Terbuai Resep Jawa Kuno Masakan Rumah Bu Endang

bubur-masakan-bu-endang

Rumah makan yang bentuknya menyerupai rumah tua ini, memiliki pesona tersendiri. Nggak cuma suasana yang rumahan, tapi juga masakannya yang menggunakan resep kuno tradisonal Jawa. Tak disangka, resep kuno ini telah memikat ratusan bahkan ribuan penggemar Masakan Jawa di Ibu Kota.

Buktinya, ketika saya bertanya pada para pelanggan, ternyata hampir semuanya merupakan pelanggan tetap yang bahkan frekuensi makannya di tempat ini bisa dibilang setiap hari. Waaaa tentu hal ini membuat saya kaget, mengingat dimenu hanya tercantum 24 masakan. Apa mereka nggak bosen ya???

“Nggak sih, karena masakannya bener bener rumahan, apalagi ditunjang dengan bentuk dan interior rumah banget, jadi saya merasa sedang berada dan makan di rumah”, kata Lidia pengacara Ahmad Dani yang mengaku tiap hari atau paling sedikit dalam seminggu 3 kali dia makan disini.

Sedangkan pelanggan lainnya mengatakan, “Memang sih cuma 24 masakan yang tercantum, tapi Bu Endang bisa masak lebih dari 100 resep, jadi kalau pas lagi pengen makan apa gitu, dan temen temen banyak yang mau juga, sehari sebelumnya saya bisa request… lagian, menu ini sering berubah kok tiap berapa bulan sekali, jadi nggak bosen deh pokoknya… apalagi masakannya juga enak dan ngangenin banget”

“Soal harga???? Hm… buat saya kepuasan itu melebihi segalanya. Nggak bisa dibandingkan dengan harga”, kata Didit Indra, executive creative director di perusahaan periklanan, yang tiap pagi beli sarapan dan hampir tiap hari makan siang di masakan rumah Bu Endang.

Walah…. Akhirnya saya memesan Galantine dan Bistik Lidah. Galantine biasa juga disebut bistik jawa. Ternyata memang enak banget. Dagingnya empuk dan murni daging. Sementara kuah yang berwarna merah kental yang asam manis, begitu dimakan dengan kentang goreng tipis renyah, benar benar membuat saya harus mengacungkan 2 jempol tangan.

Sementara Bistik Lidahnya. Mesti sungguh sebetulnya saya geli makan lidah. Tapi justru perasaan geli itulah yang membaut saya memesan. Ternyata saya doyan!!! Karena lidah disini sudah dibersih dengan sempurna sampai tidak ada rasa kasar khas lidah, yang kerasa cuma empuk, gurih dan bumbu yang meresap.

Selain itu saya juga mencoba lontong cap gomeh yang dipesen temen saya. Hm… dari penampilannya aja sudah beda, disini lontong cap gomeh nya berwarna agak coklat keemasan, ayam pun bukan ayam kare melainkan ayam yang memiliki warna coklat legam…. Yaitu ayam yang sebelum disatukan dengan kuah, terlebih dahulu dibakar tipis sehingga menimbulkan aroma asap yang khas. Hm,… Lontong Cap Go Meh resep Kuno yang lezat.

Oya, dari segi pemilik, juga sangat ramah. Saya lihat sejak saya masuk hingga keluar dari tempat makan ini, Bu Endang, pemiliknya ini mondar mandir menyapa satu persatu pelanggannya. Pada pelanggan yang cukup ia kenal, akan ia ajak berhaha hihi sebentar dan bertanya kabar, sedangkan pada pelanggan yang baru pertama datang, seperti saya, ia akan bertanya, “Cocok nggak masakannya??? Kurang apa???”

Berkat kedekatannya pada para pelanggan ini jugalah ia jadi paham akan selera masing masing pelanggan. Seperti pelanggan yang cinta pedas satu ini. Tiap ia datang, Bu Endang langsung membisikkan pada karyawannya untuk menyajikan sambal spesial bagi si tamu yang satu ini.

Okenya lagi… semua masakan disini dimasak tanpa menggunakan penyedap / MSG. bahan bahan yang digunakan pun diseleksi sendiri oleh Bu Endang, hanya yang bagus yang dipakai. Sip sip…. Cobalah datang wahai penikmat masakan jawa.

Detail tentang Masakan Rumah Bu Endang

 

Nama Masakan Rumah Bu Endang
Alamat Jl. Cipete Raya 16 C (pindah dari wijaya 1) Jakarta Selatan
Delivery order (+6221) 7663585
Jam Buka 10.00 – 22.00
Jenis Masakan Masakan Jawa Kuno
Harga Rp. 25.000 – 35.000,-
Tipe Rumah Tinggal
Suasana Sangat kekeluargaan
Merokok Ada area merokok dan area bebas rokok
Busana Casual
Lain – lain Lantai 1, mampung menampung 150 orang dan masih ada lantai 2. Cocok untuk makan siang karena penyajiannya yang cepat dan makan bersama keluarga, teman maupun rekan bisnis atau gathering perusahaan

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




%d bloggers like this: