Ketika Asinan Betawi dan Asinan Bogor di Kawinin

asinan kamboja

Edaaaaaaan!!!! enak banget!!! baru kali ini aku makan asinan enak kayak gini…. asinan betawi, tapi rasanya sedikit dimodernisasi dengan sedikit sentuhan asinan bogor…. endang booooo!!!!

Jadi, isinya biasa, kol, timun, tahu, toge, dengan tambahan wortel dan kerupuknya pake kerupuk bogor… bedanya??? kolnya seger karena langsung di angkut dari lembang, timunnya mantab masih kerasa manis gituuuu seger, tahunya tahu cina yang diolah tanpa formalin, togenya seger bersih karena dari kebon langsung di masukkan ke toples kedap udara, jadi nggak kena debu di perjalanan…. kerupuknya dipilih kerupuk bogor karena lebih empuk dan kalau kena kuah gak langsung melempem kayak krupuk kuning yang biasa dipake penjual asinan betawi pada umumnya…

Dan yang paling EDAN enak banget!!! itu adalah kuahnya… MEEEEN, kuahnya pas surapas…. kalau asinan betawi biasanya kan berwarna coklat keruh dengan kubangan minyak berwarna merah menggenang… kalau ini warnanya pastel cantik bersih banget…. gak ada kubangan minyak, karena kacangnya memang disangrai, jadi enggak di goreng pake minyak..so lebih garing dan gurih….

Kacangnya ini pun di import langsung dari Tuban Jawa Timur (lagi lagi kampung akyu xixiiii) yang terkenal akan kualitas kacangnya yang memang oke…. gurih dan lebih berminyak jadi minyak yang keluar adalah minyak kacang yang menyembulkan aroma gurih dan sedap….

Rasanya??? kalau biasanya pedes, yang ini rasanya manis asin dan asem cuka yang pas banget…. sambalnya bisa ditambah sendiri sesuai selera…. pokoknya aku gak pernah nemuin asinan yang seenak ini…. enak banget meeen,… kudu wajib dicobaaaa….

ASINAN NY. ISYE, jl kamboja III no 12 Rawamangun Jakarta Timur, 021 470 2468, 4894 160…

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: