Fat is Sweet, … Si Bundar Bola Ubi Madu O’leea yang Buatku Jatuh Cinta

Makan Ubi? Sudah biasa … Minum Madu? Tentu sudah tak asing … Nyemil Onde Onde? Hm,… kalau saya sih sering … hehehee … Nah, ngomong ngomong, apa sih hubungannya antara Ubi, madu dan onde onde???? Ini dia jawabannya.

Hari itu aku kebetulan lewat kawasan Boulevard Kelapa Gading Jakarta utara. Kemudian tanpa sengaja, mata ini tertancap pada tulisan “Bola Ubi Madu” berwarna Merah diatas spanduk kuning.Makanan apa gerangan??? Yang jelas pastinya manis legit yang menggembirakan. Oke ,… kendaraan langsung putar balik dan aku pun memohon parkir pada bapak berbaju biru muda (hhihihiii tukang parkir maksudnya).

Dan inilah yang saya sebut di awal … sebuah jajanan bulat berwarna keemasan yang  menggoda … Tapi … Wow … ternyata antrian cukup tak bersahabat. Saat itu adalah pukul 14.15 dan jumlah bola ubi yang tersedia hanya tinggal puluhan biji saja. Saya jadi mulai kuatir dan was was … Hm,… memang luar biasa ya … ratusan butir lebih bola ubi ini memang sering habis hanya dalam hitungan 5-6 jam saja, yaitu buka jam 9 pagi dan seringkali jam 3 sudah habis. So, saran saya sih, kalau bener bener ingin mencicip si bundar ini, sebaiknya anda datang tak lebih dari jam 2.30.

uuufff … akhirnya giliran saya datang juga, bola ubi hanya tinggal beberapa butir saja, tapi untunglah karena saya cuma bersendiri dan “Beli 5 sama cendolnya 1 gelas”, kata saya mantab. Per bijinya bola yang menawan ini dihargai 1500 rupiah.

Rasanya??? Amboy…. Alamaaak!!! Enaaak banget. Jadi jajanan yang mirip onde onde sebesar bola tenis tapi nggak ada wijennya ini ternyata terbuat dari ubi cilembu yang notabene maniiiis, lalu dikasih ragi… sehingga rasanya kenyal dan gurih bergantian datang….Hm,.. sekarang saya tahu kenapa diberi nama Bola Ubi Madu, karena ubi ini memang terbuat dari ubi yang sangat legit dan berwarna keemasan orange. Mantaaab maaaak!!!

Makan 1 kurang, makan lagi 2, kurang, 3 … hm… puas!!! Setelah itu saya mulai menyeruput cendolnya. Oh my … ternyata santannya sangat segar dan benar benar santan perasan pertama yang amat gurih dan tak ada aroma langu yang mengganggu. Komposisi dengan gula merahnya pun sangat sempurna. Ditambah lagi dengan cendolnya yang kenyal … Hm… siang hari yang panas ini jadi terasa dingin dihati.

Usai menikmati ubi dan cendol, saya bercakap sejenak dengan sang pemilik, Kiki. Dan ups, ternyata selain di kelapa gading sini, si ubi madu juga ada citra garden cengkarengan, pademangan, taman harapan indah, ITC Mangga dua dan Santa kebayoran baru.

Percakapan berlanjut pada tips memilih ubi cilembu yang baik versi Kiki, “Kita bisa lihat dari warna kulit yang masih fresh, tidak mengeluarkan bau busuk dan kulitnya tidak terlalu banyak lubang yg disebabkan oleh serangga. Dijamin kalau sudah seperti itu, ubi cilembunya pasti manis enak”

Nama O’Leea sendiri disebut Kiki berasal dari nama Kakaknya yang bernama Lia, sang penemu resep bola bola manis ini. Dan karena suka dengan rasanya, saya pun iseng bertanya, “Boleh nggak kalau aku Franchise” … oooowww ternyata ia menyebut, Ubi Bola Madu O’Leea ini tidak menerima franchise. Semua gerai yang dimiliki ternyata dipegang sendiri oleh keluarga. karena ia kuatir jika di franchise maka kualitasnya tak akan sama dengan dipegang sendiri.

Alamat : UBI BOLA MADU O’Leea. Sebelah Glodok Elektronik. Boulevard Raya TT2 no 17. Kelapa Gading-Jakarta Utara. 021 933 55 609 dan atau 0817 66 59 068 (Kiki)

Kemarin terakhir lihat ada di dekat Ice Cream Gentong, ngga tahu apakah yang di alamat atas mashi buka atau tidak. Coba di telp aja ya kalau pengen nyoba.

—-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




%d bloggers like this: