Sate Lembut, penganan khas Betawi yang nyaris punah

sate lembut

Sebetulnya ini bukan foto sate lembut di mpok atikah … saya nggak bawa kamera waktu motret, tapi saya cari di dokumen-ku, kira kira mirip seperti inilah si sate lembut

Warga Jakarta!!! Pernah makan sate LEMBUT ga??? hm… kalau ngga pernah, wajar si tapi di sayangkan. Makanan bernama SAte LemBUT ini memang sudah langka di pasaran. Salah satu penjual yang sempat aku jumpai pun, jualan di tempat yang nyempil dan sama sekali tidak menyerupai depot, karena sama sekali tidak ada papan namanya. ciri ciri warungnya cuma ‘ada tempat bakar sate di depan rumah’.

Penjualnya bernama Mpok Atikah. Buka dari jam 10an pagi sampai jam 5 sore. tapi khusus untuk sate lembut ini, biasanya jam 2 juga sudah amblas di makan pelanggan.

Biar nggak penasaran. ini dia yang namanya sate lembut: daging sapi cincang yang ditumbuk lagi secara manual biar halus. Setelah itu, dimasak setengah matang dan dicampur dengan kelapa tua yang disangrai dan gula merah. Kemudian, daging lembut setengah matang yang sudah berbumbu itu dililitkan di tusukan bambu yang lebar.

Nah, jika anda memesan, sate yang sudah setengah matang itu baru di bakar. cara menyantapnya pun biasanya pakai laksa betawi. laksa disini harganya 8ribu an. Isinya bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai. Kuah kuning dan ada ketupat juga emping.

rasanya??? unik dan berserat serat parutan kelapa. dagingnya terasa manis, tapi begitu di makan dengan laksa yang rasanya ampang jadi pas banget. ada rasa nano nano begitu sate dan laksa membaur jadi satu dalam mulut… endang!!!

yuk mari mangga, kalau mau nyobain, nih telepon nya, siapa tahu nyasar, seperti aku yang sempet nyasar, karena di daerah kebon kacang sini banyak gang.

Alamat Sate Lembut Mpok Atikah. Jl. Kebon Kacang V No. 29, Tanahabang, Jakarta. Telp. (021) 3160548

oya selain sate lembut. disini juga ada sate manis dan aneka makanan betawi lainnya.

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: