Masjid serupa Istana 1001 Malam di Tuban

March 28th, 2010 by · 6 Comments

masjid-agung-kota-tuban

Waktu itu sudah cukup lama juga saya tidak pulang Tuban, pas pulang, waaah kaget betul. Masjid Tuban berubah jadi seolah Istana 1001 Malam. Apalagi kalau malam lampunya berpendar indah sekali. Ini sedikit sejarah berdirinya Masjid yang menjadi kebanggaan kota Tuban.

Masjid yang berlokasi di kelurahan Kutarejo, kecamatan Tuban ini didirikan pada masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo (Syeh Abdurrahman), Bupati Tuban ke-7, dimana saat itu ialah awal permulaan pemerintahan Islam, beliau wafat pada tahun 1460 (abad ke-15).

Namun secara pasti pendiri masjid ini tidak tercatat. Pembangunan masjid ke dua dilakukan pada tahun 1894 M pada masa pemerintahan Bupati Raden Tumenggung Kusumodigdo. Arsitektur bangunan masjid dibuat oleh arsitek Belanda bernama Toewan Opzichter B.O.W.H.M. Toxopeus.

Pembangunan yang selesai dan diresmikan pada tanggal 28 Juli 1894 ini telah mengalami perbaikan pada tahun 1985. Tahun 2004 renovasi dilakukan oleh pemerintah kabupaten Tuban dengan tidak mengubah bangunan aslinya, hanya menambah sayap kiri dan kanannya dengan mengadopsi arsitektur bangunan berbagai masjid terkenal di dunia.Masjid ini selain sebagai saran ibadah juga digunakan sebagai sarana penyebaran agama islam di Pulau jawa.

Kabupaten Tuban merupakan kabupaten pertama pada masa pemerintahan Mojopahit yang bu;patinya memeluk agama Islam. Peran penting Tuban yang saat itu menjadi bandar perdagangan Internasional yang banyak dikunjungi pedagang dari penjuru dunia termasuk pedagang dari Persia, Irak, India yang membawa penyebar agama Islam.

masjid-agung-tuban

alun-alun-kota-tuban

Keunikan masjid ini anataralain merupakan peninggalan Wali Songo dan disekitar masjid dan kompleks makam Sunan Bonang (Makam terdapat di belakang Masjid) ditemukan kitab al-Quran kuno dari kulit, keramik Cina, Pusaka, Sarkofagus, dll. Yang saat ini di simpan di museum KEMBANG PUTIH Tuban. (Museum terletak hanya 10 meter dari Masjid)

Oya, di depan Masjid adalah alun alun kota Tuban. Menurut saya, ini adalah alun alun terkeren di pulau Jawa. Coba lihat foto baik baik ya, selain tertata sangat indah dan rapi rumput dan tanamannya, juga bangunan yang menyertainya.

Hm… keren ya,… nuansanya nuansa Klenteng dan atau Cina Cina gitu … tuh liat bangunan Toiletnya, keren banget kan… heheheee… pokoknya bangga deh sama alun alun kota Tuban …

Oya, di alun alun sini kalau malam apalagi malam minggu, wow ramai sekali … di depan alun alun arah laut (di foto yang ada kudanya itu) biasanya terdapat bazar makanan, pakaian, barang barang hingga mainan semacam pasar malam gitu… seru lah kalau mau mampir

Alamat Masjid : Tanya aja Alun Alun Tuban juga sudah sampai hehehee

Pengalaman dan dokumentasi oleh Catur Guna Yuyun  Angkadjaja

Sumber cerita tentang sejarah diambil dari http://wisatasejarah.wordpress.com/2009/09/10/masjid-agung-tuban/ (dia ambil dari Direktori masjid Bersejarah)

Artikel Terkait

Categories: Wisata Indonesia · Wisata Jawa Timur · Wisata Tuban Gresik Lamongan

6 responses so far ↓

  • 1 rudy // Sep 19, 2011 at 5:35 pm

    ckckckckck

    jadi pengen ke tuban…

    kapan yaa ?????

  • 2 caturguna // Apr 2, 2012 at 10:00 am

    @RUDY : iya selain itu makanannya enak enak loh di tuban :D

  • 3 RIRIN AURITA // Jun 24, 2012 at 2:52 pm

    Emng bgus bngt,bgtu indah. aq ja klo plng kmpung k tuban psti pngen kstu trs

  • 4 caturguna // Jul 6, 2012 at 10:51 am

    @ririn: heheheheeee orang tuban juga ya :) tos sama kita

  • 5 Mutiara // Nov 21, 2012 at 1:22 pm

    Tuban emank kota yang indah n bukin bangga untuk di publikasikan ke kota2 lain.
    ( Eks : Teman2 Dari Batam jadi pengen berkunjung ke Tuban )

  • 6 ronggo // Jan 23, 2014 at 12:13 pm

    bagus dan indah tapi kurang kesakralannya karena warna-warnanya sangat ngejreng dan sudah jauh dari arsitektur awalnya.

Leave a Comment