Pedasnya Nasi Galung khas Pematang Siantar

 

Rumah makan ini meyediakan beraneka hidangan khas pematang siantar. Hm… makanan yang jarang ada tuh. Ternyata bentuknya seperti resto padang gitu, jadi semua makanan sudah siap santap, tinggal dipilih dan langsung diantar ke meja anda. Masakannya pun mayoritas pedas dan bersantan seperti Padang. Tapi rasanyo??? Muantab. Bumbunya royal tapi pas, sehingga rasanya kombinasi gurih, pedas, asin, dan lezat.

Disini yang ngetop nya itu Nasi Galung (yang namanya diambil dari nama keluarga Hutagalung, karena ini memang resep keluarga yang akhirnya populer di Pematang Siantar). Nasi galung itu seumpama kalau kita ke nasi padang itu disebelah nasi langsung ada sayur singkong, nangka dan kuah.

Nah, kalau nasi galung itu, disebelah nasi langsung ada sayur kacang panjang, kol, kentang, bihun, teri yang kemudian disiram kuah tauco yang bercita rasa unik asyik dan pedaaaaas. Wow…. Makan nasi galung nya aja udah enak banget. Terinya itu looo, kriuk gurih banget.

Tapi kemarin waktu saya nyobain, saya ingin nyoba lengkap dengan lauknya. Saya pesen Kepala Ikan Manyung Gulai, aduuuuduuu rasaya enak banget. Ikan manyung rasanya ternyata mirip mirip ikan tongkol, tapi lebih lembut dan halus juga manis. Soal bumbunya.

Duasyat!!! Bumbunya mirip kayak gulai padang gitu, tapi kalau padang kan biasaya santennya kentel banget, naaa ini dimulutnya lebih halus, santennya gak terlalu mencolok, tapi bumbu aromatiknya nancep banget di lidah.

Saya juga nyobain ikan pari baladonya. Aduuuuu, ini lebih enak lagi. besok kalau kesana, saya pasti makan parinya lagi. Teknik menggoreng yang patut dipuji, jadi kulitnya itu garing kriuk abis, tapi dalemnya (daging ikan) masih putih basah renyah gurih. Amboooy beneran nih pari enak banget.

Saya juga nyobain rending. Rendangnya biasa seperti padang tapi lebih lembut, alias tidak sepedes padang. Ini rendangnya agak manis asin, tapi dagingnya empuuuuk banget.

TOP dah RM Galung.

RUMAH MAKAN GALUNG. Alamat : Jl. Taman Pluit Kencana no 2, Pluit – Jakarta Utara, 021 660 5915 atau Jl. Taman Palem Lestari Blok B 17 / 20, Cengkareng – Jakarta Barat, 021 555 9231

—–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: