Petualangan Selancar Sungai (Panduan River Boarding)

Seruuuuu euy

Arung jeram? Itu sih biasa. Kalo River Boarding? Itu baru luar biasa. Itulah ungkapan beberapa teman setelah mencoba permainan baru ini. Ya, selancar sungai atau River boarding memang terbilang olahraga menantang yang baru berkembang di tanah air.

Karenanya belum banyak orang yang mengenal permainan yang hanya mengandalkan sebilah papan ini untuk berseluncur diatas jeram dan menembus ombak .

River boarding atau di eropa dikenal dengan sebutan “hydrospeed” ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan olahraga arung jeram lainnya, seperti kayaking maupun canoeing. Yang membedakan hanyalah medium yang digunakan dalam pengarungan.

Bila dalam kayaking anda menggunakan kayak baik inflatable maupun hardshell sebagai medium pengarungan, sedangkan dalam selancar sungai, anda hanya mengandalkan sebilah papan. Tambahan pula, karena posisi pengarungan dalam river boarding dilakukan dengan posisi tengkurap diatas papan dan bukan duduk, karenanya hampir sepanjang waktu anda akan mendapatkan sensasi lebih, dengan wajah yang terus menerus tersapu buih ombak, tubuh yang berulangkali terlempar ke udara dan sepasang kaki yang sesekali terhisap sebuah hole. Hmm, kebayang kan serunya

Sejarah River boarding

Kalo bicara sejarah, selancar sungai sebenarnya bukan olahraga baru. Olahraga air ini sudah berkembang di Perancis sejak akhir tahun 70-an. Hanya saja waktu itu, para guide arung jeram di sana, menggunakan sejumlah pelampung yang diikat sebagai  sarana pengarungan.

Terbawa aruuus

Seiring waktu, papan pun terus berkembang, dari awalnya hanya menggunakan karet busa, kemudian terus berkembang menggunakan plastik lentur hingga menggunakan karet bahan dasar perahu inflatable berbahan hypalon maupun pvc.

Bicara soal peminat, selancar sungai juga terus menyebar ke seantero dunia menyusul makin boomingnya kegiatan arung jeram. Mulai dari Eropa, Asia, Amerika, Australia hingga Selandia baru. Bahkan bila orang eropa menyebutnya permianan ini dengan istilah hydrospeed, orang amerika menyebutnya River Boarding. sedangkan tikus-tikus air di Selandia baru biasanya menyebut selancar sungai dengan istilah “Water Sleding” dan baru diawal tahun 2000-anlah, olahraga ini baru berkembang di tanah air. Lambannya perkembangan olahraga ini di tanah air, dikarenakan minimnya informasi  dibandingkan dengan cabang permainan air lainnya.

Perlengkapan Selancar Sungai

Perlengkapan untuk main selancar sungai

Untuk memulai selancar sungai, anda tentu memerlukan sebilah papan. Pilihlah papan yang lentur dan tahan benturan. Soal harga bervariasi dari mulai buatan lokal yang dijual dibawah satu juta rupiah hingga buatan luar yang dijual dari mulai $ 109 produksi NRS hingga produksi Carlson $ 399.

Jangan lupa pakai pelampung. Pilih pelampung yang tidak terlalu menganggu gerakan saat anda berenang. Jadi pelampung model kayak, jauh lebih baik dibandingkan pelampung untuk pengarungan arus deras.

Helm. Karena wajah anda langsung berhadapan dengan ombak, pilihlah helm berlubang yang melindungi kepala dengan baik. Disini sebaiknya gunakan helm yang juga dilengkapi dengan kaca pandang pelindung wajah.

Karena olahraga ini memerlukan manuver yang cepat namun tak bisa menggunakan dayung, gunakanlah kaki katak. Namun pilih fin yang ringan, nyaman dan berdaun tidak terlalu panjang.

Dan yang terakhir dan tak kalah penting, gunakan pelindung sikut, lutut dan kaki anda. Karena bagian inilah yang paling sering berbenturan dengan batu.

Tehnik berselancar

Seperti olahraga arus deras lainnya, untuk bisa berselancar di sungai sebaiknya anda lebih dulu mengenal karakter arus dengan baik. seperti aneka jenis wave, holes maupun eddies. Bila anda sudah mengenal karakter arus arus dengan baik maka andapun tidak akan kesulitan mengatur irama tangan dan kaki anda ketika meluncur diatas arus.

Sebagai catatan, bila dengan perahu karet anda suka memilih holes sebagai mainan, dalam selancar sungai, sebaiknya anda menghindarinya saja, apalagi hole berjenis scrawning.

Dimana mencarinya?

Mencari perlengkapan arung jeram, mungkin tidak terlalu sulit sekarang ini. Karena banyak yang menjualnya di toko-toko outdoor di tanah air. Namun harus diakui, baru ada beberapa produsen yang khusus memproduksi papannya. Itupun masih berbahan busa sederhana. Bila anda tertarik mencari, berikut ini saya lampirkan 2 orang produsen yang sudah beberapa tahun ini mengembangkan pembuatan papan selancar sungai.

  1. Bandung : kang bohim 0815-6088009/ 022-70184560
  2. Sukabumi : Acun 0856-59523599

Nah… Sekarang cukup sudah pengenalan kita tentang selancar sungai. Giliran anda belajar dan mencobanya. pastinya, mulailah dari kelas-kelas moderat dulu ya, seperti jeram-jeram berkelas 2 dan 3. Selamat mandi basah dan utamakan keselamatan.

Penulis: Jajang dirajanagara –  Produser Divisi News TPI – untuk bertanya langsung mengenai River Boarding dengan Mas Jajang, hubungi [email protected]

Makasih ya Mas Jajang … blog mas jajang : http://rocknrapids.multiply.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: