Daftar Rumah Makan Enak di Pangkal Pinang Bangka?

March 7th, 2010 by · 34 Comments

Ketika mendengar kata Bangka, apa yang anda pikirkan??? Um,… pasti makanannya!!! Mie dan Martabak Bangka yang terkenal enak banget. Tapi, tau gak sih, kalau yang enak di Bangka bukan cuma Mie dan Martabak doang, tapi ada Es Anggrek yang dijamin bakal bikin anda merem merek.

Es Anggrek. Resto ini alamatnya di Jl. Mayor Syafrie Rachman no 3 Pangkal Pinang. 0717 21436.

Es Anggrek, dibuat sendiri oleh pemilik-nya dengan resep turun temurun

Nama es nya sendiri didapat dari nama restonya ANGGREK. Ini semacam es yang diblender lalu dikasih sirup buatan sendiri. Es nya ini lembutnya minta ampun… ampe waktu makan, aku pikir sedang makan es krim. Karena selain lembutnya minta ampun, sirupnya juga ueeenak tenan.

Yang istimewa lainnya adalah cara mengolah kacang merahnya. Kacangnya tetap  utuh sempurna, tidak lembek. Tapi begitu dikunyah, gurih dengan rasa manis kacang merah yang khas langsung terasa mantabnya. Lembut sekali di lidah.

Lempah darat dan Lempah Ikan

Greeng Lesehan. Di Jl. Ahmad Yani 97 Pangkal Pinang. 0852 68080773

Na… ini resto buat anda yang kalau ke kota orang selalu mencari makan khas daerah. Disini banyak makanan daerah yang rumahan (jarang looo di Bangka yang restonya jual makanan daerah), disini ada rusip (ikan yang difermentasi lalu makannya nanti sebagai pendamping lalap, hm… pertama makan sih pasti aneh, tapi buat warga bangka sendiri, belum makan jika dalam sehari nggak makan rusip.

Terus ada lempah darat (isinya sayur sayuran) dimana yang paling khas dari lempah darat ini adalah sayuran akar keladi-nya yang nggak cuma bikin rasa kuah menjadi khas tapi juga agak berlendir gurih. nyaaam …

Ada juga lempah kuning (isinya ikan) berbumbu sama dengan lempah darat namun isinya berbeda. Sama sama memiliki rasa asem gurih dan aroma terasi bangka yang sangat khas… selain ketiga makanan itu di sini masih banyak makanan daerah khas Bangka yang lainnya.

Mie Koba. Jl. Balai no 83 Pangkal Pinang. 0813 6700 1929. (cabang)

Ferissa doyan banget sama Mie Koba

Menu khas lainnya yang terkenal di Bangka adalah Mie Koba. Mie berkuah warna coklat ini memiliki rasa laut yang cukup kuat. Rasanya agak agak mirip Mie kangkung yang ada di Glodok, warnanya pun mirip, kecoklatan. Namun rasa tentu beda karena disini semua asli menggunakan kaldu seafood yang cukup kental. Mie ini sangat terkenal di Bangka dan menjadi pelipur kangen bagi warga bangka yang pulang kampung dari merantau.

Otak otak KON KIM yang ada di Jl. Jendral Sudirman no 54 Gg. Aster Pangkal Pinang. 0717 424148.

Lezatnya Pempek KonKim

Naaa… di Bangka, yang patut anda coba juga adalah otak otaknya… eduuun… enak tenaaaan!!!  Otak otaknya asli ikan!!! Banyak ikan daripada sagunya. Lalu disini ada beberapa jenis saus … ada saus tauco dengan warna merah dan kacang yang berwarna coklat. Sama sama enak dan benar benar bikin kangen pengen balik ke Bangka hanya untuk makan nih otak otak…. hehehe ….

Grand Parai. Lokasinya di kawasan wisata terpadu pantai parai tenggiri sungailiat. 0717 94888

suasana Parai dan makanannya

Dan inilah lokasi bagi penikmat ikan tenggiri. Jika anda ke Bangka jangan juga melewatkan tenggiri bakar. ya ya ya … selain pantainya cukup indah, dari namanya sudah keliatan ya, disini banyak ditemukan ikan tenggiri katanya …. Tenggiri bakar yang bakal bikin nagih.

Makan di pinggir pantai, Istana Laut

Resto Istana Laut. di kawasan wisata pantai pasir padi Pangkalpinang. 0717 7000355

Nah kalau anda suka menikmati makanan dengan nuansa pinggir pantai bangka pangkal pinang, inilah tempatnya. Disini, ada aneka macam menu. Saat itu saya memesan tahu neptune, wow … asli gurih banget. Apalagi ini tahu juga diisi dengan aneka macam sayuran jadi tentunya lebih sehat. Tapi yang membuat saya merindukan tahu ini adalah juga karena saos cocolnya yang nendang hebat dilidah. enak sekali.

Oya untuk makan pagi, bisa sekalian jalan jalan nih, ke pasar pagi Pangkal Pinang, disana ada toko kue Athet yang sangat terkenal. Terkenal karena selain dagangnya sudah lama, jajanan dan makanan yang ia jual hampir semua khas bangka dan enaaaaak :) untuk alamat, langsung aja datang ke Pasar Pangkal Pinang. tapi jangan lewat dari jam 7 pagi ya … karena enak, daganganpun cepat habis.

Pasar Pagi 'Athet'

Dan bagi orang Bangka sendiri, wajib hukumnya untuk bisa memasak makanan khas Bangka biar cuma beberapa. Nah untuk itu jangan sungkan jika tuan rumah akan memasak sesuatu buat anda. Saat kesana, saya di jamu oleh keluarga teman saya, Mas Barkat. Mereka ramaaah sekali dan disana saya dibuatkan sambelingkung. wow… darinamanya saya pikir ini adalah makanan yang super pedas ‘sambal’ men ‘sambal’. ternyata wkakakkaa… sama sekali gak ada pedas pedasnya. Karena ternyata sambalingkung itu sebutan untuk ‘abon’.

Masak sambelingkung dengan penuh cinta

Kita pagi pagi kepasar lalu membeli ikan tenggiri. Kemudian seharian itu mereka sibuk mengolah si sambalingkung. Ketika jadi? ouwwwww … enak sekali. Gurih sekali…. benar benar ya Bangka ini,… semua makanannya enaaaak … oya saya dibuatkan juga rusip. Rusip ini merupakan sambal cocolnya orang Bangka. Ikan yang difermentasi selama 1 minggu. rasanya??? jangan tanya dah … kalau nggak biasa mending gak usah makan wkakakkaa …. bukan apa – apa… buat orang Bangka itu merupakan makanan wajib dan merupakan makanan yang selalu di rindu para perantau. Tapi buat yang belum pernah makan seperti saya … um … hik hiks … aromanya sangat menyengat … dilidahpun terasa sangat kuat melekat … alhasil seluruh keluarga Mas Barkat pun tertawa dan bilang, “Sudah jangan dipaksa. orang luar bangka memang biasaya gak suka karena terlalu kuat aromanya”.

Hah … lega saya … saya pun langsung menggasak sambelingkung dalam jumlah besar wkakaka … terima kasih ya buat Mas Barks’s families … rindu deh untuk kembali ke Bangka

NB : Buat yang tau makanan enak di Bangka, bisa looh nambahin daftar ini … ayo ayo … kirim foto dan nama resto + rasa makanannya yach ke emailku [email protected]makasiih

Di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Bangka Belitung · Wisata Kuliner

34 responses so far ↓

  • 1 ai // May 15, 2010 at 11:53 pm

    Hi…lam kenal..
    Kalo di jkt ada dimana aja y makanan bangka ?. thx

  • 2 caturguna // May 16, 2010 at 12:25 am

    hai ai, di jakarta makanan bangka bisa ai jumpai di BSD … nama restonya Yam Mian Tiam. Ruko Versailles Blok FB No.12, BSD City. Telpon: 021-70994069/08129935507. Jam buka: 10.00 – 21.00

    disini jual rusip, jual sambelingkung dan jual makanan makanan khas bangka pokoknya … selamat menikmati yach :)

  • 3 sophia // Aug 6, 2010 at 11:27 pm

    saddaaapp..kapan ya ke bangka huhuhu…pengen liat indahnya bangka :)

  • 4 caturguna // Aug 7, 2010 at 8:52 am

    indah pemandangannya dan lezat makanannya :) yang kurang cuma 1 dari bangka!!! kondisi air tanahnyaaaaa … makanya sekarang Bangka’s Go Green sedang giat giatnya memperbaiki kondisi alam disana :)

  • 5 agustattoo // Aug 26, 2010 at 8:45 pm

    Di Semarang ada tidak ya masakan / makanan bangka asli ? aq kangen berat sama kuliner bangka, terutama otak otak tenggirinya ! tks.

  • 6 charlz // Jan 12, 2011 at 2:23 pm

    Bedeh makin cinta dah ama bangka, kampung halaman hehehe, makanan yang di tampilin disini kok kayaknya gk asing ya ckckck, nyongkap wa sering bikin mie KOBA ama otak2nya ckckck, tapi tetep paling enak makan disana suasananya lain hehehe

  • 7 Ramanefatih // Mar 5, 2011 at 12:55 pm

    kalo yang pengin cari camilan khas banyumasan di pangkal pinang ada di kampung opas deket pt timah, asli ngapaker kabeh sing dodolan heheh

  • 8 rumah dijual // May 5, 2011 at 9:40 am

    wah mantap tw,,,

  • 9 rumah dijual // May 5, 2011 at 9:41 am

    mesti d coba tw tp syg jauhu2,,,, :)

  • 10 trawang // May 7, 2011 at 5:26 pm

    terima kasih sudah mau informasikan kekayaan bangka belitung di dunia maya,blog kamu bagus,salut deh….

  • 11 maia // May 10, 2011 at 1:15 pm

    Koq cuma ke pangkalpinang aja yun???padahal mi koba yg enak y di sumbernya di kota koba,di jl.pos koba.trus kl otak2 yg bnr2 bakal bikin nagih ke belinyu,yun.☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺ djamin mau balik terus.oya koq ga nyobain es sagu gunting?di pasar kl pagi2 djual jg koq di tukang2 kuenya.di pangkal pinang jg kelewatan ga nyobain pindang pegagan RM.Oki ya.seafood dsini yg terkenal Mr.Asui,tp kl aku pribadi lbh prefer ke RM.Blue Ocean soalnya fuyunghai nya daging kepitingnya banyakkk..☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺ ..duhh msh byk bgt d yun,laen kali kl kebangka lg kabari y biar kuajak jln2 jg nanjak ke bukit betung.​​☺ќë…☺ќë…☺ќë…..

  • 12 caturguna // Jun 10, 2011 at 9:38 pm

    @agus : waaah maaf hehehe saya baru 2 kali ke semarang itu pun cuma lewat dan mampir makan doang :( jadi ngga tau
    @charlz : waaahhh orang Bangka ya??? duh masakan di bangka ngangenin banget
    @ramane : waaaahhhhh oya??? aduh nggak sempet kesana, seperti apa aja makanannya? mendoan jg ada?
    @rumah dijual : iyaaa enak enak banget
    @trawang :) Bangka memang layak untuk di orbitkan :) Bangka itu potensi yang luar biasa terutama makannya hehehee enak bangets
    @maia :hehehe iya gak sempet kemana mana mai, iya waktu itu dapet infonya di belinyu untuk otak otak dan koba di kobanya, tapi waktu jua yang tak memperbolehkan hehehe … sagu gunting, kayaknya waktu itu nyobain juga di pasar pagi … waduh besok kalau ke bangka mesti kontek maia ni ya :)

  • 13 herno // Jul 3, 2011 at 8:55 pm

    cm mau menambahkan untuk es sepertinya saya sarankan anda untuk menambahkan es ayong alamatnya saya lupa jl sungai selan KM ??? tp lokasinya dekat dengan sd theresia I

  • 14 darma // Aug 17, 2011 at 9:07 pm

    dibatam ada rusip ga ya..lagi ngidam ni..please infonya ya…

  • 15 caturguna // Oct 1, 2011 at 7:52 pm

    @herno : wah makasih tambahan infonya :)
    @darma : hadeh aku ngga tau .. ayo ayo ada yang tau ngga kawan kawan??? info info

  • 16 nelly t // Nov 9, 2011 at 7:41 pm

    Sekedar info aja nih bt semuanya, klu pngen mkn otak2 bangka di pangkalpinang mending di otak2 amuy aja. Almt nya di kp *, dijamin enak.
    Trz klu pengen seafood di aroma laut, suasananya romantis, mkn diatas kpal. Lokasinya di pantai pasir padi.
    Buruan dtg ke bgka.
    Dijmin pst ketagihan sm mknan2 dibangka.

  • 17 caturguna // Nov 14, 2011 at 1:53 pm

    @nelly : waaah iya sya pernah denger soal otak otak amuy .. sayang tapi pas kesana ga tau tempatnya dan dikasih tau orang ya konkim ini.. tapi konkim aja udah ueeeenak banget buat aku … hmmm tenkuu tambahan infonyaa

  • 18 aing // Dec 22, 2011 at 5:44 am

    Tq yah yun udh promosiin bangka,
    Pokoknya kalo mau wisata kuliner dtng ajh ke bangka.mknnnya enak2..♏♏ªǻªñΠñt†tªǻªpPp

  • 19 caturguna // Dec 23, 2011 at 2:40 pm

    @aing : hehehe sama sama … aku suka sekali makanan bangka .. luar biasa enaknya

  • 20 sathrya // Mar 13, 2012 at 5:57 pm

    waaa, kalo tau catur guna ke bangka, pasti minta tanda tangaaan, hehehehe..

    bener sih, air tanah emg jd masalah disini..

  • 21 andri // Apr 26, 2012 at 9:57 am

    ane tau ne gan temapat makan es campur enak. namanya es gula kabung (gula aren) orang bangka manggilnya gula kabung..

    temapatnya gak terlalu besar pinggir jalan tapi yang makan rame banget. yang paling topnya si es kacang merahnya.

    alamatnya di jalan jendral Sudirman No.12 pas depannya kantor Timah. sampingnya ada bengkel motor. kalau agan2 orang bangka pasti tau ini tempat. kalau yang maen ke bangka silakan cobain.

    dijamin gak nyesel.

  • 22 caturguna // May 3, 2012 at 10:14 am

    @sathrya : waaahh tanda tangannya buat apa nieee …. emang laku yah buat beli makanan :D xixixiiii … tenku yaaaa dah mampir wisataseru

    @andri : waaaahhhhhh mauuu es kacang meraaaah!!!!

  • 23 EKA // Jun 8, 2012 at 2:33 pm

    berbekal review ini, besok saya akan mengunjungi bangka selama 4 hari 3 malam. semoga sempat untuk menyoba semua yang disarankan hehehehe…

  • 24 caturguna // Jun 13, 2012 at 10:22 am

    @eka : waaaahhh terharuuu hehhehehehehee moga moga kunjungannya seruuuu

  • 25 leny // Jul 21, 2012 at 1:44 pm

    waduuh…jd semakin kangen pgn pulang bangka abis liat web ini hikss…

  • 26 Seftiarini // Aug 7, 2012 at 12:34 pm

    Kalo d’bangka jgn cuma mampir d’pangkalpinang saja,pangkalpinang ibukotanya bangka, saya orang bangka asli, ŁªP̲̅ɪ̣̝̇ daerah kecamatan Belinyu, jarangnya kurlen 96km dari pangkalpinang, dijamin di Belinyu otak-otak sama mpek2 nya enak banget, n cuka taoco sama cuka belacannya lebih kental dan gurih, apalagi rusipnya, enak bangett.. Mkan rusip enaknya rame2 gitu, dan pantainya gag kalah bagus sama yg d’pangkalpinang.. Mampir ya kesini

  • 27 etty afriani // Oct 14, 2012 at 10:16 pm

    Kuliner Bangka gak ada duanya dech… masih byk sih makann khasnya lainnya, Mis: martbak bangka “Acau” PKP, Pantiau beras, Aneka krupuk/getas/kericu, air tahu (pu tsui),cacak ikan (khas belinyu)… ehemmmmmyummie…

  • 28 iwan ramkar // May 19, 2013 at 1:25 pm

    saya ikuti referensi anda, mie bangka sepi, coba makan disitu lumayan enak, kemudian otak-otak konkim sepi banget ngak ada orang,…akhirnya saya cari referensi sendiri di jalan sudirman ketemu mpek-mpek 10 boleh tahan walau tidak luar biasa, namun ramai pengunjung !

  • 29 hari susilo // May 27, 2013 at 3:09 pm

    Hmmmmm,,,,,makanan khas bangka emang bikin merem melek ,,,,,wisata pantainya juga bagus banget ( parai , Tanjung pesona , teluk uber, air anyer….panmtai ini ada di kawasan sungai liat ) ada juga pantai pasir padi dekat dengan pangkal pinang…..ada juga kuil FATHIN SAN yang terletak di jl lubuk kelik, kel parit padang sungailiat,,,,ayo liburan ke bangka belitung aja pasti asyik

  • 30 wisnu // Aug 4, 2013 at 12:39 pm

    Tanya dong, kalo cari mie koba di jakarta di mana ya? trmksh untuk referensinya.. salam.

  • 31 danu // Nov 15, 2013 at 8:32 am

    waktu kebangka kemaren gw cukup tersiksa karena gw ga suka makan seafood, belum lagi pas gw cari restoran padang ternyata ga ada yg nyaman trus masakannya kurang enak, mohon info donk restoran padang yang nyaman & enak karena 2 minggu lg gw bakalan kebangka lagi makasih….:)

  • 32 ramdani // Dec 29, 2013 at 7:02 pm

    ada kedai roti baru di pangkalpinang..namanya roteko,dari kata roti.teh.kopi. enak2,cozy tempatnya,murah,n bagus buat foto2..

  • 33 roteko // Mar 16, 2014 at 8:18 pm

    haii !! mampir ke Roti Bakar ROTEKO ya..di Jl.Sriwijaya/RRI Pangkalpinang(Simpang Gedung Nasional).
    Buka Senin-Sabtu jam 12.00-22.00 dan Minggu jam 07.00-10.00. FREE WIFI, Cozy Music, Main Gitar..Nuansa Hangat..dijamin ketagihan nongkrong..

  • 34 caturguna // Mar 21, 2014 at 6:05 am

    kapan ya ke pangkal pinang :p maaf ya belum di buat artikel — butuh testi dari yang udah pernah makan disana nih hehehee

Leave a Comment