Picchu Adventure

Machu Picchu Adventure

Machu Picchu Adventure

Wisata Seru Machu Picchu

Berkenalan dengan keindahan suku Inca dalam perjalanan menuju ke Peru. Melebur dalam budaya masa lalu dan masa kini di daerah perbukitan yang mengelilingi Cusco membuai dan menghipnotis kita dengan indahnya pesona Sacred Valley sepanjang perjalanan kita menuju ke Machu Picchu. Dengan modal naik kereta api, justru kita bisa memiliki banyak waktu untuk menjelajah reruntuhan, museum dan pasar. Dengan pengalaman yang sudah mumpuni, tour guide akan mengajak anda menelusuri indahnya wilayah ini.









8 comments

  • Husein Djajarahardja (troy)

    Hallo sophia/ caturguna, salam kenal.
    Aku lahir dan besar di Bandung dan ketika umur 22 (1968), pindah ke Brasil dan tinggal disini sampai sekarang. Saya baca kalian pernah ke Peru yang adalah tetangga Brasil. Semua negara2 di amerika selatan berbatasan dengan Brasil kecuali Equador dan Chili.
    Kalau ada niatan mengunjungi Brasil, aku bersedia memberikan bantuan (cuma2) untuk penjemputan dan antar2 disini. Sedikitnya lebih aman dari pada jalan sendirian. Bahkan kalau sedikit orang kalian bisa tinggal dirumah kami. Saya tinggal bersama isteri dan 2 anak (perempuan dan laki) di Santo Andre, yaitu kota satelit dari São Paulo. Saya sendiri sudah pensiun dan setiap tahun mampir ke Indonesia sambil mengenal negara2 yang belum saya kenal.
    Saya sering menjemput oarang asal Indonesia baik yg saya kenal atau belum kenal sebelumnya dan baik dari pemerintahan ataupun swasta.
    Sebaliknya juga saya sering mampir di negara2 lain dijemput dan di antar2 oleh oarang2 asal Indonesia, yang kadang2 hanya saya kenal liwat internet sebelumnya.

    TROY

  • husein 🙂 halooowww Pak 🙂 waaaahhhhh Brasil pasti indah yaaa … hehehee kapan ya bisa kesana 🙂 semogaaa!!!! jadi kalau kesana saya bisa hubungi pak husein yach 🙂

    oya ini yang pergi ke el pueblo adalah guru saya, atau lebih tepat disebut atasan saya di kantor hehehee … dia adalah pemimpin redaksi TV swasta yang suka mengambil waktu untuk backpacker sendirian 🙂

    makasih banget yaaa … okay teman teman ,… siapa yang mau ke brasil bisa menghubungi pak husein yach …. nanti saya simpan emailnya dan kalau ada yang mau kesana, akan saya kasih email pak husein

  • Husein Djajarahardja (troy)

    OK, silahkan kasih kabar kalau ada yg mau ke Brasil. Akan saya jemput dan bisa saya antar2. Mau Tanya nih, kalau aku mau ke Hong Kong dan Macau, apa ada teman yg tau tempat2 disana dan bisa nemanin saya ???
    Salam

    TROY

  • troy : waaahhh asyiknyaa…. hayu hayu sapa yang mau ke brasil??? sudah ada kawan niiiee … waaahhh saya ke hongkong dan macaunya semi backpack … jadi inepnya di hotel hehehe … jadi gak tau deh gak ada kawan disana …

    hayu hayu yang punya teman backpacker yang biasa temani kawan … mohon bantuannya 🙂

  • HALLO SEMUANYA…. SENANGNYA BISA BERGABUNG OBROLAN DISINI.KEBETULAN AQ JUGA ORANG YG SUKA BERPETUALANG…. KEBETULAN KERJA AQ SEBAGAI PEMANDU WISATA DI BANDUNG.
    PAK HUSEN KALAU MELIHAT DARI NAMA ORANG SUNDA YAAA???KALAU SAYA MAH URANG USA PAK…. ALIAS URANG SUNDA ASLI HEHEHEH….
    BOLEH TANYA PAK DARI BRAZIL KE PERU MENGHABISKAN WAKTU BERAPA LAMA???PAKAI TRANSPORTASI DARAT ATAU UDARA???
    PENGEN SEKALI SUATU SAAT SAYA MENGINJAKAN KAKI DI BRAZIL ATAU DI PERU DAN MENGUNJUNGI EL PUEBLO….DAN MENGUNJUNGI BAPAK N KELUARGA.
    BOLEH TAHU E MAIL BAPAK??
    TERIMA KASIH ATAS SEMUA INFO NYA YAAA
    BUAT MAS CATUR WILUJENG JALAN JALAN ATUH KA HONGKONG NYAAA….

  • @yetty : waaahhhh guide di bandung??? asyik nya besok kalau ke bandung ada yang mamandu hehehee ….. oyaa yetty ,… pak apni ini bukan tinggal di el pueblo … beliau adalah pekerja TV yang kebetulan saat itu sedang bertugas ke sana dan akhirnya menceritakan pengalamannya deh hehehee ….

    dan oyaaa heheheee diriku ini wanita hehehee … tenku dan salam kenal yetty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: