Serunya Petualangan Alam di Baturraden Banyumas

Waaah, ini sih sudah cerita lama hehehee… sekitar 5 tahun yang lalu, liburan sama keluarga ke Baturaden Banyumas (jadi kalau sekarang ada perkembangan terbaru, kurang tau juga nih). Tapi saya mau bagi dikit pengalaman saat ke sana.

Foto Bersama Cece Martina, Meme Klaudia dan itu Oce Sophia lagi menikmati sejuknya air

Baturaden ini adalah salah satu tujuan wisata kalau orang ke Banyumas. Sebelah utara atau 20 menitlah dari Purwokerto, di lereng Gunung Slamet. Jalanannya cukup menanjak, dengan ketinggian sekitar 640 mdpl. Hawanya sejuk, dan masih alami gitu deh. Kalau kesini pas liburan? wow ramenyaaaa … rame banget.

Gimana gak rame, wong tiket masuknya murah, hehehe cuma 3.000 rupiah sajo/ orang. Begitu masuk, kita akan disambut taman yang cukup rapi dan berbagai fasilitas permainan anak anak. Lalu ada sungai yang membelah lokasi dimana kita bisa menyeberang lewat jembatan yang kokoh atau memilih berbasahan sedikit dengan melewati bebatuan kali hitam yang besar besar.

Kami sekeluarga sih memilih lewat bebatuan ya … sekalian foto foto narsis dan bermain air yang jernih banget. Airnya sejuk dan segar deh. Ya… namanya juga air pegunungan ya hehehe.

Di Baturraden sini ada tempat namanya Pancuran Pitu yang terletak di ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Kalau mau kesana bisa 2 alternatif, naik kendaraan umum atau jalan kaki menanjak melintasi hutan.

Mau lewat jembatan??? atau lewat sungai berbatu???

Kalau memilih alternatif ke dua dengan jalan kaki, kita akan menjumpai pancuran tiga, dimana disana terdapat pemandian wisata air panas (belerang). Disebut pancuran 3 karena disini ada tiga kolam dimana 2 kolam lainnya berisi air dingin.

Nah kalau sudah sampai pancuran Pitu (tujuh), kita akan melewati tangga yang cukup banyak dengan kelokan kelokan setajam silet… wuiiik salah ya.. hehehe maksudnya nikung aja gitu. Disana nanti ada tujuh buah pancuran kecil yang mengalirkan air hangat ke sebuah kolam kecil di sana.

Layaknya di Bali, disini juga banyak penjaja jasa pijat dan lulur, tapi pake belerang. Nah, habis relaksasi pijat pijatan, masak iya sih pulangnya musti jalan kaki lagi selama 30 menit lebih??? hiks… nggak dong … hehehe karena kan bisa naik angkot pulangnya.

Oya, kalau mau kesini, sebaiknya jangan lupa bawa baju ganti dan handuk, juga sandal atau sepatu yang nyaman. oke Selamat Berlibur di Baturraden

Di tulis oleh : Catur Guna Yuyun Angkadjaja, di dedikasi-kan untuk meme tersayang Klaudia Agustina Angkadjaja




6 comments

  • waaah dah lama banget ya tiketnya aja 3000 perak, sekarang dah 5 rb klu gak salah. di Baturraden sekarang dah nambah obyek wisata yaitu baturraden Adventure Forest biasa disebut masyarakat sekitar BAF.
    bisa liat liat websitenya di bafadventure.com

    salam kenal
    wiwik

  • wakakakak iyaaaa 🙂 itu udah lama banget, wajahku masih polos tanpa dosa hehehe 🙂 mbak wiwik dari pihak baturaden kah? mbaaaak bisa loh ikut kontribusi untuk nulis artikel di wisataseru 🙂 mau gak? hehehee mau dong mau dong hehehe … biar bisa lebih eksplore tentang baturaden dan purwokerto atau apapun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: