Sensasi Sate Bandeng, menu kuno Kesultanan Banten sejak 5 abad silam

Buat anda yang sedang dalam perjalanan atau mampir ke Serang Banten, waaaah jangan dilewatkan ya kuliner khas daerahnya, Sate Bandeng. ups,… hehehe terdengar aneh ya? dan atau terbayang seperti bentuk Ikan yang ditusuk kemudian untuk memakannya musti stress karena Bandeng terkenal dengan ikan yang banyak sekali durinya.

Oke,… lupakan sejenak semua khayalan anda. karena sate bandeng Serang, berbeda dengan sate Bandeng di tempat lain. Menu ini sendiri merupakan kuliner saat kesultanan Banten yakni sejak ratusan tahun yang lalu atau lebih tepatnya sejak 5 abad yang lalu. Citarasanya sendiri? tetap dipertahankan seasli mungkin.

Um ya … tapi saking banyaknya penjual, mungkin anda harus pilih pilih tempat untuk membeli Sate Bandeng yang bener bener enak ya. Saya sih baru pernah mengunjungi satu tempat doang yang katanya merupakan tempat langganan para petinggi Banten, yaitu Rumah Makan Langganan Anda.

Ketika saya bertandang kesana, kebetulan pemiliknya Pak Kadawi sedang membuat sate bandeng. Ternyata cara pembuatannya cukup susah ya. Usai Bandeng di cuci, jeroan dibersihkan, duri dipatahkan dan ditarik keluar dari tubuh ikan, lalu dagingnya dikeluarkan juga dari tubuh sang ikan sehingga hanya tersisa kulitnya saja.

Setelah itu daging ikan digiling berulang ulang dengan campuran bawang merah, bawang putih dan gula merah. Setelah halus, adonan diberi ketumbar, gula putih, garam dan satan segar. Adonan kemudian dimasukkan kembali ke dalam Kulit Ikan Bandeng, di bakar, dioles dengan adonan lagi dan dibakar lagi.

wow … ketika di bakar, aromanya harum gila … dan begitu di makan? haujek sencinping …. enak gila … rasanya mirip otak otak. Sangat gurih karena isinya murni daging ikan tanpa tambahan tepung. Wah wah wah … pokoknya kalau sudah ke Banten jangan pernah dilewatin dah makan sate bandeng ya …

RM LANGGANAN ANDA. Jl. KH. Tb. A Khatib no 86 (Belakang kantor PDAM). Serang Banten. 0254 203757




5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: