Sprei Bergaransi yang Naikin Gengsi, Sprei Bale Bale

Nah ini contoh GuMut yang berupa Guling dan satu lagi aku buka jadi selimut, praktis yach

Sebagai perantauan, apa coba yang pertama kali di cari begitu mendapat tempat kost? Hm … kalau buat saya sih perlengkapan tidur … karena jika tidur kita nyenyak, maka ketika bangun badan akan segar, dan kita pun dapat bekerja atau melakukan aktifitas dengan baik.

Nah, tiba tiba ada seorang Ibu Rumah Tangga (Ibu RT ini urusannya juga seputaran kasur yach pastinya – hahahaa, menurut wejangan dari papa mama, katanya seorang wanita itu harus pandai memilih aksesoris kamar demi kenyamanan saat bobok – ya tentunya supaya sang suami betah di rumah dan bisa tidur nyenyak lalu besok pulang kerja bawa uang banyak hahahahaaa)

… balik balik … jadi Ibu RT itu bilang begini, “Neng, beli sprei-nya di saya saja. Di jamin tidur pulas, karena bahannya ini katun yang lembut, jadi tidak panas. Selain itu juga saya garansi deh neng, kalau sampai habis di cuci warna kainnya luntur dan berserabut (benangnya keluar keluar sehingga sprei jadi kasar, berbulu dan gatal) saya ganti dengan yang baru, gratis!”

Koleksi Bale Bale yang Unik dan Cantik

Wow, tertarik juga nih saya, “Ya sudah 1 deh Bu, Bed covernya juga 1”. Meski boleh dicicil (biasa Ibu Ibu arisan kalau jual kan suka bisa dicicil namun dengan bunga yang mahal), jadi mending, Dibayar Tunai!!! heheheee ….  Hari itu juga langsung saya cuci daaaan hasilnya??? Sprei itu kini sudah berusia 3 tahun … seperti daster, makin dipakai makin lembut kainnya … sudah gitu adem dan nggak lengket di kulit. Warna? ya tentu setahun di cuci puluhan kali selama 3 tahun, pasti mengalami perubahan warna, namun bukan warnanya yang memudar pendar, melainkan karena waktu itu saya beli sprei dengan warna dasar putih, jadi yaaa hahahaaa gitu deh putihnya … tapi untuk gambar (motif sprei), warnanya bisa dibilang tetap utuh terjaga … apalagi untuk sarung bantal yang kebetulan saya membeli yang warna ungu, dicuci berkali kali warnanya tetap sama … luar biasa!!!

Karena penasaran, akhirnya saya cari di Internet, sprei merek Bale Bale … ketemu deh, lokasinya di kawasan Jatiwaringin. Hm,… lumayan jauh juga nih dari kost… tapi apalah daya, sudah terlanjur penasaran ya musti dilanjutkan. Begitu sampai disana, ya ampuuuuun … nggak cuma saya ini disambut oleh Bu Linda yang ramah, tapi ternyata produk yang ada disini sangat beraneka ragam dan semuanya baguuuus, membuat saya ingin membeli semua.

Sprei Karet Keliling

Gambar atas: Foto bersama Bu Linda dan inilah BaMut yang terbuat dari Kain Bali yang Lembut … Bawah : Bentuk BaMut yang sudah dilipat rapi jadi Bantal (jika dibuka terlihat seperti yang atas – orange)

Ini dia produk inovatif dari Bu Linda. Sprei kan biasanya ada karet cuma di ujung ujungnya aja (4 sudut). Nah kalau Sprei produksi Bale Bale ini karetnya melingkar.

“Bu, kok spreinya begini?” tanya saya. “Oh Iya, dengan sprei ini, adek nggak perlu repot lagi untuk beresin kasur usai bangun tidur. Karena dijamin mau tidur model bagaimana aja, sprei dengan karet utuh melingkar ini, sprei akan tetap rapi”, jawabnya dengan nada halus.

“Um, yang biasa ada gak Bu?”, “Wah, dulu sih saya jual, tapi sekarang sudah nggak lagi, karena ternyata semua pelanggan saya yang sudah pernah memakai sprei jenis ini, rata rata nggak ada lagi yang mau kembali menggunakan sprei 4 sudut. Jadi saya sekarang cuma produksi yang melingkar ini saja” … waaaah, kok saya jadi mupeng ya … anak kost dengan pekerjaan yang padat, membuat saya memang perlu sesuatu yang praktis.

Untuk ukurannya: 200 x 200 (extra king), 180 x 200 (king), 160 x 200 (queen), 120 x 200 (extra single), 100 x 200 (single) atau jika anda memiliki kasur dengan ukuran tak biasa, bisa langsung memesan dan dibuatkan secara khusus.

 

Sprei Empuk

Nah uniknya disini juga ada sprei empuk. Yaitu sprei yang sebetulnya bisa disebut bed cover yang dijadikan sprei. Dengan karet keliling 4 sudut, sprei empuk ini terlihat rapi, nyaman dan empuk sekali. (Tidak di desain karet keliling karena pertimbangan sprei ini tebal, sehingga jika dibuat karet keliling maka akan susah ketika disetrika dan dirapikan).

Lama sekali saya perhatikan replika sprei empuk yang dipasang di kasur kecil sebagai sample di toko. Kucoba coba merebahkan diri sejenak di atas kasur mini contoh ini dan kok kerasa bener nyamannya. Didukung dengan bahan katun yang lembut dan tidak panas, saya langsung membayangkan nikmatnya tidur malam ini diatas kasur ber-sprei empuk … hehehee …

GuMut (Guling Selimut) dan BaMut (Bantal Selimut)

BaMut dan GuMut adalah selimut dengan bahan 80% katun dengan ukuran 1.5 x 2.20 m menggunakan isi/padding silikon. Apabila selimut ini dilipat maka akan terbentuk sebuah bantal dengan motif yang variatif sehingga terlihat unik,imut dan lucu. Karena menggunakan bahan dan isi yang berkwalitas maka cara perawatanya pun sangat mudah dan awet (bisa dicuci dan bisa mengembang seperti baru). Memiliki ukuran 1.5 meter x 2.2 meter untuk motif tersedia anak2 maupun dewasa

Inovasi terus bergulir … dengan daya imajinya yang kuat, Bu Linda mencipta Guling yang bisa dijadikan selimut dan Bantal yang bisa digelar nggak cuma jadi selimut, bahkan jadi kantung tidur (sleeping bag) sekaligus. Three in One gitu ceritanya. Kalau yang ini dikatakan Bu Linda, Ide di dapat dari pengalaman pribadi yang sering merasa kesulitan ketika akan menyimpan bed cover yang tebal dan besar. Kejengkelan itu makin membabi buta ketika sang suami mengajaknya pergi jauh bersama anak – anak, “Bed cover sangat memakan tempat dan terlihat tidak rapi”.

PIkir, pikir … dan terus berpikir dengan imajinasi … akhirnya terciptalah BaMut two in one, BaMut three in one, dan terakhir disusul oleh GuMut. Yang membuat saya terkesan dengan GuMut dan BaMut produksi rumahan Bu Linda ini adalah pertama jahitannya yang rapi, ke dua menggunakan silikon sehingga empuknya tidak panas dan tidak mudah rusak/ menggumpal meski di mesin cuci, ketiga jahitan yang disesuaikan dengan motif. Hasilnya? Jadilah BaMut dan GuMut yang cantik dan imut.

Oya, cara melipat dari selimut menjadi BaMut dan GuMut pun sangat mudah dan bisa dilakukan seorang diri. Hanya tinggal di lipat sesuai dengan ukuran, selimut yang terbuat dari dakron ini pun langsung tampil ramping dan rapi.

Teknik Pemasaran yang Unik dari Bale Bale

Meski boleh di bilang pemain baru dalam perlengkapan tidur ini, tapi nama Bu Linda di jagat pengrajin sprei Indonesia tak bisa disepelekan. Tak sampai 5 tahun, sprei dengan merek Bale Bale ini sudah sampai ke seluruh pelosok Nusantara bahkan produk ini kini tengah menjajaki pasar Belanda dan Australia. Bisa seperti ini tentu berkat kualitas, pasti … tapi ada juga hal unik yang bisa kita pelajari dari Bu Linda tentang metode pemasarannya yang unik, yaitu menggunakan Jasa Ibu Ibu Rumah Tangga. (Masih inget dong bagaimana cerita saya bisa mengenal produk ini? dari Ibu RT).

Sprei Karet Keliling

“Ibu Rumah Tangga merupakan marketing perlengkapan kamar yang saya rasa lebih potensial daripada anak muda. Karena, mereka lebih memahami karakter bahan suatu produk dan sering melakukan arisan dengan teman teman atau bahkan sekedar kumpul kumpul di gang depan rumah”, begitu penjelasan Ibu Linda tentang alasannya menggunakan Ibu Rumah Tangga sebagai Jasa Marketing Produknya.

Tapi bukan berarti Bu Linda harus pusing memikirkan cara untuk menagih, karena untuk yang satu ini pun ia punya strategi jitu, “Saya gunakan sistem beli putus tapi mereka boleh mengembalikan lagi produk yang tidak terjual, nanti kami ganti dengan uang sejumlah produk yang dikembalikan, tanpa potongan apa pun, dengan syarat barang masih baru dan ada nota. Dengan demikian, mereka tidak akan menangung risiko bila jualan tidak laku, sedangkan kami kan dapat menjual kembali produk tersebut”.

Nah, kenapa artikel ini saya beri Judul, “Sprei Bergaransi yang Naikin Gengsi” … ya karena sejak berjualan sprei ini, nggak cuma kehidupan ekonomi Ibu Linda yang terangkat, melainkan para Ibu Rumah Tangga yang nyambil jualan tanpa resiko ini pun, ikut mengalami peningkatan. Wah wah wah …

Belanja Sprei di BALE BALE. Jl. Jatiwaringin Raya No 9. Kalimalang – Jakarta Timur 021 860 6815, 021 938 11 992





%d bloggers like this: