Telur Cantik Kreasi Bu Lita Jonathans

Banyak banget karya Bu Lita Jonathans. Mulai dari telur yang di percantik dengan teknik lukis, hias payet, hias indah, teknik batik hingga teknik ukir.

Teknik lukis, ya tentu sesuai namanya, telur di gambar sedemikian rupa dengan aneka warna sehingga menghasilkan telur yang bernilai seni tinggi. Lalu teknik payet, yakni telur yang dipercantik dengan aneka macam pernak pernik, hasilnya? Kalau kita membuatnya dengan jiwa seni, waaaa keren banget looo.

Lantas, yang disebut dengan teknik batik, yaitu melukis telur dengan menggunakan canthing yang biasa digunakan untuk membuat batik. Ini tentu kesulitannya lebih tinggi ya… dan yang paling susah atau disebut teknik paling tinggi,

keren keren banget dah ah

adalah teknik ukir. Dimana kita harus memiliki ketenangan dan ketelitian luar biasa, karena bisa dibayangkan. Kita harus memotong kulit telur yang sangat rapuh ini sehingga bisa menjadi bentuk yang kita inginkan. Misalnya keranjang, dan ukiran 4 dimensi. Wow …

Menurut Bu Lita. Tampaknya memang susah, tapi kalau kita niat, akan terasa mudah. Buktinya, beberapa kali ia menerima murid dan rata rata mereka semua berhasil membuat telur hias ini dengan baik.

Bu Lita sendiri tak hanya memasarkan telur telur indahnya ini di Indonesia, tapi beberapa trader juga memasarkan telur telur bernilai seni tinggi ini sampai ke Eropa, Amerika dan Afrika.

Waaah … cocok ya untuk oleh oleh atau hadiah ulang tahun. Keren bangeeet!!! Buat yang pengen les atau pengen beli, bisa langsung ke workshop Bu Lita di:

telur ukir yang menawan

Kampung Kebon Kopi Rt 08 Rw 03. Desa Gunung Bunder II. Kecamatan Pamijahan, Bogor. 0251 710 82 00. Atau ke Bu Lita langsung (0811335752)

Tempat Kursus di Jakarta: Jl. Pisok Raya Blok EB 10 no 35 sektor  I. Bintaro Jaya

Bu Lita sendiri sering ke Jakarta untuk memberikan kursus kursus. Jadi kalau mau belajar, warga Jakarta gak usah jauh jauh ke Bogor, coba saja cocokkan dengan jadwal Bu Lita ke Jakarta.




16 comments

  • Salut untuk Bu Lita Jonathans, hasil kreasinya luar biasa, apalagi dibuat diatas berbagai macam telur, mulai dari telur ayam sampai telur burung onta. Kalau belum melihat sendiri tidak akan percaya, makanya rumah yg di Bogor diberi julukan rumah telur, disana tersimpan tarusan telur baik yg sdh jadi maupun yg masih dlm bentuk bahan baku.
    Saya sendiri tidak pernah belajar langsung dari ibu Lita, tetapi ide dan kreasinya menginspirasi saya unt. belajar sendiri membuat kerajinan dari kulit telur. Inspirasi juga datang internet, dimana seni ukir telur dinegara barat terutama Amerika sdh sangat maju. Dengan peralatan yg ada di indonesia, saya akhirnya bisa juga membuat ukiran diatas telur(saya hanya memgkhususkan membuat ukir telur ), walaupun pada awalnya hrs belajar sendiri dgn susah payah. Bila ingin melihat karya yg sudah jadi bisa dilihat di http://ukirtelur.blogspot.com. Kepada Ibu Lita saya ucapkan terima kasih karena telah memberi inspirasi dlm kerajinan seni telur.
    Andi Wibisono

  • wah terima kasih untuk komennya ,… tapi emang betul, karya Ibu Litta emang luar biasa dan diakui di seluruh dunia … (hehehe soalnya banyak orang asing yang pesen untuk di jual di negerinya) … kereen banget … waktu kesana aja melihat dengan mata sendiri saya masih nggak percaya kalau itu adalah telur … hebat

  • mau donk dijarin cara buadh telur hias. .

    cra motong telurna ntu pagke appa ia. . ?

    q tunggu jwabna d email q ia. .

    mkc. . ^_^v.

  • wah diand saya juga nggak bisa membuat telur hias hehehe… kalau mau nanya, mungkin bisa langsung hubungi bu Litta Jonathan langsung… itu alamatnya dan nomor telp nya ada (sudah saya cantumkan di artikel)… makasih yach

  • Salam..
    Wah keren ya bu..
    Boleh dong bu bagi ilmunya..
    Kalau boleh tau apa sih merek cat yang ibu pakai..
    sekalian ya bu.. apa jenis n merk cat yg biasa dipakai untuk melukis diatas kaca n keramik.

    Saya mohon kesediaan ibu.
    Trmakasih banyak.

    Erik simanjuntak
    PTP.Nusantara XIII (Persero)
    PMS Gunung Meliau
    Kec.Meliau-Kab Sanggau
    Kalimantan Barat.
    081345358057

  • @erikson : iya erik, kreasi bu lita emang keren abis … detailnya rapi banget … tapiiii untuk pertanyaan pake merek apa, coba ditelpon langsung aja bu litanya .. itu udah aku cantumkan no hp bu lita juga 🙂

  • @hardian : nah itu di artikel kan udah ada alamat n no hp na :p Kampung Kebon Kopi Rt 08 Rw 03. Desa Gunung Bunder II. Kecamatan Pamijahan, Bogor. 0251 710 82 00. Atau ke Bu Lita langsung (0811335752)

  • mbak lita msh inget sama sy g? yg dulu pernah ikut mb lita sewaktu masih d sidoarjo/sby (tri) gmn kbrny mb? sukses slalu ya mb!

  • mb ini no hp sy mb 085230600929/085334618339 sy skr lg ngjr d smpn 24 mlg bidang seni rupa, mb pa msh srg k sby?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: