Sepenggal cerita Sejarah Banten tersirat pada selembar kain Batik

March 12th, 2010 by · No Comments

Sepenggal cerita sejarah Banten ada pada selembar kain batik

Mengenal sejarah, ternyata sekarang tak hanya bisa dilakukan dengan buku pelajaran. Berkat kreasi Pak Uke dan kawan kawannya, kini kita bisa belajar sejarah melalui Batik. Yup, Motif batik Banten, bukan sekedar garis dan lengkung, namun tiap goresnya punya cerita. Seperti motif batik yang dikenakan Pak Uke, penggagas batik Banten ini. motif titik, bunga dan gerigi ini ditemukan para arkeolog pada artefak tempat sultan Banten biasa bermeditasi.

Dan secara keseluruhan sendiri, motif batik Banten memiliki 12 motif yang tiap goresannya memiliki kandungan sejarah dari berbagai artefak yang ditemukan di wilayah Banten. Unik ya … batik yang dulu hanya berfungsi sebagai sandang, kini jadi pengingat sejarah, promosi budaya sekaligus menarik tenaga kerja.

Lihat saja, kini puluhan pekerja sudah menjadi mitra bagi Pak Uke untuk terus mengembangkan usahanya. Batiknya sendiri di produksi dengan berbagai cara, mulai dari yang tradisional dengan menggunakan canthing dan ada pula dengan cara sablon.

Pak Uke, penggagas batik sejarah

Hebatnya pula, hanya dalam tempo 3 tahun, batik ini langsung di akui secara internasional. Kini, nama Pak Uke tak hanya terkenal sebagai salah satu penggagas batik Banten, tapi juga melebarkan sayap sampai ke negeri sakura. Ia membuat juga batik dengan motif ornament keramik Jepang yang ditemukan saat penjajahan Jepang. Di Jepang sendiri, batik Pak Uke digunakan sebagai bahan kimono.

Wow wow wow … semoga saja kejayaan Indonesia di masa silam bisa kembali terangkat melalui batik. Pakaiannya orang Indonesia.

BATIK BANTEN. Jl. Bhayangkara Depan Masjid Kubil no 05. Kel Cipocok Jaya, Serang Banten. 0254 7001413. (Uke Kurniawan – 0813 185 97097)

Ditulis oleh Catur Guna Yuyun  Angkadjaja

 
 

Categories: Kerajinan · Kerajinan Jawa Barat

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment