Nasi Bakar Ngebul di Cepoek, Selatan Jakarta

Nasi Burih

Siapa sangka di jalanan kecil di wilayah selatan Jakarta, ada warung yang menyediakan aneka masakan rumahan yang laris manis bak pisang goreng. Namanya cukup unik, pertama dikasih tau teman saya, ‘Cepoek’ saya kirain merek kosmetik perawatan wajah xixixiixiiii, ternyata nama warung makan Sunda.

Hidangan yang ada disini, hm … semuanya tampak menggoda untuk diicip icip deh. Tanpa ragu saya langsung mencomot nasi burih yang direkomendasikan teman saya. Terus berturut turut saya ambil juga aneka gorengan semisal gorengan dadar jagung. Pesan juga, “Sop Iganya satu”. Ya soalnya kalau yang lain kan emang di pajang prasmanan, tapi untuk Sop Iga musti mesen. Gile, kalau sampai sop iga di prasmananin, yakin banget dah, sewajan sop, 5 orang pelanggan langsung habis hahaha,… soalnya mereka mangkuknya pasti lebih banyak dagingnya daripada kuahnya waakakkaa…

Udah udah nglanturnya. Balik lagi ke nasi burih. Nasi burih ini adalah semacam nasi bakar, jadi bentuknya itu di bungkus daun pisang terus ada item item bekas bakaran gitu. Nah pas dibuka tuh daun, menyebullah aroma wangi sereh dan daun salam yang semerbak dan pas nasinya di bedah … cuiiiii … isinya ada beraneka macam lauk daging. Pas dimasukin ke mulut, wow, gurih.

Ini dia warungnya

Gurih mentega. Pas saya nanya pemiliknya, “Kenapa pakai mentega nih?”. Dia menjawab dengan santai, “Sebagai pengganti MSG, toh setelah saya eksperimen ternyata dengan menggunakan mentega rasanya jadi lebih gurih” … wow.. that’s right bubi …

Lebih unik lagi. Supaya pelanggan gak bosan, nasi burih yang berisi lauk di dalamnya ini, selalu diganti isinya setiap hari. Misalnya hari ini yang saya makan kan isinya pakai daging ayam, bisa jadi besok kesini lagi isinya adalah ikan atau daging sapi. Hehehe, jadi bikin penasaran juga. Oya dan karena nasi burih ini sudah ada isi lauknya, jadi pasagan paling cocok untuk nasi burih ini memang adalah gorengan. Dimana, gorengannya renyah cuiiii …

Kalau soal sop Iganya. Agak beda juga yach dengan sop iga dari tempat lain. Warna kuahnya kuning, sepertinya sih ini dari kunyit. Soal rasa? Mirip garang asem. Jadi seger gitu jatuhnya. Dagingnya juga dimasak empuks… nyuuuumy …

Waroeng cepoek. Jl. Pengadegan selatan VII/ 25. Jakarta selatan. 021 7986432

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: